Bisnis Dodol Rumput Laut, Oleh-Oleh Khas Lombok Nih!

dodol-rumput-laut
sumber gambar: Radar Tarakan

Bisnis dodol rumput laut kayaknya menggiurkan ya? Apa yang terbesit dalam pikiranmu saat mendengar kata rumput laut? Ya, makanan satu ini identik dengan agar-agar, kan? Bagi kamu yang belum tahu, rumput laut juga bisa diolah jadi makanan manis lain lho. Apa itu? Yap, dodol!

Kamu suka dodol tapi bosan dengan dodol yang itu-itu saja? Waktunya beralih ke yang satu ini. Bahannya yang antimainstream dijamin bikin calon konsumen penasaran sama produkmu. Kamu pasti penasaran dong cara bikinnya? Berikut ini kita juga share resepnya kok, jangan khawatir gengs, apa sih yang nggak buat kamu?

Resep Membuat Dodol Rumput Laut Enak Bergizi

rumput-laut-segara
sumber gambar: Dream

Pasti penasaran kan bagaimana bikinnya? Ayo dicermati baik-baik ya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Rumput laut 1 kg
  • Gula pasir 800 gram
  • Tepung ketan 200 gram
  • Santan kelapa
  • Garam secukupnya
  • Essence kurang lebih 2 sdm
  • Vanilli
  • Tepung terigu

Cara membuat:

  1. Langkah pertama dalam pembuatan dodol ini adalah merendam rumput laut kering ke dalam larutan kapur selama sehari semalam dengan pergantian air selama tiga kali. Larutan kapur ini berfungsi untuk membersihkan rumput laut.
  2. Rumput laut dihaluskan dengan menggunakan blender hingga menjadi pasta rumput laut. Lalu didihkan tepung ketan dengan santan di atas kompor. Tepung ketan ini berfungsi sebagai pengikat dan membentuk tekstur. Setelah mendidih, masukkan pasta rumput laut pada adonan tepung ketan sambil diaduk sampai kalis (sekitar 2 jam). Sambil diaduk, tambahkan gula, garam dan essence. Gula berfungsi sebagai pemanis, sedangkan garam sebagai penambah cita rasa, dan essence untuk memberi aroma dan rasa.
  3. Tuangkan adonan yang telah matang tadi ke dalam nampan kecil yang dilapisi plastik. Setelah itu dinginkan kira-kira 1 jam dan keringkan. Potong sesuai dengan selera dan dodol siap dihidangkan.

Bagaimana? Mudah kan bikinnya? Sekarang kita sama-sama cari tahu manfaat dari rumput laut yuk buat kesehatan. Kalau kita mau menjalankan bisnis, pokoknya jangan lupa untuk mencari tahu juga khasiatnya untuk kesehatan konsumen. Kalau kita saja sudah yakin dengan khasiatnya, nanti jadi lebih enak promosi ke calon konsumen!

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

1. Dapat memperlambat penyebaran kanker payudara

Kabar gembira untuk kita para wanita, terutama bagi yang mencari pengobatan kanker payudara. Terdapat penelitian yang telah menunjukkan bahwa sayuran laut bisa mengatur kadar estrogen. Dengan demikian, risiko terkena kanker payudara pun berkurang. Namun demikian, perlu diingat bahwa bukan berarti rumput laut bisa mengobati berbagai penyakit ya atau menjamin perlindungan terhadap penyakit.

2. Tidak masalah dikonsumsi penderita diabetes dan kolesterol

Rumput laut mengandung omega 3 asam lemak. Fungsi dari omega-3 asam lemak adalah meningkatkan kolesterol baik atau yang dikenal dengan HDL dan mengurangi kolesterol jahat atau yang dikenal dengan istilah LDL.

3. Dapat menguatkan tulang dan gigi

Kandungan kalsium dalam rumput laut bisa jadi pertimbangan pengganti bagi kamu yang alergi susu sapi. Perlu diketahui bahwa kekuranga kalsium dapat berdampak pada otot dan sel yang berkoordinasi dengan sistem saraf. Bisa dikatakan, makan makanan olahan rumput laut sangat baik untuk ana-anak dalam masa pertumbuhan.

4. Bantu mempertahankan atau menurunkan berat badan

diet-sehat
sumber gambar: Unsplash.com/i yunmai

Terdapat beberapa jenis rumput laut yang dapat membantu metabolisme tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa serat alami yang terdapat pada rumput laut cokelat dapat membantu menghalangi penyerapan lemak pada usus. Dengan demikian, mengonsumsi olahan rumput laut juga cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet kan?

Oke, kita sudah tahu resep bikin olahan rumput laut sekaligus manfaat dari mengonsumsi rumput laut. Sekarang pertanyaannya, apakah kamu siap merintis bisnis ini? Kalau di Lombok sudah banyak, kamu yang ada di daerah lain bisa banget memanfaatkan peluang ini. Ada pun beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan jika ingin menjalankan bisnis ini, seperti: pentingnya riset, memiliki strategi marketing yang baik, dan jangan lupa perhatikan kemasan!

Kemasan produk dodol rumput lautmu harus yang keren, karena sekarang konsumen sangat mementingkan kemasan lho! Kalau kemasanmu bagus, bisa punya peluang buat dipromosikan konsumen secara suka rela karena mereka bangga bisa beli produkmu yang kemasannya kece. Pokoknya butuh solusi soal kemasan produk? Ke diKemas aja yuk! diKemas bisa kasih konsultasi buat kamu yang masih abu-abu mau bikin kemasan kayak apa. Kamu juga bisa kami bikinkan desain kemasan yang gratis tis tis… Kapan lagi mau berbisnis jadi semudah ini?

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar