Kenapa Desain Kemasan Fashion Harus Menarik?

Memikirkan desain kemasan fashion adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Meskipun produk sendiri adalah hal terpenting untuk menentukan keberhasilan penjualan dan kesuksesan merek. Desain kemasan produk memainkan peran yang sangat besar dalam keberhasilan penjualan produk. Desain kemasan juga mampu mempengaruhi bagaimana cara konsumen memandang produk.

Oleh sebab itu mendedikasikan waktu untuk memikirkan desain kemasan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memilih desain yang sesuai. Desain yang sesuai dan menarik adalah desain yang bisa mewakili produk itu sendiri dan mampu menjadi identitas produk. Akan tetapi desain kemasan yang menarik juga harus disesuaikan dengan target pasarnya.

Cara Memilih Desain Kemasan Fashion

Begini cara memilih desain kemasan fashion yang benar untuk produk kalian biar terlihat menarik.

Memuat Indentitas Produk

Desain kemasan fashion produk harus bisa mencerminkan identitas produk. Sehingga ketika konsumen melihat mudah mengingat dan langsung bisa mengenali hanya dari gambar atau logo brand. Sampaikan apa yang menjadi kelebihan dan mengapa konsumen harus membeli produkmu. Desain kemasan harus menyampikan nilai apa yang ada didalamnya.

Memahami Target Pasar

Membuat desain kemasan juga harus memperhatikan target pasar yang akan dituju. Ini adalah sebagai bahan pertimbangan dalam membuat rancangan desain yang efektif dan sesuai dengan target pasar. Setelah menentukan target pasar misalnya memilih orang dewasa. Kemudian lihat lagi target tersebut laki-laki atau perempuan dengan rentan usia berapa.

Kemudian buat survey dimana mereka mencari produk yang dibutuhkan tersebut, informasi apa yang mereka pertimbangkan untuk membeli produk, bagaimana kemasan dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli.

Kemasan Mudah Dibuka dan Dibawa

Selain desain, kemasan yang digunakan harus kemasan yang mudah dibuka. Sehingga tidak membuat konsumen kebinggungan dalam membuka. Selain itu pilih kemasan yang mudah dibawa sehingga konsumen tidak kerepotan dalam membawa.

Desain Kemasan Sesuai Produk

Penting sekali untuk membuat desain produk sesuai dengan kenyataan yang ada. Maksudnya dalam membuat desain kemasan tidak perlu berlebihan dengan memberikan ilustrasi yang jauh dari produk aslinya. Pemilihan bahan dan bentuk kemasan pun juga perlu diperhatikan. Untuk dapat mempermudah konsumen dalam membawa, pastikan untuk memilih bentuk yang mudah dibawa dan mudah dibuka.

Bahan Kemasan Sesuai

Selain desain kemasan bahan kemasan harus sesuai dengan target pasar. Bahan pengemas harus sesuaikan dengan bentuk produk dan kualitas produk. Semakin berkualitas produk yang dikemas maka pilih kemasan yang premium pula. Produk yang dikemas dengan kemasan yang menarik dan premium maka akan meningkatkan nilai jual. Harga jualnya pun bisa jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kemasan polosan.

Kenapa Kemasan Harus Menarik?

Kemasan yang menarik akan jauh lebih menarik perhatian, itu sebabnya desain kemasan harus dibuat semenarik mungkin untuk meningkatkan bisnis. Berikut ini alasan kenapa kemasan harus menarik.

  • Kemasan yang menarik meningkatkan brand image dan dapat menarik minat konsumen.
  • Membantu menentukan identitas brand produkmu
  • Melindungi produk yang ada didalamnya dan membantu mempermudah pembawaan produk

Kemasan produk memiliki banyak fungsi, tidak hanya sekedar untuk mengemas produk saja. Kemasan yang lebih kreatif dan inovatif akan menarik minat konsumen untuk membeli produk. Kemudian bisa digunakan kembali dan disimpan untuk dipakai lagi. Kemasan yang menarik juga akan membantu menjual produk itu sendiri. Sebagai salah satu bentuk upaya untuk semakin meyakinkan konsumen jika produk tersebut berkualitas.

Contoh Desain Kemasan Fashion

Plastik Fashion Distro

Kemasan fashion distro atau kemasan plastik ini memiliki ziplock pada bagian atasnya. Untuk bahan kemasan ini menggunakan bahan PE. Sejauh ini kemasan plastik distro adalah kemasan yang paling banyak dicari pelaku bisnis dengan warna paling banyak diminati warna hitam dan putih.

Plastik distro ini, salah satunya penggunaan bahan lentur yang tidak membuat mudah sobek. Kemudian terdapat zipper di bagian atasnya yang berguna untuk melindungi produk yang dikemas. Kemasan jenis ini banyak untuk mengemas produk baju, kemeja, gamis, dan jilbab. Namun tidak menutup kemungkinan untuk mengemas aksesoris.

Plastik fashion distro ini memiliki 3 ukuran, yakni ukuran kecil, sedang, dan besar. Ukuran sedang biasanya digunakan untuk mengemas 2 kaos, sedangkan ukuran paling besar banyak digunakan untuk mengemas produk sepatu, jeans, jaket dan gamis.

Plastik Fashion Gunung

Kemasan yang satu ini ada pegangan bagian atasnya yang melengkung berbentuk gunung. Kemasan ini bahannya menggunakan bahan PE. Ada banyak pilihan untuk warna kemasan, seperti hitam, putih, emas, merah. Plastik kemasan fashion gunung biasanya digunakan untuk mengemas produk baju, kaos, kemeja. Tersedia 3 ukuran yang biasa disebut small, medium dna large.

Plastik Fashion Plong

Kemasan plastik plong ini ada pegangan pada bagian atasnya dan plastik fashion plong tidak ada penguncinya taau ziplock. Desain kemasan bisa dicetak pakai sablon satu warna dengan nama brand kalian. Kamu bisa memilih warna tinta seusai dengan keinginan. Umumnya untuk kemasan dasar warna putih dicetak dengan tinta warna hitam, biru atau gold. Kemasan plong tersedia dalam beberapa ukuran, yakni kecil, sedang dan besar. Tersedia beberapa warna kemasan seperti biru, hijau, kuning, merah, oranye, pink, putih, ungu, hitam.

Plastik OPP Fashion

Plastik iner yang biasanya di gunakan untuk kemas produk fashion baik kaos maupun produk yang lainsecara satu persatu. Kemasan ini di lengkapi dengan perkat di bagian atas yang memudahkan kamu dalam packing produk tersebut. Bahan Plastik berikut ada opp bening jadi produk kamu bisa terlihat dari luar. Ukuran yang tersedia ada beberapa macam diantaranya :

  • 20 x 20 cm
  • 20 x 30 cm
  • 25 x 35 cm 
  • 30 x 40 cm 
  • 40 x 50 cm 

Plastik Fashion HDPE Tali

Kemasan fashion tali ini berbahan plastik HDPE. Biasanya digunakan untuk mengemas aneka oleh-oleh dan box makanan. Akan tetapi kemasan fashion ini juga digunakan untuk mengemas produk fashion seperti jilbab, mukena, gamis dsb. Jenis kemasan plastik HDPE ini dinilai lebih praktis karena lebih ringkas dan fleksibel sebab memiliki tali yang memudahkan dibawa atau di jinjing.

Paper Bag

Kemasan yang satu ini adalah kemasan ramah lingkungan yang berbahan dasar kertas. Terlihat lebih premium dan mewah menggunakan kemasan berbahan kertas. Ditambah dengan desain yang disablon akan semakin mempercantik kemasannya. Untuk kemasan paper bag tersedia dalam beberapa ukuran dan kalian bisa custom sesuai dengan kebutuhan.

Spunbon

Selanjutnya ada tas spunbond, kemasan yang sekarang banyak diminati oleh pelaku bisnis fashion. Menggunakan kemasan jenis ini membuat brandmu terlihat lebih mewah dan elegan. Desain bisa custom dengan merek sendiri sesuai dengan pilihan warna tinta yang diinginkan.

Agar semakin maksimal, kemasan bisa juga ditambah dengan informasi tambahan seperti sosial media, instagram, dan facebook. Tujuannya agar konsumen bisa lebih mudah mengenali brandmu dan bisa eksplore produk yang diproduksi.

Kemasan tas spunbond ini ada 2 jenis, salah satunya dengan pegangan oval dan pegangan tali. Ukuranya tersedia dalam beberapa macam mulai dari kecil sampai besar. Dengan pilihan warna hijau tua, hijau muda, dongker, putih, kuning, orange, hitam dan pink.

Nah itu tadi ada beberapa contoh desain kemasan fashion yang bisa dijadikan inspirasi dalam membuat desain yang menarik.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *