Ini Keuntungan Memakai Barcode, Simak Artikelnya ya!

Pasti banyak pelaku usaha yang masih awam dengan keuntungan memakai barcode. Padahal dengan menggunakan barcode, maka produkmu akan lebih mudah terdeteksi.

Di bawah akan kita bahas apa saja keuntungan memakai barcode yang gak banyak orang tahu. Namun sebelumnya, kita perlu memahami kembali, apasih yang dimaksud dengan barcode, hingga jenis-jenis barcode yang biasa digunakan!

Mengenal Apa Itu Barcode

Barcode adalah suatu kode yang berbentuk sekumpulan garis berbentuk batang dengan susunan horisontal yang memiliki ketebalan berbeda. Pada setiap batang merepresentasikan angka dan huruf yang saling berlainan.

Untuk mempermudah pembacaan kode tersebut, maka dibuatlah barcode reader (pembaca barcode). Alat ini mempercepat pelayanan kepada pelanggan di supermarket maupun retail modern lainnya.

Namun sesungguhnya penggunaan kode tersebut tidak hanya sekadar untuk perbelanjaan saja, tetapi juga melebar pada identifikasi penumpang bandara, pasien rumah sakit, hingga bagian pergudangan.

Jenis-Jenis Barcode

Barcode satu dimensi

Barcode ini banyak sekali digunakan pada bisnis retail, apotek, perpustakaan, buku terbitan ISBN, majalah terbitan ISSN, karut ID Karyawan, kartu anggota organisasi swalayan hingga supermarket.

Jenis yang satu ini paling banyak kita temui, dengan ciri khas bentuk bar atau batang tebal dan tipis. Jenis barcode satu dimensi pun beragam. Setiap jenis barcode dengan bentuk yang berbeda, digunakan untuk bidang yang lain pula.

Barcode dua dimensi

Barcode satu dimensi atau yang biasa kita sebut dengan linear code sebenarnya kalah canggih dengan barcode dua dimensi. Mengutip jurnal di atas, pada barcode 2 dimensi, informasi atau data yang besar da[at disimpan dalam ruang yang kecil.

Jenis barcode ini biasanya dipakai di perusahaan manufaktur skala besar karena alatnya yang masih terbilang mahal.

Di atas adalah dua jenis barcode yang biasa dipakai. Kesamaan keduanya, jika kamu mengurus produk untuk mendapatkan barcode (baik yang satu maupun dua dimensia) maka akan sama-sama mendapat sertifikat keanggotan dari GS1 Indonesia.

Cara Mendapatkan Barcode

Syarat Membuat Barcode Produk

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran dilengkapi dengan :
  2. Foto Copy/Surat Keterangan Domisili
  3. FC Surat Izin Badan POM (P-IRT,SP,MD,ML) untuk Produk makanan dan minuman
  4. Foto Copy NPWP Perusahaan/ Perorangan dan Surat Pengukuhan Pengusaha kena Pajak
  5. FC Akte Pendirian Perusahaan (dari Notaris)
  6. Foto Copy TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
  7. FC KTP /Paspor
  8. Surat kuasa bagi orang yang mengurus Barcode

Pendaftaran Melalui GS 1 Indonesia :

  1. Masukkan ke Webside GS 1 Indonesia www.gs1.or.id
  2. Pilih kolom failitas On-Line
  3. Pilih formulir pendaftaran
  4. Klik “Lanjutkan”
  5. Proses register On- Line selesai, berikutnya Staff  GS 1 Indonesia akan menghubungi

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan verifikasi barcode. Verifikasi ini penting untuk menghindari terjadinya kerugian yang diakibatkan kesalahan cetak atau kegagalan baca alat scanner sehingga justru mempersulit pelaku usaha sendiiri.

Verifikasi ini mengidentifikasi:

  1. Komposisi warna antara latar dengan kode
  2. Ukuran dan magnification
  3. Bar widht reduction
  4. Kemampuan pembacaan/scanability alat scanner
  5. Decodability
  6. Struktur penomoran
  7. Lokasi penempatan kode pada item
  8. Light margin.

Formulir permohonan verifikasi dapat didownload di laman gs1id.org. Setelah itu pelaku usaha mengisis formulir yang diminta, dan selanjutnya mengirim ke alamat: info@gs1id.org.

Keuntungan Memakai Barcode

Dilansir dari jurnal “Hubungan Barcode dengan Produk Industri Sebagai Standar Perdagangan Produk Masa Kini”, berikut adalah beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika produkmu menggunakan barcode:

  1. Proses input data lebih cepat, karena: barcode scanner dapat membaca atau merekam data lebih cepat dibandingkan dengan melakukan proses input data secara manual.
  2. Input data lebih tepat, karena: teknologi barcode mempunyai ketepatan yang tinggi dalam pencarian data.
  3. Proses input lebih akurat mencari data, karena: teknologi barcode mempunyai akurasi dan ketelitian yang sangat tinggi.
  4. Mengurangi biaya, karena dapet menghindari kerugian dari kesalahan pencatatan data, dan mengurangi pekerjaan yang dilakukan secara manual berulang-ulang.
  5. Peningkatan kinerja manajemen, karena dengan data yang lebih cepat, tepat dan akurat, maka pengambilan keputusan oleh manajemen akan jahu lebih baik dan lebih tepat.
  6. Kemampuan bersaing dengan perusahaan saingan atau kompetitor akan lebih terjaga.

Salah satu perusahaan yang jasa pembuatan barcodenya sering dipakai adalah GS1. Mengutip dari laman GS1 sendiri, organisasai ini termasuk dalam lembaga non profit yang bersifat netral dan didorong oleh para penggunannya. Memfasilitasi kerja sama antar mitra bisnis agar menjadi lebih efisien, agar aman melalui penggunaan standar global.

Anggota keseluruhan dari GS1  tercatat 112 negara dengan lebih dari 150 negara menggunakan jasa ini. Artinya, setiap produk yang mendapatkan barcode dari GS1 akan otomatis terhubung dengan jaringan dagang yang lebih luas.

Di atas telah dijelaskan keuntungan-keuntungan yang didapat ketika mengurus kode tersebut. Jika kamu ingin bisnis berjalan dengan sistem yang lebih otomatis dan canggih, tentu mendaftarkan diri ke GS1 akan sangat membantu.

Hal ini juga merupakan langkah untuk menambah efisiensi ketika memulai usaha.

    Anda ingin Konsultasi tentang Sertifikasi PIRT, BPOM, Halal?

    Silakan isi formulir berikut

    Senin - Jumat : Pkl. 08:00 - 16:00
    Sabtu : Pkl. 08:00 - 13:00
    Minggu/ Libur Nasional : Tutup

    Tinggalkan komentar