5 Contoh Stiker Kemasan Makanan dan Tips Pembuatannya

Kemasan adalah salah satu unsur yang paling penting dalam suatu produk. Kemasan yang bagus yaitu kemasan yang mampu menjaga suatu produk agar tetap terjaga dengan baik pada saat pengiriman. Karena pada saat pengiriman atau produk tersebut dibawa masih ada banyak kemungkinan akan terjadi kerusakan. Nah itu lah salah satu fungsi utama dari kemasan.

Kemudian untuk fungsi lain dari kemasan itu adalah agar lebih banyak orang lain yang tahu dengan produk Anda. Hal ini karena biasanya pada kemasan tersebut terdapat stiker atau label brand suatu produk.

Dengan adanya stiker pada kemasan makanan atau apapun itu membuat banyak orang tertarik dan penasaran dengan produk Anda dan kemudia produk Anda akan semakin dikenal banyak orang.

Sebagai seorang pengusaha pastinya Anda menginginkan produk Anda bisa dijual secara luas. Makanya penting sekali untuk membuat kemasan yang unik dan menari bagi pelanggan. Disisi lain kemasan menjadi hal pertama yang akan dilihat orang. Jika kemasan Anda bagus maka akan semakin banyak orang yang tertarik dan kemudian membeli produk tersebut.

Namun sebaliknya jika kemasan Anda biasa-biasa saja maka akan sedikit yang tertarik dengan produk Anda. Maka dari itu penting sekali untuk membuat kemasan yang unik dan bisa menari pelanggan. Dan perlu Anda ketahui juga bahwa salah satu hal yang bisa menarik perhatian calon konsumen tersebut adalah stiker pada kemasan.

Desain stiker pada kemasan makanan memiliki manfaat yang banyak. Jadi sebisa mungkin Anda membuat stiker label kemasan tersebut dengan bagus.

Tips membuat stiker pada kemasan makanan

contoh desain stiker label pada kemasan makanan

Menambahkan stiker pada kemasan memanglah sangat penting untuk tetap Anda lakukan untuk dicoba dalam menjual dan memperkenalkan produk Anda ke calon pembeli. Selama desain stiker label pada kemasan Anda itu menarik maka produk Anda akan dilirik banyak orang.

Dalam ilmu desain visual memanglah ada caranya tersendiri. Tidak semua orang ahli dalam membuat desain. Namun untuk mengatasi hal tesebut, berikut ini ada beberapa tips membuat desain stiker kemasan makanan yang menarik.

Memilih bentuk dan ukuran

Hal pertama kali yang harus Anda perhatikan dalam membuat desain stiker adalah pada bentuk dan ukurannya. Memilih bentuk dan ukuran sangatlah penting karena akan berpengaruh pada tampilan visualnya. Maka dari itu sesuaikan bentuk dan ukuran stiker tersebut pada kemasan, jangan terlalu besar ataupun kecil.

Pada umumnya ada beberapa bentuk stiker untuk kemasan makanan yang sering dipakai yaitu persegi, persegi panjang, segitiga dan lingkaran. Namun untuk stiker kemasan berbentuk segitiga ini masih jarang sekali ditemukan.

Penempatan nama produk

Dalam pembuatan stiker kemasan makanan dan produk lainnya usahakan pada bagian nama produk bisa terlihat dengan jelas dan mudah terbaca. Dengan begitu para konsumen akan mudah diingat dan mengenali nama produk tersebut. Nama produk ini adalah salah satu informasi yang harus ada dalam stiker kemasan tersebut.

Produk yang memiliki merk akan terlihat lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen. Jika ingin lebih menarik tambahkan gambar yang menjadi ciri khas produk Anda atau biasa disebut dengan maskot.

Pemilihan huruf

Dalam pembuatan desain stiker kemasan usahakan menggunakan jenis font yang mudah untuk dibaca. Sebaiknya janga menggunakan font latin karena susah untuk dipahami. Carilah font tulisan yang menarik dan bisa dibaca oleh semua orang. Pilihlah font yang simple, sederhana tapi elegan.

Pemilihan warna

Secara psikologis, pemilihan warna kemasan sngat penting dan untuk warna cerah biasanya lebih bisa menarik perhatian orang. Akan tetapi tidak semua produk bisa menggunakan warna kemasan yang cerah. Maka dari itu sesuaikanlah dengan produk Anda, misalnya untuk kopi biasanya identik dengan warna hitam dan coklat. Kemudian untuk roti biasanya biru atau merah dan lainnya.

Hindari juga desain stiker yang mirip dengan kompetitor, karena akan banyak orang yang menganggap bahwa produk Anda adalah tiruan. Desainlah stiker kemasan makanan semenarik mungkin dan jangan lupa tambahkan beberapa informasi penting mengenai produk tersebut seperti tanggal kadaluarsa, komposisi, nomor kontal dan lain-lain.

Contoh desain stiker kemasan makanan

Agar bias memudahkan Anda dalam membuat desain stiker label pada kemasan produk, berikut ini beberapa contoh stiker kemasan makanan yang menaik dan unik.

desain stiker kemasan makanan
jasa kemasan makanan
3 Langkah Mudah Buat Stiker Makanan untuk Branding dengan Cepat
desain stiker kemasan makanan yang sederhana
desain stiker kemasan makanan

Nah itu lah tadi beberapa contoh desain stiker kemasan makanan, Semoga dengan ini biasa menjadi referensi dalam membuat desain stiker kemasan untuk produk Anda

Leave a Comment