Hadirkan Ke Kotamu: Bisnis Keripik Apel, Oleh-Oleh Khas Malang Nih!

Bisnis keripik apel bisa jadi alternatif makan apel tanpa perlu ke Malang. Jadi, melaksanakan bisnis ini cocok buat kamu yang ingin menghadirkan olahan apel ke kota-kotamu. Bagi pencinta apel dan belum pernah mencoba bahkan melihat wujud dari keripik apel, pasti bertanya-tanya, emang bisa ya apel dibikin jadi keripik? Well, apapun bisa kok diolah jadi keripik, termasuk apel!

Berikut ini kita kasih tahu resep bikinnya biar kamu nggak penasaran lagi dan bisa dicoba sendiri.

paper-cup-baner-web

Resep Keripik Apel Kekinian Yang Bikin Goyang Lidah

keripik-apel
sumber gambar: Unsplash.com/Benjamin Wong

Olahan apel biasanya kan jus, pie, atau olahan biasa lainnya. Nah sekarang kita akan sama-sama kenalan sama keripik apel, sudah siap?

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 2 kg buah apel segar
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya (untuk mencuci)

Cara membuat:

  1. Kupas kulit buah apel sampai bersih
  2. Apel yang sudah dikupas selanjutnya dicuci dengan air sampai bersih supaya tidak hitam
  3. Setelah dicuci kemudian diangkat dan tiriskan (sebaiknya pada wadah yang berlubang-lubang kecil)
  4. Iris tipis-tipis buah apel yang sudah dicuci bersih (kalau bisa pakai alat supaya ketebalannya sama, kalau tidak ada juga tidak masalah)
  5. Rendam irisan apel dalam air bersih kurang lebih 35 menit sampai warna apelnya berubah jadi sedikit kecokelatan
  6. Angkat kembali apel dari rendaman lalu tiriskan
  7. Setelah itu bisa langsung digoreng atau bisa juga pakai mesin vacum frying
  8. Keripik apelmu sudah siap!

Sekarang sudah yakin dong kalau keripik bisa dari apel? Makan apel sekarang bisa di mana saja dan kapan saja dengan lebih gampang dibawa ke mana-mana. Cocok banget dijadikan lahan bisnis. Ayo, biar makin yakin buat menjalankan bisnis keripik yang satu ini, kita sama-sama cari tahu manfaat mengonsumsi apel yuk bagi kesehatan.

Khasiat Makan Apel Untuk Kesehatanmu

Buah yang enak dikonsumsi dalam wujud olahan apapun ini ternyata punya segudang manfaat lho. Apa saja ya? Yuk simak bareng-bareng!

1. Bisa menyehatkan kulit

Bagi kamu yang ingin awet muda dan punya kulit yang sehat, perlu mengonsumsi apel secara rutin. Antioksidan yang terkandung dalam buah manis satu ini memang bagus untuk kulit karena membantu mengatasi masalah radikal bebas. Kita memang tidak bisa terlepas dari paparan radikal bebas. Makanlah apel sering-sering supaya punya kulit sehat!

2. Menekan risiko kanker

Bagi kamu yang sering makan makanan tidak bergizi dan sumber dari segala sumber penyakit, jangan lupa untuk penuhi asupan serat dan gizimu dengan mengonsumsi buah-buahan seperti apel. Menurut penelitian, kandungan fitokimia dalam apel dapat mengurangi risiko kanker seperti kanker payudara, kanker tenggorokan, serta kanker mulut.

3. Dapat menurunkan tekanan darah

Kandungan flavonoid dalam apel dapat bantu mencegah darah tinggi. Apel juga mengandung potasium yang berfungsi mempertahankan tekanan dalam tubuh.

4. Membuat kekebalan tubuh jadi baik

Agar sistem kekebalan tubuhmu bekerja dengan baik, dianjurkan untuk makan apel. Kandungan vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem imun. Jika dikombinasikan dengan mengonsumsi jeruk, maka hasilnya akan lebih maksimal.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Sebaiknya rajin mengonsumsi buah apel untuk mencegah penyakit jantung. Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa kandungan antioksidan dan serat pada apel dapat menurunkan kolesterol yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Setelah tahu resep dan manfaatnya, kita lanjut ke cara memulai bisnis keripik apel yuk?

Cara Memulai Bisnis Keripik Apel Supaya Laris Manis

berkeinginan-kuat
sumber gambar: Unsplash.com/Campaign Creators
Pertama, buat website dan medsos untuk jualan atau toko online

Di jaman serba digital seperti sekarang, wajib hukumnya bagi pemula untuk membuat website toko online. Soalnya sekarang ini jamannya konsumen berbelanja lewat online. Hanya tinggal klik layar smartphone, konsumen sudah bisa belanja produk apa saja yang mereka butuhkan. Biar nggak ketinggalan kereta, pastikan bisnis yang kamu jalankan sudah punya website toko online. Kalau kamu belum tahu caranya buat website toko online, bisa baca selengkapnya DISINI.

Kedua, kelola website dan medsos dengan baik

Kalau kamu menggunakan senjata media sosial untuk mempromosikan produk, maka harus punya strategi marketing yang baik. Sejak memperkenalkan produk, kamu bisa kasih sneak peak misalnya dengan mengunggah trailer produkmu dan info menarik seputar promo maupun giveaway. Itu bisa meningkatkan interaksi antara kamu dan calon konsumen lho!

Ketiga, gunakan kemasan yang menarik supaya makin dilirik

Kalau untuk mengemasi produk keripik apelmu bisa banget pakai kemasan standing pouch. Ini nih contoh kemasan standing pouch. Kemasan model begini bisa bikin produk naik kelas lho. Bakal kelihatan mewah. Kamu nggak perlu khawatir soal harga karena kalau kamu mau custom kemasan jenis ini harganya terjangkau kok.

kemasan-keripik-kekinian
gambar 1
standing-pouch-keripik
gambar 2

Kemasan juga menjadi poin penting yang harus kamu perhatikan dalam berbisnis selain kualitas produkmu lho! Kesan pertama penting supaya pembeli yakin kalau jualanmu trusted. Selain itu, bagi pembeli yang sudah menerima produk, jika suka dengan kemasanmu yang lucu pasti nggak akan segan untuk mengunggahnya ke media sosial kan? Itu bisa jadi keuntungan buat bisnismu karena dipromosikan tanpa kamu perlu membayar mereka.

Soal kemasan sih nggak perlu pusing lagi, kamu bisa ke diKemas.com untuk mendapatkan referensi kemasan. Kalau kamu masih bingung mau mendesain kemasan produkmu seperti apa, dikemas juga bisa bantu lho!

Oh iya, ngomong-ngomong, kamu tertarik bisnis keripik apel nggak nih jadinya setelah baca artikel ini? Atau sekarang kamu sedang menjalankan bisnis sesuatu? Sharing yuk!

 

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar