Tips Bisnis

7 Strategi Komunikasi Pemasaran Café Kekinian

pemasaran cafe kekinian

Berbisnis menjadi suatu pilihan yang mulai marak sekarang ini. Saat ini sudah banyak bisnis yang semakin berkembang termasuk bisnis café kekinian. Bisnis café tidak hanya menyediakan makanan dan minuman semata tetapi harus memiliki konsep yang jelas. Untuk mendapatkan konsumen yang loyal maka harus mengetahui komunikasi pemasaran secara tepat.

Komunikasi dalam pemasaran ini sangat penting untuk menyampaikan dan memperkenalkan produk. Untuk berkomunikasi ini tidak dapat hanya sekedar menyampaikan sudah dibuka bisnis café saja misalnya. Tetapi harus dapat diinformasikan tentang kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh café. Tujuannya adalah agar konsumen menjadi tertarik dan pada akhirnya menjadi pelanggan yang loyal.

Komunikasi yang baik harus dapat memberi pemahaman jelas kepada penerimanya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pengolahan komunikasi sebagai salah satu strategi pemasaran. Untuk melakukan komunikasi dalam pemasaran terdapat beberapa strategi agar tepat pada tujuannya. Jika komunikasi lancar maka pemasaran café dapat berjalan dengan baik.

Komunikasi untuk memasarkan suatu produk juga tidak hanya memperkenalkan atau memberi informasi produk dari café saja. Sebenarnya tujuan utama dari komunikasi pemasaran café adalah untuk mempengaruhi calon konsumen agar mau mendatangi café. Yang pada akhirnya membeli dan menjadi konsumen. Konsumen yang memperoleh pengalaman menyenangkan kemudian dapat ikut memasarkan juga dengan bercerita atau mengajak orang lain ke café.

Konsumen dapat diminta untuk memberikan testimoni tentang keunggulan yang ada di café. Testimoni tersebut dikemas secara bagus melalui video atau tulisan yang nantinya di-share pada media sosial. Seperti yang telah diketahui bahwa peranan suatu media sosial saat ini sangat besar sebagai salah satu cara strategi pemasaran. Bahkan jika memahami tentang peranan media sosial ini maka bisnis café dapat menjadi viral dan akan berpengaruh pada perkembangan bisnis.

Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Café

Komunikasi pemasaran sangat penting untuk sebuah bisnis. Melalui komunikasi ini terjadi jembatan yang menghubungkan antara pebisnis, produk usahanya dan konsumen. Jalinan yang kuat antara ketiganya dapat memberikan keuntungan hasil bagi pertumbuhan bisnis. Oleh karena itu dibutuhkan suatu strategi komunikasi yang tepat. Tujuannya sebagai media untuk pemasaran café.

Dalam pemasaran café maka yang dikomunikasikan adalah tentang value di  café tersebut. Bisa mengkomunikasikan tentang makanan dan minuman yang menjadi unggulannya. Atau dapat juga memberikan informasi tentang tempatnya yang unik dan instagrammable. Perlu dilakukan penggalian bisnis tersebut sehingga memberikan value yang berbeda. Value tersebut akan menjadi keunggulan dan keunikan yang menarik bagi konsumen.

Berikut ini 7 strategi komunikasi pemasaran untuk bisnis café yang kekinian.

1. Periklanan

Bisnis dan iklan tidak pernah terpisah dan menjadi kesatuan. Jika ingin bisnisnya dikenal oleh orang dan mendapatkan konsumen maka harus mau beriklan. Strategi pemasaran melalui periklanan ini dapat menggunakan media televisi, radio, spanduk, brosur dan sosial media.

2. Promosi

Untuk meningkatkan kunjungan konsumen maka dapat dilakukan promosi yang menunjang. Promosi ini dapat berupa diskon di masa tertentu atau potongan harga dengan pembelian tertentu. Nantinya promosi ini juga dapat meningkatkan pembelian dan otomatis terjadi peningkatan omset. Promo yang dibuat harus menarik dan jika memungkinkan unik.

3. Sponsorship

Yang dimaksud dengan sponsorship ini adalah ikut berperan memberikan sponsor ketika ada acara-acara tertentu. Dengan cara ini diharapkan banyak yang mengetahui tentang kehadiran café dengan segala keunggulannya. Bisa juga memberikan sponsor berupa makanan dan minuman untuk penyelenggara acara. Atau memberikan voucher pada orang yang menghadiri acara tersebut. Pemasaran café dengan cara ini terbukti ampuh untuk menarik konsumen lebih banyak.

4. Pengemasan Café

Suatu bisnis dapat berjalan jika memiliki konsep yang jelas. Termasuk ketika berbisnis café ini harus mempunyai konsep tertentu. Café dapat dikonsep menurut target market. Misalnya jika menginginkan target market kawula muda maka café dapat dikonsep yang instagrammable. Mungkin dapat ditambahkan layanan WIFI atau musik maupun karaoke. Dapat juga menembak semua segmen dengan menghadirkan kenyamanan. Biasanya tempat ini dijadikan untuk mengobrol para pebisnis.

Pengemasan café kekinian tidak hanya tempatnya saja tetapi juga harus memiliki makanan dan minuman yang kekinian. Sekarang ini cukup banyak makanan dan minuman yang kekinian. Pebisnis café dapat melakukan modifikasi dan inovasi agar menjadi lebih unik.

5. Pelayanan Publik

Untuk memperoleh perhatian dari masyarakat umum maka harus mau mendekatkan bisnis café dengan publik. Dalam pendekatan publik ini sangat penting untuk melakukan komunikasi pemasaran. Ada cara yang paling mudah agar konsumen menjadi tertarik yaitu dengan memberikan promo menarik. Dengan menggunakan cara ini maka konsumen akan mendatangi tempat bisnis café dan mencoba fasilitasnya.

6. Membangun Identitas

Jika ingin bisnisnya berkembang dan dikenal secara meluas maka harus dapat membangun identitas yang khas. Pembangunan identitas ini sangat penting agar dapat mudah dikenali dan mudah diingat. Identitas sebagai ciri khas menjadi salah satu cara pemasaran café. Misalnya melalui kemasan cup kopi yang dibranding dengan merk cafe, membuat neon box yang menarik di depan lokasi usaha, dan lain sebagainya.

7. Promosi Melalui Mulut Ke Mulut

Konsumen yang sudah pernah merasakan pelayanan terbaik dari suatu bisnis atau produk pasti akan memberikan rekomendasi kepada lainnya. Ini merupakan cara paling ampuh untuk membuat branding dan membuat produk menjadi lebih terkenal. Promosi melalui mulut ke mulut atau word of mouth merupakan kekuatan promosi yang persuasif sebagai pemasaran. Dengan testimoni langsung dari konsumen maka dapat dianggap sebagai informasi yang dapat dipercaya.

Café yang kekinian sekarang ini semakin marak dan hampir semuanya ramai dikunjungi oleh konsumen. Di era millenial ini sangat mudah merancang suatu konsep yang kekinian dan disukai. Melalui internet dapat ditemukan berbagai informasi yang disukai oleh kalangan millenial. Bahkan beberapa contoh juga tersedia di internet. Dari contoh konsep tersebut dapat dimodifikasi dengan berbagai keunikan yang nantinya akan menjadi ciri khas.

Konsep yang unik dengan hidangan makanan dan minuman yang istimewa dapat menjadi menarik konsumen. Dengan strategi pemasaran yang tepat maka bisnis café kekinian akan terus diminati sebagai tempat mengobrol yang asyik. Fasilitas yang diberikan oleh pebisnis  café pada konsumen setianya tidak boleh semakin menurun seiring dengan ramainya pelanggan. Kualitas café harus terus dipertahankan dan memberikan modifikasi secara berkala.

Pemasaran café yang gencar tetap harus dilakukan meskipun café sudah banyak pelanggan. Sebuah bisnis memang sudah seharusnya untuk terus berkembang. Jika dilihat konsumen semakin ramai dan bertambah maka perlu dilakukan inovasi baru seperti membuka cabang baru. Dengan menggunakan konsep yang sudah matang maka pembukaan cabang baru dapat sangat mudah dilakukan. Tetapi perlu pemikiran yang matang saat membuka cabang baru agar sama-sam berkembang seperti bisnis café pertama.

Bisnis café yang kekinian membutuhkan konsep matang dan strategi khusus. Salah satunya adalah strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Bisnis tidak hanya sekedar mendapatkan untung atau laba saja tetapi juga harus berkembang dan berkelanjutan. Dengan menggunakan komunikasi yang tepat untuk pemasaran maka bisnis dapat berkembang sesuai tujuan.