8 Tips Memilih Perusahaan Flexible Packaging Biar Ngak Salah Pilih

Produsen produk bisa bekerja sama dengan perusahaan flexible packaging untuk membantu mengemas produk mereka. Ini bisa dilakukan oleh perusahaan kecil atau menengah yang tidak memiliki manufaktur untuk pengemasan. Bekerja sama dengan perusahaan lainnya tentunya perlu mempertimbangan berbagai hal. Meskipun ini bisa lebih murah karena tidak perlu membeli mesin sendiri namun tetap harus dilakukan secara efisien.

Memilih perusahaan pengemasan yang baik bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal. Kadang juga perlu pengalaman agar tahu bagaimana bekerja sama dengan perusahaan lain. Secara umum, ada beberapa hal yang bisa dilihat agar dapat memilih partner yang tepat.

Berikut ini 8 tips memilih perusahaan flexible packaging

Pengalaman Perusahaan dan Profesionalitas

Pengalaman perusahaan cukup penting dalam industri pengemasan. Supplier kemasan harus mampu untuk sesuai dengan skala kebutuhan, kemampuan produksi, dan desain kemasan. Perusahaan yang memiliki reputasi yang baik tentunya akan lebih dipercaya untuk bisa memproduksi kemasan. Kesalahan yang dibuat bisa diminimalkan dan akan lebih mudah diatasi jika perusahaan tersebut memiliki pengalaman.

Profesionalitas perusahaan juga bisa menjadi pertimbangan. Secara umum ini dapat dilihat dari pabrik yang dimiliki, karyawan, pimpinan perusahaan, dan promosi yang dilakukan. Perusahaan modern biasanya memiliki website yang mudah diakses. Informasi perusahaan seperti alamat, biaya, teknologi, dan lainnya seharusnya juga bisa diketahui dengan mudah. Selain itu, meskipun sebuah perusahaan pengemasan sudah populer, tetap harus diperhatikan respon dari pelanggan terdahulunya.

Proses dan Teknologi yang Dipakai

Teknologi modern dibutuhkan dalam memproduksi flexible packaging. Saat akan bekerja sama dengan perusahaan pengemasan, maka bisa bertanya soal mesin yang dipakai. Perusahaan pengemas dapat memberikan informasi mengenai teknologi apa yang mereka gunakan.

Proses untuk membuat kemasan juga bisa menghasilkan limbah atau sampah yang berdampak pada lingkungan. Perusahaan yang baik tentunya akan memperhatikan pengolahan limbah dan proses daur ulang produk kemasan mereka.

Kualitas Material dan Ketersediaan

Pilihan bahan material untuk kemasan flexible bisa beragam. Produsen bisa melakukan riset lebih dulu mengenai material apa yang cocok untuk produk mereka. Perusahaan pengemasan juga bisa memberikan konsultasi mengenai jenis material kemasan yang seharusnya dipakai. Kualitas material kemasan yang dipakai dapat berpengaruh pada hasil akhirnya. Ini bisa ditanyakan terlebih dahulu apakah bahan yang dipakai memiliki tingkatan kualitas yang dibutuhkan.

Selain kualitas, ketersediaan bahan baku juga penting untuk keberlanjutan produk. Perusahaan pengemasan harus bisa memastikan bahwa bahan yang dipakai tersedia sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Supplier bahan baku yang bekerja sama juga harus diperhatikan apakah memang dapat dipercaya.

Kemampuan Desain

Desain tampilan kemasan menjadi salah satu unsur yang tak boleh dikesampingkan. Ini sangat penting bagi kemampuan produk tersebut untuk lebih menjual di pasaran. Perusahaan kemasan yang profesional biasanya memiliki tim desain yang bisa membantu pelanggannya. Selain itu perlu juga mesin digital printing dengan teknologi canggih. Pewarnaan kemasan, logo, atau label perlu dicetak dengan kualitas yang baik.

Perusahaan kemasan dapat menawarkan jasa desain pada pelanggannya. Ini bisa menjadi salah satu nilai tambah. Selain itu pilihan kustomisasi desain bisa menjadi pertimbangan perusahaan. Saat misalnya ada desain yang keliru maka bisa segera diperbaiki dengan mudah. Ini juga harus ditanyakan pada perusahaan pengemasan soal fleksibilitas cetak desain pada kemasan.

Selain desain tampilan, tipe bentuk atau struktur kemasan juga harus menjadi pertimbangan. Perusahaan profesional biasanya dapat memberikan pilihan yang bervariasi. Penambahan fitur kemasan seperti tutup-buka, pegangan kemasan, dan lainnya seharusnya juga bisa dilakukan dengan mudah oleh perusahaan pengemasan.

Ketepatan Waktu dalam Produksi dan Pengiriman

Proses produksi dan pengemasan harus tepat waktu. Apalagi jika produknya bukan barang tahan lama atau ada perjanjian dengan distributor. Bekerja sama dengan perusahaan pengemasan perlu memastikan agar mereka juga tepat waktu.

Memenuhi target setiap saat sangat diperlukan karena persaingan, reputasi perusahaan, dan nilai moneter yang bergantung padanya. Keterlambatan pengiriman bisa menyebabkan kerugian baik material maupun nonmaterial. Perusahaan pengemasan yang baik akan berusaha menjaga pengiriman tetap pada jalurnya. Saat ada hal yang tidak diinginkan, perusahaan profesional akan mampu untuk mengatasi dengan cepat dan tepat.

Harga yang Bersaing

Harga bahan baku bisa berfluktuasi seiring waktu. Ini menyebabkan biaya pengemasan menjadi bervariasi. Pemasok dalam bidang pengemasan bisa sama-sama memberi harga kompetitif. Saat ada harga yang tak jauh berbeda maka pilihan selanjutnya adalah mempertimbangkan masalah kualitas. Kualitas kemasan yang disediakan harus seimbang dengan harga yang ditawarkan.

Biaya pengemasan produk sejak awal harus mendapat perhatian. Ini juga berkaitan dengan harga jual produk tersebut dan keuntungan yang bisa didapatkan. Beberapa perusahaan besar bisa melakukan efisiensi jangka panjang dengan membuat pengemasan sendiri. Namun bagi UKM atau perusahaan kecil, bekerja sama dengan perusahaan pengemasan bisa jadi solusi. Mendapatkan kemasan yang berkualitas dari perusahaan berpengalaman dapat membantu meningkatkan penjualan produk.

Bantuan Teknis Selama Proses Pembuatan dan Setelahnya

Carilah perusahaan flexible packaging yang menawarkan bantuan teknis pada pelanggannya. Ini bisa memastikan agar kemasan yang diproduksi benar-benar sesuai dengan yang dipesan. Pelanggan bisa mengikuti proses pembuatan kemasan dari awal dan mendapatkan konsultasi yang memadai. Saat ada komplain, maka perusahaan pengemasan bisa memberikan solusi dengan baik.

Hasil kemasan dalam jumlah besar kadang tidak semuanya sempurna. Perusahaan kemasan yang baik tentunya dapat memberikan garansi atau penggantian jika ada yang rusak. Jadi perusahaan kemasan yang baik tidak akan lepas tangan jika kemudian ada kesalahan saat sudah dikirim.

menjawab-pertanyaan-konsumen-tentang-kemasan-cup-plastik

Minimum Order yang Sesuai

Bagi perusahaan besar, tentu jumlah order yang dibuat biasanya akan berjumlah cukup besar. Namun perusahaan kecil tentunya membutuhkan perusahaan yang memiliki minimum order rendah. Kemampuan pengemasan dalam jumlah yang sedikit akan sangat membantu bisnis kecil. Saat bekerja sama dengan perusahaan pengemasan pastikan lebih dulu mengenai minimum order mereka. Jika ternyata terlalu besar maka bisa mencari partner lainnya.

Perusahaan harus tahu berapa banyak yang diproduksi dan berapa kemasan yang dibutuhkan. Perusahaan kecil dan menengah banyak yang terikat dengan masalah inventaris. Sehingga membuat pesanan minimum order rendah menjadi keharusan, ini juga memungkinkan waktu penyelesaian yang lebih cepat.

Bekerja sama dengan mitra yang tepat akan membantu dalam mengembangkan bisnis. Perusahaan kecil maupun besar bisa memilih kemasan flexible sebagai kemasan produknya. Saat membutuhkan kerja sama dengan perusahaan pengemasan maka ada hal-hal yang harus dipertimbangkan. Memilih partner secara asal-asalan malah akan membuat kualitas kemasan menjadi buruk. Apalagi jika kemudian mitra yang digandeng tidak profesional atau tidak tepat waktu.

Jika benar-benar serius sebenarnya mudah mencari perusahaan flexible packaging yang profesional. Saat ini perusahaan pengemasan sudah banyak mempromosikan diri di dunia maya. Jasa dan layanan yang dimiliki perusahaan pengemasan bisa dicari dengan mudah yang sesuai dengan keinginan. Tak perlu terburu-buru dalam memilih, pertimbangkan dengan baik apakah jasa yang ditawarkan sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *