5 Resep Cemilan Jadul yang Enaknya Nggak Kemakan Jaman!

Cemilan jadul sekarang ini justru udah mulai naik daun lagi. Apalagi sejak banyak akun-akun di twitter atau instagram yang khusus jualan cemilan jadul. Kalo keinget cemilan jadul pasti keinget juga sama memori masa lalu dari jaman kamu SD masih bocah dan harganya juga murah. Buat generasi 90an ke bawah mungkin sekarang udah mulai kesulitan buat nyari cemilan jadul di warung atau toko sekitar karena emang beberapa jenis cemilan jadul udah nggak diproduksi atau udah jarang yang jual. Nah buat menyiasati hal ini buat kamu yang kangen sama cemilan jadul nggak ada salahnya loh buat bikin sendiri di rumah.

Beberapa cemilan jadul emang udah jarang dijual atau bahkan udah nggak diproduksi lagi. Tapi kalau resep cemilan jadul dari dulu sampai sekarang masih sama kok. Tinggal inovasi dan kreativitas kamu aja yang bisa dieksplore biar varian rasanya juga makin beragam. Nah udah nggak sabar kan mau cobain resep cemilan jadul buat nostalgia jaman dulu? Cobain nih resep cemilan jadul yang bisa kamu coba!

paper-cup-baner-web

1. Cemilan Jadul Mie Lidi

Cemilan Jadul Mie Lidi

Mie lidi udah pasti jadi cemilan jadul favorit yang biasanya dijajakan di sekolah-sekolah. Rasanya gurih, ada juga yang pedas. Sensasi renyah pas makan mie lidi juga jadi salah satu daya tarik khas dari cemilan yang satu ini. Sekarang buat nemuin mie lidi juga cukup gampang, banyak penjual snack yang ngebranding mie lidi jadi snack kekinian dengan varian rasa. Cobain yuk bikin mie lidi sendiri.

Bahan Mie Lidi

– Spaghetti ukuran sedang 1 bungkus

– Penyedap rasa

– Bubuk cabe

– Minyak goreng

Cara Membuat Mie Lidi

1. Siapkan wajan yang telah diberik minyak goreng untuk dipanaskan. Goreng spaghetti dengan api sedang, tunggu sampai matang kering. Angkat dan tiriskan.

2. Taruh spaghetti di wadah kemudian taburkan penyedap rasa. Campurkan sampai merata.

3. Setelah merata, taburkan bubuk cabe sesuai selera. Aduk sampai rata. Cemilan jadul mie lidi siap disantap!

2. Cemilan Jadul Kue Leker

Cemilan Jadul Kue Leker

Cemilan jadul yang satu ini ternyata makanan khas warga Solo sejak zaman kolonial. Nama leker muncul karena sebutan orang Belanda yang menyebut kue tipis ini “lecker” yang artinya lezat atau enak. Kalau dulu kue leker ini isiannya cuma meses cokelat dan susu, sekarang isiannya lebih beragam. Ayok cobain leker toping sesuai selera dan bisa dijadiin ide usaha kuliner juga!

Bahan Kue Leker

– Terpung terigu 200 gram

– Telur 2 butir

– Garam 1 sdt

– Gula pasir 2 sdm

– Bubuk vanili secukupnya

– Air secukupnya

Bahan Isi

– Susu kental manis

– Irisan pisang kepok

– Gula pasir

– Meses cokelat

– Parutan keju

Cara Membuat Kue Leker

1. Siapkan bahan adoan kue leker. Ayak tepung terigu di wadah besar. Kemudian tambahkan kocokan telur. Masukkan garam, vanili, dan air secukupnya. Aduk sampai merata.

2. Diamkan adonan 20 menit.

3. Siapkan wajan berbentuk pipih, panaskan dengan api kecil dan lumuri permukaan dengan mentega.

4. Ambil adonan sebanyak satu sendok sayur, tuangkan ke atas wajan. Tunggu sampai agak mengering, masukkan semua bahan isian. Kemudian lipat adonan dan balikkan supaya matang merata.

5. Angkat dan tiriskan. Kue leker siap disajikan.

3. Cemilan Jadul Es Lilin Rujak

Cemilan Jadul Es Lilin Rujak

Siapa sih yang belum pernah cobain cemilan jadul seger yang satu ini? Es lilin sebenernya variannya banyak banget. Mulai dari es lilin buah, es teh, yogurt, susu sampai es lilin rujak. Untuk bikin es lilin juga cukup mudah. Nah cobain deh bikin es lilin rujak yang super seger ini.

Bahan Es Lilin Rujak

1. Potongan tipis buah-buahan sesuai selera (mangga, bengkoang, nanas, dan lainnya)

2. Air matang secukupnya

3. Gula pasir secukupnya

4. Cabe merah keriting 5 buah dan rawit 3 buah

5. Air asam jawa 8 sdm

6. Irisan tipis gula merah

7. Garam secukupnya

Cara Membuat Es Lilin Rujak

1. Haluskan semua cabai, irisan gula merah, garam, dan tambahkan air asam jawa.

2. Rebus bumbu dalam panci dengan takaran air sesuai kebutuhan dan tambahkan gula pasir.

3. Setelah mendidih masukkan potongan buah. Diamkan sampai dingin dan meresap kurang lebih 30 menit.

4. Bungkus ke dalam plastik dan ikat ujungnya dengan karet, kemudian bekukan dalam freezer.

5. Es lilin rujak segar siap dinikmati!

4. Cemilan Jadul Es Potong

Cemilan Jadul Es Potong

Masih inget kan sama cemilan jadul yang satu ini? Es potong jadul sampai sekarang juga masih jadi favorit banyak orang. Lebih lengkap lagi kalau es potong ini dicelupin ke lelehan cokelat. Nah tuh udah kebayang kan gimana enaknya? Daripada Cuma bayangin, cobain deh bikin es potong sendiri di rumah!

Bahan Es Potong

– Susu cari 500 ml

– Gula pasir 200 gram

– Penambah rasa vanila 1 sdt

– Ketan hitam rebus 100 gram

– Larutan maizena 100 ml

– Lelehan cokelat yang ditambahkan air secukupnya

Cara Membuat Es Potong

1. Campurkan gula, vanila, dan susu cari ke dalam paci, aduk rata. Masak sampai mendidih.

2. Tambahkan ketan hitam dan larutan maizena, aduk lagi sampai rata dan diamkan sampai dingin.

3. Tuang adonan ke dalam plastik es lilin. Bekukan dalam freezer.

4. Potong es yang sudah beku. Tusuk bagian bawah dengan tusuk sate dan celupkan ke cokelat air.

5. Es potong siap dinikmati!

5. Cemilan Jadul Telor Gulung

Cemilan Jadul Telor Gulung

Siapa yang nggak tergoda sama cemilan jadul yang satu ini? Selain mengenyangkan, telur itu emang nggak pernah kehilangan daya tariknya. Apalagi kalo telor gulung udah dicocol sama saus pedas! Nah kan, sini deh cobain resep telor gulung anti gagal.

Bahan Telor Gulung

– Telur 2 butir

– Air matang ½ gelas

– Kaldu bubuk ½ sdt

– Merica ½ sdt

– Garam ¼ sdt

– Tusuk sate

– Minyak goreng

Cara Membuat Telor Gulung

1. Campurkan telur dengan garam, kaldu bubuk, merica dan tambahkan air. Kocok sampai berbusa dan adonan cair.

2. Masukkan adonan ke dalam botol saus, kocok lagi sampai berbusa.

3. Siapkan wajan dan panaskan minyak sampai setengah penuh dari wajan.

4. Tuang adonan telur ke dalam wajan 3 tetesan, kemudian langsung gulung secepatnya dengan tusuk sate. Pastikan tuang adonan dari botol dengan jarak yang agak tinggi dari wajan.

5. Lakukan berulang sampai adonan habis. Sajikan dengan saus sesuai selera, telor gulung siap disantap!

Kalo kamu udah ahli bikin beberapa cemilan jadul ini, nggak ada salahnya loh kamu justru bikin usaha kuliner cemilan jadul. Tapi kalau kamu mau nyoba usaha kuliner, nggak cuma resep makanannya ada yang harus oke. Tapi kemasan makanan juga harus keren biar cemilan jadul yang kamu jual makin menarik. Urusan kemasan, kamu percayakn ke tim diKemas.com yang bakal kasih konsultasi dan desain kemasan secara gratis spesial buat kamu.

Yuk konsultasikan kemasan cemilan yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini!

Tinggalkan komentar