Pelatihan Olahan Hasil Tanaman Pangan PUPM KWT Makmur Sejahtera Ambarketawang

Sleman – Tim diKemas.com berkesempatan berbagi pengalaman mengenai optimalisasi fungsi kemasan produk bersama ibu-ibu anggota KWT Makmur Sejahtera, Jumat 4 Februari 2022. Kegiatan ini merupakan kerjasama diKemas.com dengan Dinas Pertanian Kabupaten Sleman.

Dihadiri berkisar 25 orang peserta, selama 1 hari para peserta selain diberikan teori kemasan juga diajak untuk praktek secara langsung mengemas ulang produk mereka dengan kemasan baru yang lebih menarik.

Dalam mengemas produk, perlu diperhatikan juga aspek distribusi dan juga pemasaran yang dilakukan. Tujuannya agar selain kemasan bentuk menarik juga mudah dalam distribusi.

Satu hal yang menarik, bahwa ternyata, para pelaku UMKM termasuk produk yang dihasilkan ibu-ibu KWT ini anggaran dana untuk kemasan dan label biasanya kurang diperhatikan. Hal ini dapat terlihat dari bentuk kemasan yang dipilih dan ukuran label yang cenderung kurang proporsional dengan ukuran kemasan, dan hal ini dikarenakan alasan mencari yang murah.

Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, diharapkan produk olahan hasil pertanian yang dihasilkan oleh anggota KWT Makmur Sejahtera Ambarketawang ini dapat bersaing di pasar dengan kemasan yang menarik dan tentunya meningkatkan potensi penjualan.

Leave a Comment