5 Tips Memulai Usaha Coffee Shop

1. Membuat Perencanaan Bisnis dengan Optimal

Perencanaan bisnis coffee shop yang matang merupakan kunci awal dari kesuksesan bisnis ini.Membuka sebuah bisnis tanpa adanya perencanaan merupakan hal yang sangat beresiko dan berpeluang terjadi kegagalan pada bisnis coffee shop yang kita bnagun. Perencanaan yang baik akan membantu kita dalam menghadapi persoalan dan tantangan yang akan terjadi kedepannya. Perencanaan yang dibuat bisa meliputi lokasi bisnis akan dijalankan, siapa target pasarnya, kompetitor yang dihadapi, berapa modal yang dibutuhkan dll.

2. Merancang Modal Pengeluaran yang Dibutuhkan

paper-cup-baner-web

Dalam membangun sebuah usaha, ketersediaan modal merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Prinsip utama dalam menjalankan sebuah bisnis adalah “mendapatkan laba sebesar-besarnya dengan pengeluaran sekecil-kecilnya”. Perencanaan kebutuhan modal dilakukan untuk menerapkan prinsep tersebut. Kebutuhan dana yang diperlukan antara lain sewa tempat untuk coffee shop, biaya furniture interior dan eksterior, biaya bahan baku, perlengkapan yang dibutuhkan seperti mesin pembuat kopi, papercup dll.

3. Tentukan standard product

Setiap produk memiliki standard kualitas masing-masing. Produk dengan standard tinggi, biasanya memiliki kualitas tinggi dan memiliki harga yang lebih mahal pula. Dalam memulai bisnis coffee shop yang ingin anda kembangkan, sesuaikan standard yang digunakan dengan target pasar yang ingin dijangkau. Hindari penggunaan standard yang sangat tinggi namun target pasar yang ingin dicapai berpenghasilan menengah kebawah ataupun sebaliknya.

4. Branding

Branding produk juga merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan sebuah bisnis, khususnya usaha coffee shop. Saat ini kita tahu bahwa sudah banyak sekali coffee shop bertebaran dimana-mana. Untuk mendapatkan minat dari para konsumen, anda harus memiliki sebuah brand dari produk yang anda miliki. Pastikan produk yang anda tawarkan memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang berbeda dari produk-produk di coffee shop lain.

5. Strategi Pemasaran

Perencanaan, Modal, Standarisasi, dan Branding sudah dilakukan dengan sangat baik, akan tetapi semua hal tersebut akan menjadi sia-sia jika strategi pemasaran yang dilakukan tidak dilakukan dengan baik dan benar. Pemasaran yang dilakukan harus sesuai dengan metode yang sesuai dengan trend yang sedang berkembang saat ini. Misalnya, saat ini sosial media berkembang dengan sangat luar biasa dimana setiap orang pasti memiliki satu diantaranya seperti facebook, instagram, twitter, dll. Manfaatkan media sosial tersebut untuk mempromosikan coffee shop anda. Anda juga bisa memberikan promo-promo khusus untuk menarik para konsumen untuk datang.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar