Cari Desain Kemasan Kopi Unik? Mampir Dikemas.com Aja!

Desain kemasan kopi unik akan selalu jadi bahan sorotan konsumen. Jika dibandingkan dengan kemasan kopi dengan desain yang bisa dibilang biasa saja. Tanpa disadari desain kemasan unik merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Desain kemasan produk merupakan wajah yang akan dilihat pertama kali oleh konsumen.

Ada istilah “Don’t judge book by its cover” namun ini tidak berlaku dalam bisnis. Desain kemasan tentu harus dibuat semenarik mungkin untuk menarik para konsumen. Kita lihat saja sebuah produk akan terlihat lebih menarik jika dikemas dalam kemasan yang rapi dan unik.

Desain kemasan kopi unik akan lebih menarik perhatian konsumen, apalagi jika desain kemasan menjadi ikon utama produk yang sejenis. Kemasan yang mudah diingat konsumen tentu akan menguntungkan produk tersebut. Caranya dengan membuat desain yang dapat dengan mudah dikenali dan ditemukan konsumen meski dalam deretan produk sejenis.

Kemudian membuat produk dapat dikenali dengan mudah hanya dari kemasannya bahkan dari jarak jauh. Untuk membuat desain kemasan kopi unik yang dapat dikenali oleh masyarakat tentu bukan perkara mudah. Desain kemasan yang unik akan membantu mendongrak penjualan. Artinya ini akan berpengaruh pada omset.

Kunci Membuat Desain Kemasan Kopi

Desain Simpel & Elegan

Kemasan yang unik dan menjadi sorotan adalah kemasan dengan desain simpel namun tetap terlihat elegan. Usahakan untuk membuat konsumen binggung dengan kemasan yang rumit. Desain yang terlalu rumit akan menimbulkan kesan berlebihan. Untuk itu buatlah desain yang sederhana namun tetap mencerminkan produk yang mewah.

Gunakan Gambar Menarik

Gambar visual akan mudah diingat oleh konsumen, itu sebabnya konsumen akan mengingat produk melalui pengelihatan mereka. Salah satu caranya dengan memberikan gambar yang menarik dan unik. Gambar yang dipilih pastikan memiliki hubungan dengan produk agar tetap relevan.

Cantumkan Izin Edar dan Informasi Lengkap

Untuk membuat kemasan semakin premium dan kualitas produk terpercaya maka usahakan untuk mencantumkan nomor izin edar. Seperti PIRT, BPOM, Halal MUI dan SNI. Kemudian selain nomor izin yang dicantumkan sebaiknya mencantumkan informasi penting tentang produk. Informasi tersebut berupa nama brand, nama produk, kode produksi, diproduksi oleh, nilai gizi, cara penyajian, tanggal kadaluarsa, kontak person dsb.

Gunakan Warna Cerah

Gunakan warna cerah atau dark yang akan membuatnya unik dan menonjol diantara produk sejenis. Penggunaan warna kemasan juga berkaitan dengan target pasar yang akan dibidik. Jika target pasar kalian adalah anak-anak atau remaja bisa menggunakan warna cerah. Sedangkan untuk target pasar dewasa dan orang tua akan lebih elegan dan mewah jika menggunakan warna gelap.

Sebelum menentukan warna akan lebih baik jika kalian melakukan riset terlebih dahulu. Lakukan survei terlebih dahulu terhadap pesaing. Kemudian pelajari apa yang menjadi daya tarik, keunikan serta kelebihan dan kekurangan dari kemasan yang mereka gunakan.

Contoh Desain Kemasan Kopi Unik

Alupaper Printing

Kemasan alupaper printing ini berbahan dasar alufoil yang bagian dalamnya sudah dilaminasi. Kemudian pada bagian luarnya sudah dilaminasi art paper printing sehingga terlihat lebih mengkilap. Kalian bisa pilih  laminasi glossy ataupun doff. Kemasan dengan bahan alupaper ini cukup tebal dan mampu menampung produk dengan berat hingga 250 gram hingga 500 gram.

Penggunaan kemasan jenis ini banyak informasi dan detail yang bisa kalian cantumkan. Misalnya saja nama brand, nama produk, ilutrasi gambar, no tep, kode produksi, diproduksi oleh, alamat produksi, izin edar, nilai gizi, komposisi, petunjuk penggunaan, tanggal kadaluarsa, dan informasi lainnya. Untuk ukuran yang umum digunakan seperti berikut ini :

  • 12 x 20 cm
  • 14 x 22 cm
  • 14 x 23 cm
  • 15 x 20 cm
  • 15 x 22 cm
  • 14 x 26 cm
  • 16 x 24 cm
  • 18 x 24 cm
  • 18 x 29 cm
  • 20 x 30 cm

Kemasan standing pouch ini berbahan dasar metalize. Bagian dalamnya sudah food grade dan dilaminasi sehingga aman untuk mengemas produk didalamnya. Untuk kemasan ini ada window yang akan memperlihatkan produk didalamnya. Jenis kemasan window ini ada 2 jenis bentuknya yakni, bentuk window bunga seperti contoh diatas dan window bentuk tetesan air.

Ukurannya tersedia 9×15 cm, 12×20 cm, 13×20 cm, 14×20 cm, 14×22 cm, 16×24 cm dan 18×29 cm. Jenis kemasan ini tersedia warna hitam, merah dan coklat yang bisa kalian pilih seusai selera. Sedangkan untuk pemilihan warna tinta bisa menggunakan warna putih untuk kemasan warna dasar hitam.

Flat Bottom Alufoil Sablon

Kemasan gusset kotak atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan kemasan kopi flat bottom. Kemasan ini ini merupakan salah satu jenis flexible packaging yang sekarang paling banyak digunakan pelaku bisnis kopi kekinian untuk bungkus kopi bubuk.

Umumnya untuk tinta yang digunakan kemasan flat bottom craft berwarna hitam ini adalah putih, coklat, gold atau hijau. Untuk kemasan ini tersedia warna Silver, Hitam , Emas , Putih , Merah

Tersedia ukuran :

  • 9cm x 15cm (100gram)
  • 11,5cm x 18cm (250gram)
  • 15,5cm x 23,5cm (500gram)
  • 17cm x 30cm (1000gram)

Desain kemasan ini sangat cocok sebab perpaduan dari warna dasar kemasan hitam dan dikombinasikan dengan warna tinta putih dan gold. Terkesan lebih mewah dan elegan sehingga telihat lebih premium dan memiliki nilai jual tinggi.

Alufoil Sablon

Kemasan standing pouch berbahan dasar alumunium foil. Pada bagian dalam kemasan ini sudah food grade. Untuk standing pouch ini tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti  silver, merah, hitam, gold, hijau, dan putih. Pada umumnya kemasan ini memiliki 3 ukuran yang sering dipakai yakni :

  • 13 cm x 20 cm
  • 14 cm x 23 cm 
  • 18 cm x 29 cm

Umumnya kemasan standing pouch alufoil warna hitam umumnya menggunakan warna tinta putih atau gold. Sedangkan untuk kemasan dasar warna putih, merah, gold dan hijau akan lebih tegas dan jelas jika menggunakan tinta warna hitam.

Standing Pouch Craft

Desain kemasan standing pouch craft ini berbahan dasar kertas coklat. Dengan laminasi dibagian dalamnya sehingga aman digunakan untuk mengemas produk kopi. Untuk penggunaan kemasan craft ini paling umum menggunakan tinta warna merah, hitam, putih, hijau.

Jenis kemasan standing pouch craft yang pakai desain sablon ini biasanya dipilih para pelaku bisnis kopi bubuk, biji kopi, bubuk coklat, minuman herbal, bubuk jahe instan. Untuk kemasan craft ini tersedia dalam beberapa macam, diantaranya :

  • 9 x 15 (50 gram)
  • 13 x 20 (100–200 gram)
  • 14 x 23 (250–300 gram)
  • 16 x 25 (350–400 gram)
  • 18 x 29 (500 gram)
  • 22 x 33 (1000 gram)

Gusset Alufoil Sablon

Kemasan yang satu ini gusset alufoil sablon yang bagian dalamnya sudah dilaminasi. pada umumnya kemasan ini untuk mengemas kopi bubuk atau biji kopi. Umumnya kemasan gusset berwarna hitam dan coklat ini menggunakan tinta warna putih atau gold. Kesan premium dan mewah akan semakin memancar pada kemasan berwarna hitam dengan tinta gold. Untuk ukuran tersedia 9,5 x 6 x 25 cm atau setara dengan 250 gram – 500 gram.

Sachet

Kemasan ini berbahan metalize ini biasanya dipakai untuk skala pabrikan. Bahan kemasan metalize memang paling sering digunakan oleh pabrik kopi dengan keluaran produk kopi sachet. Kalau bahan kemasan kopi metalize ini biasanya bisa polos, sablon, sticker, atau printing.Mulai dari kemasan bubuk kopi 200 gram, 150 gram, 100 gram, 75 gram, sampai kemasan kopi sachet yang dinilai lebih praktis dan ekonomis.

Leave a Comment