Ide / Inspirasi Kemasan

Simak Nih Tips Cara Membuat Yoghurt dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

cara-membuat-yoghurt-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan

Yoghurt atau yogurt merupakan salah satu produk olahan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt memiliki nilai gizi yang sangat baik, sehingga jika dikonsumsi secara teratur sangat bermanfaat untuk kesehatan.

9 Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat mengkonsumsi yoghurt secara rutin untuk kesehatan:

1. Menurunkan Berat Badan atau Diet

Yoghurt dikenal mampu membantu proses menurunkan berat badan atau diet. Bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt dapat membantu memperlancar pencernaan dan dapat membantu proses penyerapan nutrisi makanan menjadi lebih baik.

2. Kesehatan Tulang

Kalsium yang terkandung dalam yoghurt dapat dapat membantu menjaga kekuatan tulang. Yoghurt baik dikonsumsi oleh penderita osteoporosis dan rematik.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi yoghurt yang mengandung probiotik secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan anda tertular penyakit. Probiotik terbukti dapat mengurangi peradangan, baik akibat infeksi virus maupun gangguan usus.

4. Kesehatan Sistem Pencernaan

Beberapa jenis probiotik yang terkandung dalam yoghurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus terbukti dapat mengurangi gejala ketidaknyamanan akibat sindrom iritasi usus. Sindrom iritasi usus merupakan gangguan umum yang mempengaruhi usus besar.

5. Kesehatan Jantung

Salah satu produk susu seperti yoghurt ini telah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor utama terhadap risiko penyakit jantung. Terlepas dari kandungan lemaknya, yoghurt juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan tekanan darah.

6. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Dalam penelitian terbaru, asupan yoghurt probiotik secara langsung berhubungan dengan penurunan risiko terkena diabetes tipe 2. Yogurt mendukung pencernaan dan penyerapan nutrisi ke seluruh saluran pencernaan, dimana hal ini sangat penting untuk regulasi gula darah yang sehat.

7. Mengatasi Bau Mulut

Yoghurt dapat menjadi pengobatan alami dalam mengatasi bau mulut dan dapat mengurangi halitosis (bau nafas yang tidak sedap) hingga 80% pada subjek penelitian. Bagi mereka yang mengkonsumsi yoghurt secara rutin juga memiliki tingkat plak dan gingivitis (suatu kelainan berupa peradangan pada gusi) yang lebih rendah.

8. Kesehatan Kulit & Rambut

Yoghurt ketika diterapkan pada kulit dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan ruam kulit, serta dapat membuat kulit lebih sehat bercahaya dengan mengurangi lingkaran hitam dan menutup pori-pori. Yogurt juga bermanfaat untuk rambut, dimana yogurt dapat membantu menyembuhkan kulit kepala yang gatal dan berketombe.

9. Menurunkan Risiko Kanker Kolorektal

Kanker kolorektal merupakan jenis kanker yang tumbuh pada usus besar. Dalam sebuah studi yang dilakukan dalam International Journal of Cancer yang melibatkan 45.000 individu, menunjukkan bahwa yoghurt dapat memberikan perlindungan terhadap kanker kolorektal. Hal ini dikarenakan saluran pencernaan yang sehat, yang disebabkan karena probiotik dan bakteri sehat yang terdapat dalam yoghurt.

Tips Cara Membuat Yoghurt

Berikut ini tips cara membuat yoghurt di dapur anda sendiri:

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat yogurt antara lain:

  • 1000 ml Susu Segar
  • 1/2 Cangkir Yogurt Plain (yogurt dengan kandungan bakteri yang masih hidup/bakteri probiotik)

Berikut tahap-tahap untuk membuat yogurt:

  1. Tuang susu ke dalam panci dan panaskan menggunakan kompor dengan api kecil sambil diaduk perlahan, bisa juga menggunakan oven dengan temperature hingga 85 derajat celcius. Perlu diperhatikan saat proses pemansan jangan sampai susu mendidih dan hangus pada bagian bawah. Proses ini bertujuan untuk mengubah struktur protein susu agar berubah menjadi padat.
  2. Setelah merasa cukup, angkat susu dan dinginkan dengan meletakkan panci ke dalam baskom atau wadah yang berisi air sambil diaduk secara perlahan hingga suhu susu mencapai 43 derajat celcius.
  3. Saat mencapai temperatur yang diinginkan, tuangkan yogurt plain atau yogurt dengan bakteri hidup kedalam panci yang berisi susu tersebut. Aduk yogurt dengan susu hingga rata secara keseluruhan.
  4. Pindahkan susu yang sudah tercampur dengan yogurt plain ke dalam wadah bersih. Tutup rapat atau tutup dengan apa pun yang tidak menyediakan ruang udara bisa masuk agar proses inkubasinya berjalan dengan sempurna.
  5. Saat proses inkubasi terjadi, diamkan cairan yogurt agar cairan yogurt agar bakteri tumbuh dan berkembang. Pastikan temperatur saat proses inkubasi terjadi ada pada 38 derajat celcius. Proses ini akan memakan waktu selama 7 jam. Semakin lama didiamkan maka tingkat keasaman akan semakin tinggi dan tekstur akan menjadi lebih kental.
  6. Setelah didiamkan selama 7 jam atau lebih, dinginkan yogurt yang telah mengental beberapa jam sebelum dikonsumsi agar yogurt lebih awet atau menambahkan waktu sebelum kadaluarsa sebanyak 1 hingga 2 minggu.

Kemasan Botol Yoghurt

Botol Yogurt Cimory 250 ml

Kemasan botol 250 ml ini cocok dipakai untuk mengemas produk yoghurt anda agar lebih mudah diapsarkan. Kemasan botol ini selain untuk mengemas yoghurt bisa juga digunakan untuk mengemas susu, thai tea, dan minuman kekinian lainnya yang dipasarkan dengan kemasan botol unik.

Deskripsi botol yogurt:

  • Tutup botol plastik berwarna putih
  • Botol plastik model cimory
  • Digunakan untuk takaran 250 ml