Tips Kemasan

Yuk Kenalan Sama Jenis Bahan Kertas Buat Cetak Dus Kemasan

kemasan-dus-roti-bahan-kertas-ivory

Kalau kamu ingin kemasan yang bagus, pasti dong pilih kemasan yang punya kecocokan antara  penggunaan bahan kemasan dengan produk, bentuk, sampai desain grafisnya.

Kalau semua faktor, baik dari produk dan desain hingga bentuknya dirasa sudah mencukupi, maka pengenalan produk ke konsumen akan lebih mudah di terima.

Bayangin aja kalau desain produknya jelek, bahan kemasannya tidak layak untuk produk tersebut, produknya pun ikut jadi buruk di mata konsumen.

Nah, supaya pemahaman kita semua lebih baik, simak nih ulasan berikut ini. Langsung aja, ini dia beberapa kertas yang sering digunakan dalam cetak dus kemasan:

Kertas Duplex

Kertas Duplex merupakan jenis bahan kertas coated, artinya kertas ini memiliki tambahan lapisan diatasnya. Permukaan kertas ini biasanya berwarna putih mengkilap sedangkan bagian bawahnya berwarna abu-abu.

kemasan-dus-nasi-bahan-kertas-duplex

Dalam hal cetaknya, Kertas Duplex biasanya dicetak 1 sisi, karena hanya permukaannya yang berwarna putih yang digunakan untuk desain.

Kertas jenis ini banyak dipakai untuk kemasan dus nasi, dus kemasan kue, dus kemasan pakaian, dus kemasan sarung, dan lain-lain.

Jenis kertas ini lebih banyak dipakai daripada jenis yang lainnya, karena sangat ekonomis dibandingkan dengan kertas lainnya.

Ivory

Kertas Ivory juga termasuk jenis bahan kertas coated, kertas ini biasa memiliki ketebalan 260gr, 310gr, 350gr. Memiliki lapisan luar yang mengkilap dan lapisan bawah yang agak kasar dan berwarna putih susu.

Kertas Ivory umumnya digunakan untuk produk-produk yang menginginkan kesan yang bersih dan istimewa. Biasa dipilih untuk produk-produk kosmetik, kemasan dus obat-obatan, kemasan kue yang ekslusif.

kemasan-dus-roti-bahan-kertas-ivory

Kertas ini sifatnya kokoh. Jadi untuk produk yang memiliki berat yang lebih, jenis kertas ini masih layak digunakan.

Untuk proses finishingnya, produsen bisa memberikan kesan Glossy, Doff, bahkan bisa di emboss (kesan timbul pada kemasan).

Kertas Duplex Putih (CWb)

Kertas ini hampir sama seperti duplex akan tetapi bawahnya yang berwarna putih, kesan bersih akan tampak jika memakai bahan ini, untuk kekuatan kertasnya masih bagus kertas ivory sedangkan ketebalannya ada 230gr, 250gr, dan 300gr.

Kertas ini biasa digunakan untuk cetak kemasan dus makanan.

Yellow Board

Kertas ini memiliki ketebalan khusus yang biasa dipakai dalam produk hard cover.

Kertas ini tidak bisa dicetak menggunakan mesin offset melainkan harus dilapisi dengan kertas seperti art paper/ linen.

Produk-produk yang membutuhkan keamanan khusus biasanya memakai kertas ini, seperti dus HP, dus produk-produk branded seperti Kacamata.

Untuk dapat hasil terbaik, gunakanlah bahan kertas yang sesuai dengan tujuan produk Anda. Murah tidaklah menjamin produk yang berkualitas.