Tanya Jawab Izin Edar PIRT Produk Gula dan Madu, Madu Itu Izin Edarnya PIRT atau BPOM ya?

Siapa punya produk gula atau madu? Saatnya untuk memahami izin edar PIRT produk gula dan madu. Ternyata, gak semua gula izin edarnya PIRT lho. Beberapa gula diwajibkan untuk berstandar nasional atau SNI. Kalau sudah SNI, maka izin edarnya bukan lagi PIRT, tapi BPOM.

Produk Dengan Kandungan Gula

Apakah segala produk yang mengandung gula izin edarnya sama?

Perlu diperjelas kembali, yang dimaksud dengan gula itu seperti apa. Kalau gula pasir putih, sulit untuk membayangkan produksinya skala rumahan. Gula pasir juga biasanya wajib memiliki standar nasional indonesia (SNI), sehingga izinnya harus BPOM. Tapi untuk misal, gula aren industri rumahan bisa banget PIRT saja.

Untuk produk yang mengandung gula, jika produk tersebut masuk dalam pangan olahan beresiko rendah, tahan lebih dari tujuh hari di suhu ruang, masih diproduksi skala rumahan, maka bisa mengajukan ke dinas kesehatan kabupaten atau kota untuk izin edar PIRT.

Izin Edar Madu

Untuk madu izin edarnya perlu BPOM nggak?

Tergantung. Madu yang dijual dalam bentuk minuman dan tidak klaim khasiat dan vitamin maka cukup PIRT. Namun jika madu mengeklaim khasiat dan vitamin maka izin edarnya BPOM.

Izin PIRT Sirup Berbagai Varian Rasa

Kalau saya produksi sirup berbagai rasa, izin edarnya cukup satu atau sesuai dengan varian rasa?

Yang dimaksud dengan varian rasa itu seperti apa? Kalau varian rasa sirup masing-masing menggunakan bahan asli, maka izinnya harus berbeda karena proses pengolahannya juga lain.

Tapi, kalau varian rasa hanya menggunakan perasa minuman (bukan bahan asli), maka dinas kesehatan memperbolehkan untuk menggunakan satu izin PIRT saja.

Kemasan Eceran Gula Pasir

Ada gula eceran yang dikemas pakai plastik bening dan nggak ada izin, itu bagaimana ya?

Kalau yang dimaksud dalam pertanyaan di atas adalah gula pasir, maka ada beberapa kondisi jika ingin menggunakan kemasan plastik bening. Izin edar gula pasir adalah wilayah BPOM, bukan PIRT. Pabrik gula biasanya menyediakan produk gula dalam kemasan besar, sehingga kalau mau dikemas dalam plastik bening, pastikan konsumen mengetahui kemasan besarnya. Lebih aman kalau melakukan pengemasan di hadapan pelanggan langsung. Dengan begitu pelanggan bisa memastikan bahwa gula yang mereka beli sudah memilki izin edar.

Kemasan Permen Cokelat

Permen cokelat izin edarnya apa? Kalau sebagai reseller yang nge repack, sama dengan seller pertama atau bikin izin sendiri?

Sistem repacking snack punya aturan sendiri. Pertama, kalau kamu ingin memiliki izin repack pastikan produsen pertama sudah punya izin edar terlebih dahulu. Kedua, kalau kamu hanya repack, tanpa menambahkan bentuk maupun rasa, nanti akan mendapatkan izin PIRT dikemas oleh. Akan tetapi, kalau kamu mau repack lalu menambahkan rasa atau topping lain, maka izin yang kamu dapatkan adalah izin diproduksi oleh.

Kemasan PIRT Madu Sachet dan Botol

Beda kemasan madu seperti sachet dan botolan, apakah beda izin edar? Bisa pakai BPOM?

Untuk PIRT, selama isi kemasannya sama, maka izinnya cukup satu saja. Nanti yang membedakan hanya di kode kemasan. Produk madu sachet dan botolan bisa banget mengajukan izin ke BPOM.

Kemasan Sachet yang Diminum Langsung

Kalau saya jualan minuman sachet pakai kemasan plastik buat jajanan SD apa perlu izin edar?

Tidak perlu. Untuk es kelapa siap konsumsi yang dijual di warung bisa mendaftarkan ke Dinkes untuk mendaftarkan sertifikat Laik Hygiene sebagai jaminan minuman aman dikonsumsi

Izin PIRT Produk Madu Original dan Madu Varian Rasa

Madu yang original dan madu dengan varian rasa seperti madu TJ izin edarnya apa?

Untuk produk madu yang mengeklaim khasiat dan vitamin seperti A, D, E dan K maka izin edarnya menggunakan BPOM.

Nah di atas adalah pertanyaan yang muncul seputar PIRT produk gula dan madu. Kalau ingin tahu lebih banyak lagi tentang izin edar produkmu, tinggalkan komentar di bawah ya!

9 Komentar

  1. Berarti unt madu perizinannya ckup ke BPOM saja ya min?
    Posisi saya sebagai distributor bukan peternak madu.
    Minta penjelasannya min. Terimakasih.

    Balas
  2. Kalo madu yg sudab ada izin PIRT dalam ukuran besar lalu kita kemas lagi dalam kemasan eceran apakah perlu izin lagi..
    Sedangkan pengedarnya berbeda,?

    Balas
    • Jika repacking tanpa ada aktivitas penambahan bahan lain, bisa menggunakan PIRT Produsen asal, dengan syarat ada perjanjian. Namun sebaiknya kegiatan repacking juga mengurus PIRT Repacking sendiri. Demikian semoga bermanfaat.

      Balas
  3. Kalau misal madu hutan kan samplenya beda beda tergantung lebahnya ngisap apa nah itu kalau mau ngurus ijin cukup PIRT atau harus BPOM?

    Balas

Tinggalkan komentar