Bisnis Camilan Serba Kacang, Untungnya Bikin Hati Senang

Kamu penggemar makan kacang? Bisnis satu ini bisa dimulai bahkan sejak kamu masih kuliah lho, jadi kalau kamu merasa tidak bisa berbisnis karena masih mahasiswa, kamu salah besar. Sudah banyak lho sosok enterpreneur sukses yang memulai karir mereka bahkan sejak kuliah. Kamu juga bisa mengikuti jejak mereka dan jadi the next successful person of the year berkat jualan kacang.

Eits. yang dimaksud di sini bukan sekadar jualan kacang biasa, melainkan yang sudah diolah. Kacang bisa diolah jadi berbagai macam makanan, misalnya kacang bawang, kacang goreng, kacang telur, dan banyak olahan lainnya. Itu baru olahan kacang tanah, belum jenis yang lainnya.

Inspirasi Menu Serba Kacang Untuk Bisnismu

Berikut ini kami akan memberikanmu inspirasi menu olahan kacang apa saja yang bisa kamu jadikan inspirasi bisnis.

1. Kacang Pedas Manis

kacang-pedas-manis
sumber gambar: Fimela.com

Camilan satu ini merupakan salah satu olahan kacang yang menjadi favorit. Mau acara resmi atau santai, kacang memang cocok untuk jadi pendamping makanan sehari-hari. Bagi yang suka pedas, tentu varian ini menjadi favorit. Cara buatnya juga gampang, ini sekalian kita kasih tahu.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 250 gram kacang tanah kupas
  • 1/2 sdt minyak goreng untuk menumis
  • 80 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 60 ml air
  • 1 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1/2 sdt garam
  • 4 bawang merah, dihaluskan
  • 2 bawang putih, dihaluskan
  • 5 cabai merah keriting, tumbuk kasar
  • 50 gram bawang putih, iris, goreng kering
  • 10 gram daun jeruk, buang tulangnya, iris halus

Cara membuat:

  1. Rendam kacang tanah ke dalam 1 liter air mendidih, lalu diamkan selama 1 menit kemudian ditiriskan
  2. Aduk bumbu sampai merata dan tambahkan 5 sdm air bekas rendaman kacang
  3. Panaskan minyak, goreng kacang menggunakan api sedang sampai matang dan kering. Sisihkan hingga suhu menurun (dingin)
  4. Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, cabai keriting) sampai harum. Kemudian tambahkan campuran gula pasir, garam, dan air, kemudian aduk sampai sedikit mendidih
  5. Tambahkan kacang tanah, aduk sampai rata
  6. Masukkan bawang putih goreng dan daun jeruk, aduk terus sampai air mengering

2. Kacang Telur

kacang-telur
sumber gambar: cookpad.com

Siapa yang mau menolak kelezatannya kacang telur? Banyak yang suka kacang karena punya rasa gurih yang enak bikin ketagihan. Jika diolah dengan cara yang berbeda, rasanya juga akan ada cinta rasa berbeda. Kacang goreng rasanya akan berbeda dengan kacang rebus misalnya. Kacang yang dibalut tepung ini memberikan cita rasa yang unik dan nggak kalah bikin ketagihan.

Sekarang kita langsung coba cari tahu resepnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram kacang tanah
  • 400 gram tepung terigu
  • 100 gram gula putih halus
  • 1/2 sdm garam
  • 2 butir telur
  • 5 siung bawang telur
  • 5 sdm margarin
  • Saringan atau ayakan
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas semua kacang tanah sampai tidak ada kulitnya sekalipun kulit arinya
  2. Haluskan bawang putih yang telah dikupas dan dicuci
  3. Campurkan gula putih halus, garam, telur, bawang putih (halus), dan margarin. Kocok hingga semua bercampur rata.
  4. Tuangkan sedikit adonan ke dalam kacang. Umumnya dimulai dengan 3 sdm adonan. Namun, juga bisa disesuaikan dengan banyaknya kacang.
  5. Tuangkan tepung terigu dalam satu wadah bersih.
  6. Ambil kacang yang sudah tertutup adonan, balurkan dalam tepung terigu.
  7. Letakkan kacang di atas ayakan, lalu ayak untuk membiarkan tepung terigu jatuh.
  8. Goreng kacang yang telah dibaluri tepung dalam minyak panas. Masak hingga warna menjadi kecoklatan, setelah itu angkat kemudian tiriskan. Sudah selesai!

Nah, itu tadi dua resep olahan kacang yang bisa banget kamu jadikan inspirasi bisnis serba kacang. Kalau mau dijabarkan lagi, masih banyak kok makanan berbahan dasar kacang yang bisa kamu coba jadikan produk untuk diperdagangkan.

Sekarang karena sudah sama-sama tahu contoh olahan kacang, berikutnya kita bahas soal manfaat mengonsumsi kacang yuk? Rasanya kurang afdol kalau belum tahu apa aja manfaat makan kacang buat tubuh. Cekidot!

Khasiat Mengonsumsi Kacang Tanah Bagi Tubuh

kacang-kulit
sumber gambar: Unsplash.com/Tom Hermans

Selain enak dimakan, kacang tanah juga punya manfaat yang luar biasa lho jika dikonsumsi. Wah, apa saja ya?

1. Dipercaya dapat mengurangi depresi

Trytophan yang terkandung dalam kacang dapat membantu dalam pelepasan zat kimia yang fungsinya untuk mengurangi depresi/stres. Dalam hal ini, lebih mengarah pada meningkatkan mood. Jadi, setelah makan kacang bukan tidak mungkin mood kamu yang tadinya jelek bisa jadi lebih bagus.

2. Dapat menjadi sumber energi

Kacang tanah cocok banget dikonsumsi waktu kita merasa lagi lemes nggak ada tenaga. Makanan ini dapat memberikan energi buat tubuh lho. Dibandingkan kacang lainnya, kacang tanah paling rendah lemak dan karbohidrat sehingga nggak bikin gendut.

3. Bantu menjaga kadar kolesterol

Kandungan mono asam lemak tak jenuh dalam kacang tanah bantu menurunkan kolesterol jahat dari tubuh yang dapat mencegah penyakit jantung.

4. Katanya bisa mencegah keriput

Kacang tanah memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk kulitmu karena bantu menyamarkan garis kerutan pada kulit. Terdapat pula kandungan lain yang bisa bikin kulit lebih bersinar. Luar biasa banget ya manfaatnya? Udah enak buat camilan, kaya manfaat pula! Nggak nyesel deh jadi penggemar kacang.

Sudah bahas resep sama manfaat, belum lengkap kalau belum menyinggung soal kemasan nih. Soalnya kalau kamu serius mau berbisnis kacang ini, kamu juga harus memikirkan soal pengemasan. Mau kemasan yang kayak apa?

Berikut ini kita kasih contoh kemasan yang oke buat produkmu biar makin kece dan akan banyak dilirik calon konsumen. Kira-kira kamu suka yang mana buat bisnis aneka olahan kacang?

1.) Kemasan standing pouch bening

kemasan-snack-standing-pouch-bening

2.) Kemasan standing pouch kombinasi

kemasan-standing-pouch-kombinasi

3.) Kemasan alumunium foil printing

kemasan-standing-pouch-aluminium-foil-printing

Mau punya kemasan produk sekece contoh-contoh di atas? Hubungi diKemas.com saja gaes. Di sini kamu bisa konsultasi kemasan, kamu tinggal kasih tahu mau desain yang seperti apa, nanti kami buatkan desain gratis tis tis. Wadidaw, kapan lagi kamu mau bebisnis ada yang bantuin mikir kemasan?

Kalau masih ada pertanyaan soal artikel ini atau pertanyaan seputar apapun terkait kemasan, silakan tinggalkan saja di kolom komentar…. Kira-kira next artikel kita bahas apa ya sebaiknya gaes? Komentarmu ditunggu ya!

 

 

 

 

 

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar