Ide / Inspirasi Kemasan, Tips Bisnis, Tips Kemasan

8 Strategi Pemasaran Sesuai Ilmu Psikologi Untuk Bisnismu

5-strategi-pemasaran-sesuai-ilmu-psikologi-untuk-bisnismu

Kalau kamu berniat menjadi enterpreneur, penting kamu ketahui bahwa strategi pemasaran wajib banget kamu kuasai. Terkadang, pebisnis memakai jasa orang yang ahli di bagian marketing demi mencapai tujuan bisnisnya. Sejatinya, kamu juga bisa kok mengelola ini sendiri asal kamu tahu startegi yang tepat.

Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.

Strategi pemasaran memang penting banget buat kesuksesan perusahaan. Strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan yang sudah ditentukan oleh perusahaan.  Segmentasi pasar juga menjadi cara yang bisa dilakukan pebisnis untuk menetukan barang atau produk seperti apa yang memang cocok dipasarkan pada suatu tempat atau daerah tersebut.

Nah, berikut ini kami paparkan strategi pemasaran dalam psikologi konsumen.

Strategi Pemasaran Penting Untuk Kesuksesan Bisnismu

1. Melakukan survei terlebih dahulu sebelum memulai bisnis

Survei sangat penting untuk kesuksesan bisnismu. Dengan survei terlebih dahulu sebelum memulai bisnis, maka kamu jadi tahu apa yang memang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Sebagai pelaku bisnis perlu memastikan berbagai aspek seperti misalnya tempat atau target pasar, termasuk juga mengenai produk apa yang akan dipasarkan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah begini, itu akan menjadi modal awal supaya bisnis yang kamu jalankan nggak sia-sia.

BACA JUGA:  Sudahkah Kemasan Makanan yang Kamu Pakai Sesuai Standar Food Grade?

2. Pelajari gaya hidup masa kini

Berikutnya adalah faktor gaya hidup. Untuk faktor satu ini juga dapat menentukan kebiasaan, ketertarikan atau faktor tuntutan hidup seseorang. Dengan demikian, sebelum memasarkan produk, kita harus tahu dulu life style orang-orang sekarang. Jangan sampai ternyata mereka sedang dalam masa nggak membutuhkan produk kita.

3. Perhatikan usia konsumen

Ketika seseorang berusia sekian, pasti preferensi produk yang akan dibeli pun berbeda dengan kalangan usia lainnya. Hal ini juga perlu kamu perhatikan jika ingin menjalankan bisnis. Jangan sampai bisnismu salah sasaran. Itulah mengapa survei di awal sangat penting untuk dilakukan. Pastikan kamu benar-benar teliti ketika menentukan produk dan sasaranmu supaya apa yang kamu sediakan tidak sia-sia.

4. Faktor produk yang disediakan

Produk yang kamu hadirkan akan dipandang oleh konsumen dengan melihat beberapa aspek seperti misalnya warna, bentuk, kualitas, dan segala hal yang berkaitan dengan tampilan maupun kualitas produk itu sendiri. Jika kamu bisa menghadirkan produk yang kualitasnya oke, kamu bisa membuat konsumen senang. Jika konsumen merasa puas dengan produkmu, bisa saja dikemudian hari konsumen tersebut akan melakukan repeat order atau bahkan merekomendasikan bisnismu!

5. Pengaruh harga

Nah, ini yang perlu dipertimbangkan secara matang ketika hendak menjalankan bisnis. Survei atau riset di awal dimaksudkan untuk mencari tahu hal-hal seperti ini juga. Pastikan harga yang kamu tawarkan ke pasaran tidak terlalu mahal maupun terlalu murah. Kalau mahal ditakutkan calon konsumen akan kabur dan mencari tempat lain. Jika sebaliknya, dikhawatirkan kamu yang akan rugi. Pokoknya untuk soal harga ini harus dipetimbangkan matang-matang karena konsumen selalu menjadikan harga sebagai salah satu pertimbangan utama.

BACA JUGA:  Ini Keuntungan Menggunakan Paper Bowl Sebagai Kemasan Ayam Geprekmu

6. Peran promosi

Strategi yang kesepuluh adalah memperhatikan faktor promosi. Promosi adalah salah satu cara yag digunakan oleh para pelaku pasar untuk memperkenaklan prodak yang akan dijualnya. Jika tidak ada promosi maka kemungkinan besar prodak kita tidak akan laku karena tidak dikenal olem masyarakat yang luas. Promosi ini bisa kamu lakukan melalui berbagai media sosial. Pastikan kamu tahu karakter masing-masing jenis media sosial yang kamu gunakan. Jika kamu bisa menguasai pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi dan memperkenalkan produkmu secara luas, maka kamu akan sangat diuntungkan. Sekarang kan apa-apa serba digital, kamu nggak boleh ketinggalan jaman ya.

7. Pentingnya komitmenmu sebagai pebisnis

Dengan menjadi pebisnis yang bisa diandalkan dan dipercaya konsumen, kamu bisa membuat konsumen merasa aman dan nyaman berbelanja di tempatmu. Menjadi enterpreneur yang berkomitmen akan jadi salah satu senjatamu untuk sukses. Kalau kamu komitmen untuk menyediakan produk berkualitas, maka berusahalah untuk memenuhi itu semua agar konsumen tidak kecewa ya. Sekali pembeli kecewa, dia akan memilih untuk tidak pernah kembali melihat ke arahmu lho! Ngeri.

8. Tanpa inovasi kamu akan kalah dari yang lain

Poin paling krusial yang bisa membuat sebuah bisnis survive dan tidak kalah saing dari kompetitor adalah menyoal inovasi. Dengan inovasi, produkmu akan dilirik oleh calon konsumen. Tanpa ada yang berbeda dari yang lain, kamu hanya akan dilirik sekilas. Pastikan ketika kamu membuat bisnis harus bisa menghadirkan sesuatu yang kreatif dengan inovasi yang kamu tawarkan.