Tips Kemasan

Tak Sekedar Aturan! Ini Makna Penting Label Kemasan Makanan

tak-sekedar-aturan-ini-makna-penting-label-kemasan-makanan

Diakui atau tidak, terkadang kita menjumpai brand – brand yang hanya terfokus pada keindahan kemasan produknya saja, dan cenderung mengesampingkan arti penting dari label-label wajib yang harus dicantumkan pada sebuah produk, khususnya produk makanan. Misalnya label sertifikasi BPOM, halal, tanggal kadaluarsa, komposisi, dll.

Namun sejatinya, aturan food labelling merupakan salah satu aspek terpenting untuk produk anda. Berikut alasan-alasan mengapa pelabelan pada produk makanan menjadi sangat penting.

Keamanan dan Kenyamanan

informasi-yang-jelas-akan-membantu-konsumen-memilih-produk-yang-tepat

Informasi yang jelas akan membantu konsumen memilih produk yang tepat

Dengan adanya label yang sesuai aturan, tentunya informasi tentang produk tersebut juga semakin lengkap. Dengan begitu, konsumen dapat mengetahui produk makanan yang anda jual dapat mereka konsumsi atau tidak, misalnya karena konsumen memiliki suatu alergi pada bahan makanan tertentu. Tidak adanya label sangat memungkinkan dapat terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan bahkan bisa terbawa ke ranah hukum. Jadi dengan adanya label tersebut keamanan dan kenyamanan bisa terjamin, baik untuk konsumen ataupun untuk anda sebagai produsen.

Komunikasi

 

labeling-kemasan

Adanya label pada kemasan makanan juga merupakan sebagai media untuk berkomunikasi dengan konsumen. Dengan adanya label, konsumen dapat mengerti bagaimana cara penggunaan produknya,bagaimana penggunaan ulangnya (reuse), bagaimana cara mendaur ulangnya, dan bagaimana cara membuangnya sesuai aturan yang benar. Bahkan dengan sedikit kreativitas, label ini tak hanya berguna sebagai media komunikasi, namun juga bisa menjadi suatu ciri khas yang membedakan produk anda dengan produk lain dipasaran.

Menghindari Penarikan Produk

produk-dapat-ditarik-jika-pelabelan-menyalahi-aturan

Produk dapat ditarik jika pelabelan menyalahi aturan yang berlaku

Karena pemasangan label pada kemasan produk adalah hal wajib dan ada hukum yang mengaturnya, maka ketidaklengkapan label bisa dikategorikan sebagai tindakan yang melanggar hukum. Tidak sedikit kita melihat pemberitaan ada produk-produk yang ditarik dari pasaran karena tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Penarikan tersebut tidak hanya menyebabkan kerugian secara materi, namun “nama” atau “brand” yang sudah susah payah anda bangun akan hancur seketika. Masyarakat tidak akan membeli produk anda lagi, karena kehilangan kepercayaan. Dan tentunya, produk anda akan mendapat predikat buruk dimata masyarakat. Jangan sampai ini terjadi!.

Transparansi Produk

transparansi-akan-meningkatkan-rasa-kepercayaan-konsumen

Transparansi akan meningkatkan rasa kepercayaan konsumen

Memasang atribut label secara lengkap pada kemasan produk mencerminkan adanya keterbukaan atau transparansi. Keterbukaan akan menambah rasa percaya konsumen terhadap produk anda. Mereka percaya tidak ada sesuatu yang merugikan mereka, dan mereka akan percaya bahwa anda telah memberikan yang terbaik untuk para konsumen.