Bisnis Ceker Pedas Yuk, Makanan Ala Korea Yang Jarang Dilirik Pebisnis

ceker-ayam-maeun-dakbal
sumber gambar: Merdeka

Bisnis ceker pedas yuk? Kalau daging ayam kan sudah banyak yang bisnis rata-rata jadi lauk. Nah, kalau ceker bisa jadi cemilan lho. Orang-orang Korea, khususnya YouTuber sering kok ASMR makan jenis hidangan satu ini. Ketika dimakan kelihatan menggiurkan banget soalnya tampilannya wow dengan ceker yang disulap jadi ceker berwarna merah berlumur saus pedas. Kebayang nggak sih asiknya nyemilin ceker?

Orang kita mungkin beberapa ada yang geli dan ogah makan ceker. Tapi kalau sudah disulap jadi makanan super menggiurkan? Coba deh, jangan bilang ogah dulu sebelum nyobain sendiri. Cari tahu dulu rasanya daripada menyesal gaes….

Kalau mau bisnis ceker tentu bukan hal yang susah. Apalagi sekarang penggemar k-pop tidak pernah surut, selalu saja ada yang baru, dan penggemar k-pop cenderung suka hal-hal yang disukai orang korea, misalnya ceker ini tadi. Belum lagi penggemar oppa ini mayoritas remaja, pasti mereka suka hal-hal unik dan enak seperti bisnis ini misalnya. Kalau di Korea sendiri, ceker pedas punya istilah sendiri yaitu maeun dakbal!

Meski enak, ceker ayam kurang populer karena bukan makanan yang terkesan berkelas. Padahal, ada yang bilang, terkandung kolagen yang tinggi dalam ceker dan setara kandungannya dengan yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan! Kolagen ini adalah protein yang menjaga kelembapan dan kulit kencang. Jadi, konon katanya makan ceker bisa bikin awet muda dan punya kulit glowing kayak artis Korea haha!

Apa saja sih yang perlu disiapkan buat bisnis ini?

Langkah Memulai Bisnis Kuliner Camilan Ceker Biar Naik Kelas

Segala sesuatu harus diawali dengan persiapan yang matang, apalagi soal bisnis. Dalam berbisnis pasti keluar modal dong? Nah, supaya modalnya nggak terbuang sia-sia dan kita dapat keuntungan dari kerja keras kita, alangkah baiknya kita mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Riset dulu soal bahan baku

Bahan baku di sini kan yang paling utama adalah ceker. Kita bisa cari tempat yang meyediakan bagian ini dan mungkin bisa mulai berbisnis supaya dapat harga miring. Dengan begitu bisa jadi salah satu jalan menekan pengeluaran kan?

2. Riset soal rasa yang sedang trend

Jangan sampai rasa ceker yang kamu hadirkan merupakan rasa yang kampungan. Kamu perlu riset, mempertanyakan sebenarnya anak muda masa kini menyukai rasa apa sih jika itu menjadi rasa pada ceker. Kalau yang umum sih rasa pedas gaes, tapi kamu juga bisa eksperimen rasa misalnya keju.

3. Tahu resep ceker pedas yang enak

resep-membuat-ceker-ayam-pedas-enak
sumber gambar: Teen.co.id

Kalau kamu sekadar coba-coba tanpa tahu produkmu enak atau nggak, bisa-bisa malah jadi produk gagal. Temukan resep paling parpura yang bisa kamu jadikan resep rahasia paling paten yang sesekali diberi bumbu sesuai kreativitas. Berikut ini ada resep ceker pedas ala Korea khusus untuk kamu!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 400 gram ceker ayam
  • 200 ml susu
  • 1 sdm minyak wijen
  • 3 sdm gochujang
  • 2 sdm bawang putih yang dicincang halus
  • 2 sdm gula pasir
  • 5 cabai rawit (jumlah sesuai selera)
  • 1/2 bawang bombai cincang halus
  • Daun bawang secukupnya
  • 2 gelas kaldu ceker ayam
Cara membuat:
  1. Bersihkan ceker dengan benar, hilangkan bagian kukunya supaya bersih dan tidak mengerikan. Rendam dalam susu sekitar 10 menit untuk menghilangkan bau amis ceker.
  2. Masak ceker hingga empuk. Air bekas merebus ceker jangan dibuang, angkat lalu tiriskan ceker.
  3. Gunakan sedikit minyak untuk menggoreng ceker. Angkat kalau sudah berwarna cokelat keemasan.
  4. Tumis bumbu dengan satu sendok minyak wijen sampai wangi, kemudian masukkan gochujang sambil diaduk, setelah itu tambahkan kaldu ayam secukupnya sampai semua bahan tercampur sempurna.
  5. Masukkan ceker ke dalam saus yang dibuat, masak sampai hampir kering dan aduk pastikan ceker terlumuri saus dengan benar.
  6. Bisa disajikan dengan taburan wijen dan daun bawang di atasnya (atau sesuai selera saja)

4. Tahu strategi promosi yang baik dan benar

makan-makanan-korea
sumber gambar: Enaknya Kemana

Gunakan media sosial sebaik mungkin sebagai sarana promosi ya! Sekarang apa-apa serba digital, kamu juga bisa kasih announcement terkait coming soon-nya bisnis kamu supaya banyak yang siap-siap dan penasaran. Keluarkan trailer juga biar makin ngiler sama produk cekermu. Kalau nanti bisnismu sudah mulai jalan, jangan lupa kasih promo menarik ya karena milenial suka promo haha!

5. Kemasan produkmu sangat penting sebagai jurus biar laris

Jangan mengemasinya dengan kemasan biasa aja. Oleh karena ceker punya kesan yang agak seram bagi beberapa orang, kamu bisa mengundang selera mereka pada ceker. Selain dengan tampilan ceker itu sendiri setelah diolah, napsu makan calon konsumen juga bisa dibangkitkan dengan pengemasan yang baik.

Terus, kemasan seperti apa yang cocok buat bisnis ceker pedas ala koreamu?

penyajian toppoki paper bowl
makanan korea seperti ceker ayam pedas cocok diwadahi dalam paper bowl/mangkuk kertas
penggunaan tutup paper bowl
tampilan paper bowl polos

Kalau kamu butuh inspirasi kemasan untuk bisnis kuliner, boleh banget ke diKemas.com, karena di situ banyak pilihan kemasan menarik yang bisa bikin usahamu naik kelas! Kamu juga bisa konsultasi lho terkait usaha kamu dan kemasannya, selain itu juga bisa kami buatkan desain kemasan gratissss. Kamu tinggal bilang aja mau desain yang seperti apa, nanti kita yang kerjakan. Enak banget kan?

Oke, kalau ada keluhan atau saran, boleh banget tinggalkan jejak di kolom komentar ya! Have a nice day, everyone!

Konsultasi (WA)

2 pemikiran pada “Bisnis Ceker Pedas Yuk, Makanan Ala Korea Yang Jarang Dilirik Pebisnis”

  1. Dear Dikemas,

    Berapa harga paper Bowl + design nya .
    Mohon bila ada price list, kami dikirimkan.

    Terima kasih.

    Januar

    Balas
    • Selamat Pagi Kak Januar, terima kasih sudah menghubungi diKemas.com. Untuk informasi paper bowl dan desainnyna, silahkan bisa langsung Whatsapp customer service kami ke nomor berikut 081231562447 (CS Refi). Terimakasih.

      Balas

Tinggalkan komentar