Tanya Jawab PIRT Kopi dan Teh: Kopi Sachetmu Mau Ekspor? Gini Ngurusnya!

Repacking Teh

Repacking teh rosela apakah perlu mengajukan SPP-IRT baru jika dari produsen tidak memiliki izin edar?

Pastikan kalau mau repacking produk pangan olahan, cari produsen yang sudah memiliki izin edar. Silakan cari produsen lain atau mintalah produsen untuk memiliki izin edar terlebih dahulu. Izin edar SPP-IRT bisa dikeluarkan untuk pelaku usaha yang berstatus sebagai produsen dan juga pihak pengemas ulang, dalam catatan produknya termasuk pangan olahan yang masuk dalam jenis pangan yang diizinkan untuk memperoleh SPP-IRT dan pelaku usaha skalanya masih rumahan.

Izin Biji Kopi dan Kopi Bubuk

Apakah biji kopi dan kopi bubuk nomor izin SPP-IRTnya sama?

Biji kopi masih termasuk olahan setengah jadi, sedangkan kopi bubuk sudah diolah sehingga siap konsumsi. Jadi produk biji kopi dan kopi bubuk, karena proses produksinya berbeda, maka izinnya juga berbeda.

Izin Edar Cokelat Batangan

Bagaimana izin edar cokelat batangan curah yang dikemas dalam thinwall?

Produk tersebut bisa dimasukkan dalam kategori proses pengemasan ulang pangan olahan. Izin edarnya bisa menggunakan SPP-IRT. Pemohon bisa mengajukan izin edar SPP-IRT dengan syarat tambahan berupa lampiran izin edar SPP-IRT dari produsen dan surat pernyataan kerjasama yang menyatakan kalau produsen memperbolehkan produknya untuk dikemas kembali.

Izin Edar Biji Cokelat Kiloan

Bagaimana izin edar biji coklat kakao kiloan?

Biji cokelat itu tidak wajib memiliki izin edar SPP-IRT karena masih tergolong sebagai bahan pangan, atau PSAT yaitu pangan segar asal tumbuhan, bukan pangan olahan. Kalau perdagangan atau pengedarannya dalam skala besar maka bisa mengajukan izin edar ke Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Pusat atau Daerah ataupun Dinas terkait.

Izin Edar Repacking Thai Tea

Bagaimana izin edar untuk repacking thai tea bubuk impor?

Semua produk impor yang resmi pasti sudah memiliki izin edar dari BPOM dengan kode ML atau makanan luar. Jadi, kalau mau repacking produk pangan olahan impor yang sudah memiliki izin edar BPOM maka izin edarnya pengemasan ulang juga harus izin BPOM.

Izin Edar Kopi Sachet Ekspor

Produk kopi sachet (murni dan gula) yang ingin diekspor, izinnya PIRT atau BPOM?

Semua produk pangan olahan yang akan diekspor izin edarnya harus ke BPOM. Jadi untuk PIRT kopi, hanya produk yang dijual di dalam negeri saja.

Tinggalkan komentar