Tips Kemasan

Tahu Gak Sih, Cangkir Kopi Bisa Pengaruhi “Rasa” Kopimu Lho!

tahu-gak-sih-cangkir-kopi-bisa-pengaruhi-rasa-kopimu-lho

Banyak yang berfikir jika kenikmatan rasa kopi hanya ditentukan oleh kondisi dan kualitas biji kopi saja. Tahukah anda jika banyak faktor – faktor lain yang bisa mempengaruhi kenikmatan kopi yang kita buat?

Selain kualitas biji kopi, proses penyeduhan kopi, kondisi air yang digunakan, bahan tambahan yang ditambahkan dan termasuk kondisi cangkir kopi yang dipakai dalam proses pembuatan kopi tersebut juga akan memberikan pengaruh kenikmatan rasa kopi.

Kenyamanan cangkir kopi, ukuran serta bahan baku cangkir harus diperhatikan. Kondisi cangkir yang kurang nyaman, dapat mengurangi kenikmatan kopi yang kita buat.

Bahan atau material yang digunakan untuk membuat cangkir kopi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Awalnya, cangkir hanya dibuat dari tanah liat, kayu, kaca, keramik, logam, dan porselen. Desainnya juga masih sederhana yaitu cangkir kecil dengan pegangan di salah satu sisi beserta cawan (piring kecil) sebagai alas. Pegangan ini sangat bermanfaat karena sebagian besar kopi disajikan panas. Apalagi bahan material seperti logam, porselen, keramik, dan kaca cepat menghantarkan panas. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman jenis bahan material seperti ini semakin jarang digunakan, karena harganya lebih mahal dan rawan pecah.

Sehingga saat ini, bahan material yang paling banyak digunakan untuk menikmati minuman adalah plastik, kertas, atau polystyrene. Plastik sangat ringan dan tidak mudah rusak atau pecah, banyak digunakan untuk minuman dingin dan kurang cocok untuk minuman panas.

Paper cup adalah cangkir kopi yang terbuat dari bahan kertas yang paling sesuai untuk menikmati kopi dalam kondisi panas. Kertas yang digunakan sebagai cangkir bukan murni kertas, tetapi dilapisi dengan plastik di bagian dalam agar cangkir tidak basah karena menyerap air.

Polystyrene adalah busa padat berwarna putih yang cukup tebal dan biasanya digunakan untuk minuman panas, akan tetapi penggunaannya menuai pro dan kontra karena menyangkut masalah kesehatan serta sifatnya yang tidak ramah lingkungan karena sulit didaur ulang.

Selain bahan baku, ukuran cangkir kopi juga harus diperhatikan!. Paper cup Ukuran 4 oz, merupakan ukuran yang terkecil dengan volume 114 ml, cocok untuk espresso atau cangkir tester karena porsinya yang sedikit. Ukuran 8 oz, memiliki volume 227 ml, yang cocok untuk sajian mocha, cappucino, atau latte.

Ukuran 12 oz, setara dengan 341 ml merupakan cangkir small yang menjadi standar ukuran beberapa jenis minuman. Ukuran 16 oz, cangkir medium yang lebih besar dari 12 oz dengan volume 455 ml. Ukuran 20 oz, adalah ukuran large dengan volume 568 ml.