Tips Kemasan

Jual Kemasan Kopi Dari Sachet Sampai Stand Pouch, Ini 10 Contohnya!

Jual Kemasan Kopi Dari Sachet Sampai Stand Pouch, Ini 10 Contohnya!

Seperti yang anda ketahui bahwa kopi memiliki macam-macam kemasan. Kemasan kopi ini memang dirancang sedemikian rupa untuk menarik perhatian para konsumen. Ada berbagai macam bentuk kemasan yang bisa anda gunakan sebagai referensi jika anda berniat untuk melakukan bisnis di bidang kopi.

Jenis Kemasan Kopi

Mungkin anda penasaran seperti apa bentuk-bentuk dari kemasan ini kan? Kemasan kopi ini dirancang tidak hanya untuk menarik perhatian konsumen saja tetapi juga untuk menjaga kesegaran kopi agar tidak cepat basi. Nah, untuk mengetahui jenis-jenis kemasan kopi yang bisa digunakan untuk referensi, berikut contoh-contoh kemasan yang bisa anda gunakan.

1. Kemasan Sachet Kertas

Biasanya agen atau jasa jual kemasan kopi sachet juga menyediakan kopi sachet kertas. Jenis kemasan ini sangat cocok untuk para penikmat kopi yang suka jalan-jalan. Fungsi kemasan praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Kemasan ini ditujukan untuk orang-orang yang bekerja di banyak tempat seperti jurnalis, blogger atau pemandu wisata.

Selain itu, kemasan kopi sachet kertas juga mudah disobek sehingga tidak sulit saat membukanya. Biasanya kopi sachet bahan kertas ini juga menggunakan kertas yang ramah lingkungan sehingga tidak menyebabkan pencemaran lingkungan.

2. Kemasan Kertas Bentuk Panjang

Jenis kemasan kopi kertas memiliki bahan kertas yang sama dengan jenis kopi sachet sebelumnya. Yang membedakan adalah bentuk kemasannya. Bentuk kemasan kopi ini panjang dan kecil. Biasanya, jenis kemasan ini digunakan oleh pihak hotel, apartemen dan homestay. Para pihak jasa penginapan biasanya menyediakan kopi dengan kemasan seperti ini untuk para tamu.

Namun kopi yang dikemas dalam bahan kertas memang tidak bisa bertahan lama. Oleh karena itu, pihak jasa penginapan, hotel dan homestay biasanya menyediakan kopi dengan kemasan seperti ini karena kopi disajikan selama beberapa hari saja. Jika anda datang ke acara seminar, rapat atau diklat di hotel maka anda akan disajikan kopi dengan cetak kemasan kopi yang menunjukkan nama hotel tersebut.

3. Kemasan Sachet Dari Plastik

Beberapa agen jual kemasan kopi juga menyediakan kemasan kopi jenis plastik. Seperti yang kita ketahui biasanya, kemasan kopi plastik lebih sering digunakan brand kopi ternama. Kita sering melihatnya di iklan yang tayang di televisi, banner, dan sejumlah gambar di poster yang dipasang di tengah kota.

Untuk memudahkan konsumen membuka kemasan kopi sachet yang terbuat dari plastik, produsen biasanya memberikan tekstur bergerigi pada bagian kemasan kopi sachet plastik. Dengan begitu, para penikmat kopi dengan mudah menyobeknya. Tujuan pabrik memberikan kopi dengan kemasan plastik agar kopi bisa tahan lebih lama saat kopi dikirim ke luar wilayah atau ekspor ke luar negeri.

4. Kemasan Kopi Box

Ada juga kemasan kopi yang berbentuk kotak box. Kemasan ini terbuat dari kertas karton. Pada umunya,kemasan ini memang di desain untuk menyimpan kopi dalam jumlah yang banyak. Harga kemasan kopi dengan bahan karton ini relatif terjangkau karena bahan mudah ditemukan dan proses pembuatannya pun juga mudah.

Namun, kemasan kopi yang didesain dari karton ini tidak bisa menahan kopi terlalu lama. Ini karena kertas karton masih memiliki pori-pori udara agar oksigen masuk ke dalam isi box.  Alasan perusahaan memberikan kemasan karton adalah agar kopi bisa awet selama dalam proses pengiriman. Tapi ada juga perusahaan yang memberikan kemasan karton dengan bahan khusus agar kesegaran kopi bisa lebih awet.

5. Plastic Stand Pouch Package

Sebelum membuat desain kemasan kopi yang lebih menarik, alangkah baiknya membuat draft atau rancangan desain terlebih dahulu. Kemasan ini sesuai dengan namanya. Mudah didirikan dengan bentuk pouch dari bahan plastik. Biasanya, cetak kemasan kopi berupa logo, gambar dan tulisan brand yang dapat dicetak.

Dengan menggunakan bahan plastik tebal, kopi yang dikemas dalam pouch biasanya lebih tahan lama. Kemasan ini cocok untuk produksi kopi yang hendak dikirim ke swalayan atau supermarket.

6. Kemasan Pillow Pouch

Bentuk kemasan pouch ini mirip dengan bantal. Kemasan kopi ini sangat praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Biasanya, kemasan jenis ini didesain untuk produk cair. Tapi di beberapa tempat jual kemasan kopi, para pembuat kemasan juga merancang kemasan khusus untuk biji kopi dan kopi bubuk dengan warna dan desain yang menarik konsumen.

7. Bag Stand Pouch

Kemasan pouch yang satu ini ternyata tidak kalah menarik dengan yang lainnya. Harga kemasan kopi ini pun juga menyesuaikan dengan bentuk desainnya yang unik. Bentuk kemasan ini hampir mirip seperti model stand pouch yang lainnya. Letak perbedaan ada pada bentuk pouchnya.

Bag stand pouch biasanya memiliki tali yang bisa anda jinjing layaknya tas belanja. Dengan kemasan seperti tas ini, anda bisa membawa pouch kemana-mana dengan mudah. Bahkan anda bisa menggantungkannya di gantungan dapur jika tak ada tempat untuk meletakkan kopi.

8. Kemasan Kopi Bentuk Gelas

Jika anda bosan dengan kemasan kopi berbentuk pouch dan sachet, mungkin kemasan bentuk gelas lebih asyik.  Pabrik atau industri kopi sengaja membuat kemasan kopi berbentuk gelas plastik dengan tujuan agar kemasan kopi tidak dibuang begitu saja.

Ini salah satu upaya perusahaan untuk mencegah konsumen membuang sampah. Jadi, setelah kopi habis dikonsumsi, wadahnya pun masih dapat anda gunakan sebagai gelas minuman. Biasanya pabrik atau industri memberikan variasi desain cetak kemasan kopi yang bermacam-macam seperti gambar, tulisan kata-kata positif dan motif. Ini menjadi daya tarik para konsumen.

9. Tumbler Sebagai Kemasan Kopi

Jenis tumbler plastik memang tergolong agak mahal. Tapi kopi yang disimpan dalam wadah tumbler plastik sudah pasti lebih awet dibandingkan dengan kemasan kertas. Hal ini karena tumbler plastik memiliki wadah yang rapat dan kedap udara sehingga dapat menjaga kualitas dan kesegaran kopi itu sendiri.

Selain itu, fungsinya juga hampir sama dengan sebelumnya. Setelah persediaan kopi habis, konsumen dapat memanfaatkan wadah kemasan kopi sebagai tumbler minuman itu sendiri. Jadi, anda tak perlu membuang kemasannya ke tempat sampah.

10. Kemasan Kopi Transparan

Jenis kemasan ini sudah sering kita temukan dimana-mana. Produsen sengaja membuat kemasan transparan agar  konsumen dapat melihat secara langsung isi dari kemasan kopi tersebut. Harga kemasan kopi jenis transparan bermacam-macam karena tergantung bahan kemasan itu sendiri. Jika kemasan transparan berbentuk stand pouch dari plastik, harganya terjangkau.

Tapi, jika anda ingin membeli kemasan transparan yang lebih mahal, anda bisa gunakan kemasan dari plastik mika atau kaca agar wadahnya bisa digunakan lagi setelah isi kopi habis dikonsumsi.

Nah, sekarang anda bisa memilih beberapa referensi kemasan kopi di atas. Jika anda sudah mulai membuka usaha di bidang kopi, kemasan mana yang paling menarik? Yang pasti minat dan penilaian konsumen bisnis kopi Anda adalah prioritas utama.