Mengulik Cara Memulai Bisnis Pakan Kucing Ternyata Menguntungkan

Dewasa ini bisnis pakan kucing jarang di jamah oleh para kebanyakan pelaku bisnis. Sejauh ini bisnis makanan masih sangat mendominasi. Kebanyakan yang terjun dalam bisnis pakan kucing ini adalah mereka yang memiliki hobi memelihara kucing. Siapa sangka padahal jika mau melirik bisnis pakan kucing ini ternyata sangat menguntungkan dan tak kalah dengan bisnis lainnya.

Jarang diketahui ternyata bisnis pakan kucing mampu memberikan keuntungan bagi para pelaku bisnisnya. Hal ini di dukung dengan semakin banyaknya para penggemar kucing yang makin bertambah. Ditambah lagi dengan populasi kucing ras maupung kucing kampung yang kini banyak di pelihara. Tentunya hal tersebut sangat berdampak pada penjualan pakan kucing.

Bisnis Pakan Kucing Berprospek Cerah

Peluang Cerah

Menurut beberapa pemilik pet shop penjualan pakan kucing cukup mengalami kenaikan yang bagus. Tak sedikit yang mengaku meraup untung besar hanya dari penjualan pakan kucing. Ini merupakan peluang yang harus dimanfaatkan, apalagi belum banyak yang mengetahui peluang ini. Maka ini menjadi nilai tambah tersendiri karena pesaingnya belum banyak.

Tak sedikit dari para pelaku bisnis pakan kucing yang menjalankan bisnis ini berhasil sukses menekuni bisnis ini. Keuntungan yang diperoleh dari bisnis pakan kucing ini pun tidak hanya jutaan namun bisa mencapai puluhan juta setiap bulan. Ini menunjukan bahwa bisnis ini tidak bisa diremehkan. Meski jarang diketahui ternyata bisnis ini menguntungkan.

Konsumen Banyak

Seperti yang sudah di singgung diatas konsumen pakan kucing kini cenderung mengalami kenaikan. Bahkan tidak hanya didominasi anak muda saja namun juga orang tua, terutama para kaum hawa. Membeli pakan kucing kini sudah seperti sebuah rutinitas yang wajib bagi para pecinta kucing. Tentu karen apakan kucing juga merupakan makanan pokok sehari-hari bagi kucing.

Sama halnya dengan manusia yang membutuhkan makanan pokok setiap harinya. Sehingga pakan kucing ini juga akan terus dibutuhkan. Maka dari itu bisnis pakan kucing ini juga akan terus berjalan meski waktu terus berlalu. Sebab bisnis pakan kucing ini bukan bisnis musiman yang hanya trend saat tertentu saja.

Memulai Bisnis Pakan Kucing

Jenis Bisnis

Memulai bisnis pakan kucing paling mudah adalah dengan cara repacking. Cara ini lebih mudah karena tidak susah dalam mengolah. Hanya perlu membeli pakan kucing dalam jumlah besar karungan kemudian dipacking dalam beberapa kemasan ukuran sedang seperti 250 gram, 500 gram dan 1 kg.

Kelebihan dari jenis bisnis repacking ini adalah modal bisnis yang digunakan relatif kecil. Beberapa hal yang perlu disiapkan adalah dana untuk memiliki beberapa kilo pakan kucing, kemasan dan alat press plastik. Bisnis ini bisa kamu lakukaan sendiri sehingga tidak perlu memiliki banyak karyawan.

Pakan kucing ini bisa di jadikan bisnis utama yang menguntungkan, bisa juga sebagai tambahan pemasukan, dan juga dijadikan bisnis sampingan. Tidak perlu menyewa ruko karena bisa dilakukan di rumah. 

Jumlah supplier meningkat mengikuti kebutuhan pakan kucing. Tinggal memilih supplier yang sesuai dna cocok saja. Biasanya ada platform khusus untuk mempertemukan importir-supplier-distributor. Maka nantinya akan diminta melakukan penawaran harga, pastikan tidak terlalu tinggi.

Memilih Jenis Makanan Kucing

Ada beberapa jenis makanan kucing yang biasanya jadi favorit para penggemar kucing. Beberapa jenis ini harus kamu ketahui sebelum memulai bisnis pakan kucing ini. Ada dry food dan juga wet food.

Dry food adalah makanan kucing kering yang umur simpannya tahan lama. Sedangkan wet food adalah makanan basah yang memiliki kandungan air tambahan. Sehingga makanan ini mudah dicerna dan cukup beraroma.

Beberapa makanan kucing terbaik yang bisa dijadikan referensi adalah Me-O, Whiskas, Felibite, Bolt, Royal canin kitten, Acis, Cuties, Equilibibrio, Momo, Cat Choice, Friskies, Maxi, Proplan, Universal dan masih banyak lagi.

Survey Produk

Sebelum memulai bisnis ini ada baiknya melakukan survey produk terlebih dahulu. Bisa melakukan pengamatan terlebih dahulu melalui marketplace untuk melihat harga pasaran. Atau juga bisa melakukan pengamatan pada pelaku bisnis sejenis. Lihat berapa harga yang dijual, produk merk jenis apa yang paling banyak disukai konsumen, bagaimana pelayananya, diskon yang diberikan dan lain sebagainya.

Menyiapkan Modal

Modal bisnis adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis. Sekalipun bisnis membutuhkan modal yang kecil. Mulailah dengan modal yang kecil terlebih dahulu dan kemudian jika sekiranya modal sudah cukup maka bisa mulai kembangkan.

Sebelum memulai alangkah lebih baiknya buat rencana atau anlisis biaya untuk menentukan modal yang dibutuhkan dan menentukan harga jual. Sesuaikan dengan budget yang ada, jika masih terbatas maka mulailah dari yang kecil terlebih dahulu.

Pemasaran Efektif

Kemudian jangan lupa untuk mempersiapkan pemasaran yang baik. Bisa menggunakan metode manual seperti word of mouth, sebar brosur, memasang banner mencolok. Tawarkan kepada kerabat, teman dan saudara terdekat. Minta mereka mempromosikan pada teman-teman mereka. Berikan diskon tertentu jika mereka bisa membawa 2 orang untuk membeli pakan.

Kemudian maksimalkan pemasaran online, gunakan berbagai sosial media untuk membantu memasarkan produk lebih luas lagi. Seperti instagram, facebook dan marketplace. Agar cepat viral dan dikenal orang kamu bisa menggunakan tiktok. Platform ini sedang banyak digencarkan untuk memasarkan karena sangat efektif dan cepat sampai ke sasaran.

Membuat Konten Menarik

Tak dapat dipungkiri sosial media adalah slaha satu platform yang membantu mepromosikan produk di era modern ini. Nmaun tidak semerta-merta begitu saja bisa mudah diterima audience. Iklan yang kurang menarik tentu kurang menarik minat. Sehingga pesan yang disampaikan tidak tersampaikan dengan baik.

Maka penting sekali dalam merencanakan konten yang akan dibuat untuk membuat produk terkesan lebih menarik. Buat konsep yang simpel namun menarik. Audience cenderung lebih menyukai konten visual maka dari itu pilih konten gambar dan video. Pilih konten gambar yang menarik, tidak banyak tulisan, kualitas bagus dan menghibur.

Cari Nama Brand

Untuk memulai bisnis sekecil pun alangkah lebih baik jika juga diiringi dengan menentukan nama brand. Nama brand membantu memudahkan konsumen menemukan lokasi atau tempat usahamu. Selain itu penggunaan nama brand juga membantu untuk memperkenalkan produk di tokomu. Tentukan nama yang baik karena nama brand yang baik adalah sebuah doa yang akan terus megiringi setiap langkah bisnismu.

Tips Memilih Kemasan Pakan Kucing

Kunci keberhasilan dalam berbisnis terletak pada pengemasanya. Kemasan yang baik dan menarik akan membantu menarik hati para konsumen untuk membeli. Meskipun produk bagus dan berkualitas namun jika kemasan kurang menarik maka turun juga minat para konsumen.

Kemasan menarik akan membantu menaikkan penjualan. Maka buatlah kemasan yang unik, menarik dan juga informatif. Kemasan yang tercantum berbagai infoormasi dan brand maka lebih terlihat mewah dan tentunya memiliki nilai jual tinggi. Jika dibandingkan dengan kemasan polos tentu kemasan dengan desain menarik jauh lebih baik.

Jangan lupa untuk menyisipkan desain seperti nama brand, logo, gambar ilustrasi, informasi izin, nomor telepon, alamat, netto, netto, dan informasi pendukung lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh kemasan pakan kucing yang bisa dijadikan referensi untuk mengemas pakan kucing.

Kemasan Karung Pakan Hewan 25 Kg

Kemasan karung pakan hewan ini bisa digunakan untuk mengemas pakan kucing dan bisa menggunakan sablon 1–3 warna.

Karung Pakan Hewan Plastik Bening 10 Kg

Karung beras memiliki model bening, digunakan untuk isi 10 kg, menggunakan sablon 1 warna.

Plastik pakan Hewan 5 Kg Buram PE

Kemasan plastik pakan hewan 5 Kg bahan PE buram ini di kombinasikan dengan sablon 1-3 warna.

Plastik pakan Hewan 2,5 Kg PP Bening

Plastik pakan Hewan 2 Kg PP Bening

Kemasan plastik Beras 2 Kg bahan PP Bening dapat dikombinasikan dengan sablon 1-3 warna.

Demikian ulasan kita hari ini tentang bisnis pakan kucing, bagaimana memulainya serta tips memilih kemasan pakan kucing yang baik dan menarik. Semoga postingan ini bisa membantu mencerahkan dan memberikan referensi memulai bisnis pakan hewan. Selamat mencoba !

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar