Berikut Hal Yang Wajib Ada Pada Desain Gambar Kemasan

Desain gambar kemasan menjadi salah satu hal wajib yang penting untuk diperhatikan oleh pelaku bisnis. Baik itu pebisnis makanan, minuman, fashion dan camilan sekalipun. Masih banyak yang belum sadar akan pentingnya peran desain dalam sebuah kemasan. Desain kemasan punya andil yang sangat kuat untuk membantu menarik perhatian konsumen. Hanya dari pandangan pertama konsumen bisa jatuh hati pada produk dengan kemasan cantik.

Tahu desain kemasan yang benar itu seperti apa? Kemasan yang baik tidak hanya sebatas pada fungsinya untuk menjaga sebuah produk agar tetap berkualitas dan tidak rusak dalam kemasan. Kemasan yang baik dapat membantu meningkatkan penjualan dan nilai jual produk. Tidak berbeda jauh dengan standar kualitas produk, desain kemasan produk harus mengandung beberapa komponen penting.

Tujuan utamanya untuk menunjang keberhasilan suatu produk. Kualitas produk dan desain kemasan produk adalah 2 hal yang harus sama-sama diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik. Oleh sebab itu ada beberapa hal penting yang harus ada dalam desain kemasan. Beberapa point tersebut bisa kalian jadikan bahan pertimbangan dalam membuat desain kemasan untuk re-branding produk.

Hal Wajib Ada Dalam Desain Gambar Kemasan

Nama Produk Jelas dan Eye Catching

Nama produk dalam kemasan harus dibuat dengan tipografi dan warna yang sesuai. Pemilihan warna tidak harus selalu mencolok untuk dapat menarik perhatian. Justru untuk dapat menarik perhatian nama produk harus dibuat dengan tipografi yang sesuai. Penggunaan font jelas dan dengan ukuran yang dapat dibaca setidaknya dari jarak 2 meter.

Lalu apa perbedaaan nama produk dengan nama brand? kalau nama produk adalah adalah tanda pengenal produk. Sedangkan nama brand adalah pembeda atau identitas yang membedakan produk sejenis. Contohnya nama produk adalah “keripik pisang“, sedangkan nama brand “KURNIA Keripik”.

Kedua hal tersebut cukup berbeda tentunya, umumnya nama brand seperti contohnya diatas “KURNIA Keripik” pemilihan font atau tulisan lebih beesar dan jelas. Kemudian diikuti dengan nama produknya yakni “keripik pisang” yang bisa diikuti dengan gambar produk atau ilustrasi produk.

Unik dan Punya Identitas

Keunikan produk kalian bisa dengan memilih menonjolkan warna kemasan akan tetapi kalian bisa memilih menonjolkan font tulisan yang jelas. Akan tetapi keunikan produk bisa diwujudkan dalam beberapa cara lainya. Diantaranya meng-unggulkan bentuk kemasan, ukuran atau jenis kemasan.

Untuk menarik perhatian dengan mengusung keunikan desain kemasan kalian bisa menonjolkan ikon atau maskot produk. Misalnya dengan gambar ikon pisang berkacamata. Maskot dapat menarik perhatian konsumen, sudah banyak yang telah menggunakan cara ini untuk menarik konsumen. Misalnya saja Alfamart punya maskot Albi (lebah), kemudian Indomaret punya maskot Domar.

Informasi Lengkap

Desain gambar kemasan tidak cukup hanya mencantumkan nama produk dan brand. Akan tetapi juga wajib untuk menyertakan informasi lengkap. Ada sedikitnya 8 hal yang harus dicantumkan dalam desain kemasan. Diantaranya adalah nama brand, nama produk, netto, izin edar, komposisi, tanggal produksi, tanggal kadaluarsa, alamat produksi atau diproduksi oleh. Untuk lebih lengkap kalian bisa menambahkan informasi varian rasa, petunjuk penggunaan, nilai gizi, alamat sosmed, kode produksi, dan lain sebagainya.

Unsur Estetika

Setelah mencantumkan informasi yang lengkap kemasan juga perlu menyertakan unsur estetika. Unsur ini sangat penting untuk menunjang rasa penasaran para konsumen. Tak sedikit konsumen yang membeli produk dengan alasan kemasan lucu atau cantik. Unsur estetika erat kaitannya dengan psikologis seseorang untuk tertarik dan ingin mengetahui lebih tentang produk.

Oleh sebab itu dalam desain kemasan harus mengandung unsur estetika. Jika kalian masih binggung bagaimana desain gambar kemasan yang estetik dikemas.com bisa bantu buatkan desain GRATIS, konsultasi GRATIS. Berikut ini ada desain gambar kemasan printing yang mengandung unsur estetik.

Tingkat Efisiensi

Memperhatikan tingkat estetika memang cukup penting namun untuk memilih bahan kemasan juga harus memperhatikan tingkat efisiensi. Maksudnya sebuah kemasan harus berfungsi secara maksimal. Seperti umumnya kemasan berfungsi sebagai wadah yang melindungi produk dari paparan benda asing. Sebagai media pemasaran untuk membantu meningkatkan penjualan. Memudahkan untuk dibawa kemana-mana dan mudah dibuka.

Jika semua unsur terpenuhi maka bukan tidak mungkin kemasanmu terlihat semakin menarik perhatian para konsumen. Jadi kemasan yang benar tidak hanya sekedar menarik saja tapi fungsi yang dapat mempermudah penggunanya. Baik bentuknya yang unik, desain sesuai dan fungsinya sesuai maka baru dikatakan kemasan tersebut berhasil dan mampu menjual dirinya sendiri.

Nah itu tadi adalah beberapa unsur penting yang harus ada dalam desain gambar kemasan. Tidak hanya menarik akan tetapi juga berfungsi sebagai mana mestinya. Itu baru yang dinamakan kemasan yang sesuai dan cocok untuk produk.

Semoga pembahasan kita tentang desain gambar kemasan ini bermanfaat dan dapat membantu memberikan gambaran desain kemasan. Untuk tanya atau konsultasi lebih lanjut kalian bisa WA ke nomor 085700293940 (Silvi) atau boleh diskusi dikolom komentar!

Leave a Comment