Pecinta Kopi Wajib Tahu Nih Aneka Alat Pembuat Kopi Manual

Bagi para pecinta kopi selain harus tahu beberapa jenis kopi wajib tahu juga nih berbagai macam pembuat kopi manual. Alat pembuat kopi manual adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyeduh kopi hingga bisa dihidangkan dalam sebuah cangkir. Beberapa alat pembuat kopi manual ini mungkin terdengar cukup asing apalagi untuk mereka yang belum mengenal manual brew. Untuk itu kita akan bahas satu per satu mengenai alat pembuat kopi manual.

Nah pada saat kita mengunjungi sebuah kedai kopi atau cafe yang cukup besar, maka sudah pasti kita pernah sesekali melihat beberapa alat pembuat kopi yang beragam berjejer diatas meja. Untuk menghasilkan beberapa jenis sajian kopi maka dibutuhkan beberapa alat tersebut. Budaya ngopi sekarang ini memang cukup meracuni para kalangan anak muda. Kebiasaan nongkrong sambil ngopi menjadikan ngopi sekarang bukan hanya sekedar untuk mencari inspirasi. Ngopi adalah ajang untuk kumpul bersama teman.

Kehadiran cafe dan kedai kopi kini kian menjamur dimana – mana. Bahkan dengan mudah bisa kita temukan di setiap sudut daerah. Dari sekian banyak kedai kopi yang bermunculan mereka kebanyakan menjual bukan kopi instant. Kedai kopi tersebut menjajakan kopi – kopi yang diolah secara langsung ditempat. Pengolahan kopi tersebut menggunakan beberapa alat dibawah ini untuk menghasilkan beberapa jenis kopi.

Alat Pembuat Kopi Manual

Vietnam Drip

Merupakan alat pembuat kopi yang terdiri dari saringan bawah, atas dan penutup. Alat ini cukup mudah digunakan, cukup hanya dengan menyeduh kopi yang telah digiling dan dicampurkan dengan air panas pada saringan atas. Kemudian kopi akan menetes secara perlahan ke dalam cangkir. Biasanya kopi ini akan ditambahkan es dan juga krimer untuk menghasilkan kopi yang nikmat.

French Press

Alat yang satu ini merupakan alat yang digunakan untuk membuat kopi tubruk tanpa ampas dengan tidak menghilangkan aroma yang khas. Bentuknya seperti pot silinder dan dilengkapi pompa mini panjang dan saringan untuk menekan air panas. Hingga pada akhirnya akan menembus kopi yang digiling.

V60

Adalah alat penyeduh kopi yang menggunakan metode pour over. Bentuknya unik dan sangat sederhana seperti cangkir yang mungil. Alat ini dibuat dari keramik, kaca dan metal, plastik sampai tembaga.

Pembuat kopi ini memiliki ujung lubang untuk mengontrol waktu ekstraksi, suhu air dan grind size. Keunikan dari membuat seduhan kopi dengan alat ini kopi menjadi lebih ringan dan jernih.

French Press

Desain alat yang satu ini berbentuk plot silinder dengan sebuah alat panjang semacam pompa mini. Dilengapi pula layar saringan untuk menekan air panas untuk menembus kopi yang sudah digiling.

Rok Presso

Merupakan alat pembuat kopi manual yang khusus untuk menghasilkan espresso shot yang menjadi sebuah dasar minuman kopi latte maupun cappuccino. Alat ini memiliki daya tahan cukup tinggi dan digunakan tanpa menggunakan listrik.

Cafe Press

Alat ini berbahan stainless steel dengan karet silikon untuk filter shaft-nya. Pada bagian penutupnya terbuat dari bahan plastik polypropylene dengan bahan yang tak mudah terbakar. Dengan alat ini akan menghasilkan kopi yang halus dan kaya rasa.

Bodum Coffee Maker

Alat penyeduh kopi yang satu ini memiliki desain yang sangat cantik dengan plastik transparat. Metode penyeduhannya pun tidak sulit, cukup hanya dengan satu tombol untuk mengontrol on dan of.

Syphon

adalah sebuah alat pembuat kopi yang bisa dikatakan sangat modern dengan desain yang seperti bentuk gelas laboratorium. Metode penyeduhan vakum ini membutuhkan sumber panas yang dihasilkan dari mini burner.

Aeropress

Adalah alat pembuat kopi yang bentuknya cukup unik yakni seperti pipet raksasa. Penyeduhan dengan alat ini ternyata jauh lebih mudah dan cepat, hampir sama dengan Vietnam Drip. Hanya saja bedanya alat yang satu ini menggunakan bantuan tekanan udara. Mesin ini terdiri dari tabung kopi, filter kertas, alat pengaduk, sendok takaran kopi dan funnel untuk mengalirkan air panas.

Demikian adalah beberapa alat pembuat kopi manual yang biasa digunakan para pebisnis kopi terutama di kedai kopi. Semoga dapat bermanfaat.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar