Cari Kemasan Minuman Ramah Lingkungan? Dikemas.com Aja

Isu pencemaran lingkungan akibat sampah plastik sudah mulai disorot sejak beberapa tahun lalu. Perlahan masyarakat mulai peduli tentang lingkungan. Pola pikir masyarakat sudah lebih bijak dalam menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Tidak hanya sekedar mementingkan soal penampilan dan keunikan. Banyak saat ini pelaku usaha yang sudah mulai beralih menggunakan kemasan ramah lingkungan. Salah satu contohnya adalah pelaku usaha minuman.

Saat ini kemasan ramah lingkungan tidak kalah menarik dengan kemasan plastik. Bahkan kemasan plastik bisa tahan dingin dan panas jadi aman sekali untuk mengemas minuman. Ditambah lagi kemasan dengan bahan kertas tersebut bisa ditambah desain sablon yang akan membuatnya semakin cantik. Tak tanggung-tanggung pelaku usaha milenial sudah banyak yang menggunakan kemasan ramah lingkungan untuk produk minumannya.

Penggunaan gelas kertas atau paper cup sudah lama dilakukan oleh pelaku usaha. Jika dibandingkan dengan gelas plastik penggunaan gelas kertas dianggap lebih aman dan ramah lingkungan. Menariknya gelas kertas ini dapat didaur ulang menggunakan mesin penghancur atau dapat hancur dengan sendirinya. Untuk mempercantik penggunaan kemasan kertas ini bisa ditambahkan desain gambar dan tulisan.

Oleh sebab itu kalian bisa menciptakan ide desain menarik untuk kemasan yang unik dan berbeda dengan kemasan lainnya. Dengan kelebihan yang dimiliki tersebut maka tidak heran jika banyak yang menggunakan kemasan kertas untuk produknya. Tak sedikit pula yang menggunakan kemasan ini selain karena ramah lingkungan bisa digunakan sebagai media promosi. Dengan penggunaan kemasan ramah lingkungan berarti kalian turut membantu mengurangi pencemaran lingkungan.

Kemasan Ramah Lingkungan (Eco-Friendly)

Kemasan eco friendly adalah kemasan yang menggunakan bahan mudah terurai atau dengan kata lain bisa didaur ulang kembali. Eco friendly ini tentu tidak berbahaya bagi lingkungan maupun manusia. Begini ciri dari kemasan ramah lingkungan.

  • Tidak berdampak buruk bagi lingkungan
  • Terbuat dari bahan yang mudah diurai
  • Aman untuk manusia dan lingkungan

Kemasan dengan bahan yang ramah lingkungan biasanya berbahan adalah polypropylene, kardus, karton, bofarm dan bambu.

Dampak Buruk Sampah Plastik

Penggunaan sampah plastik yang berlebihan dapat mengakibatkan berbagai masalah. Ini dia dampak buruk dari penumpukan sampah plastik :

  • Tanah dan makhluk hidup bawah tanah akan tercemar
  • Racun dari partikel plastik dapat meracuni hewan pengurai dalam tanah
  • Bahan kimia yang tidak terurai akan termakan oleh hewan bahkan tumbuhan dan menjadi racun bagi rantai makanannya, tidak menutup kemungkinan manusia
  • Hewan yang memakan sampah akan mati sebab plastik tidak dapat diolah tubuh dan menjadi racun dalam tubuh hewan
  • Sampah plastik yang tidak terurai akan terbang terbawa angin dan dapat mencemari laut, danau dan hutan
  • Hewan bawah tanah dapat terperangkap dalam tumpukan sampah sampai mati
  • Sampah plastik akan menyumbat jalur air sungai maupun bawah tanah
  • Menurunkan kesuburan tanah sebab menghalangi sirkulasi udara dalam tanah dan ruang gerak makhluk bawah tanah

Melihat begitu banyak dampak yang ditimbulkan dari kemasan plastik akan lebih baik jika pelaku usaha sudah mulai memikirkan dampak tersebut dengan mengganti kemasan ramah lingkungan.

Kemasan Minuman Ramah Lingkungan

Berbicara soal kemasan minuman ramah lingkungan dikemas.com juga punya kemasan ramah lingkungan lho guys! mau lihat seberapa cantiknya kemasan minuman ramah lingkungan ini? Ini dia penampakan desain kemasannya :

Kemasan Paper Cup Putih Sablon

Kemasan paper cup berbahan kertas yang bagian dalamnya sudah dilaminasi, sehingga tidak takut bocor ketika digunakan. Papcer cup ini sangat cocok digunakan untuk mengemas minuman panas maupun dingin. Untuk minuman panas disarankan menggunakan ukuran 8oz-12oz. Umumnya untuk tempat minuman kopi, coklat panas. Sedangkan untuk minuman dingin disarankan menggunakan ukuran 16oz-22 oz.

Paper cup diatas menggunakan gelas cup warna putih dengan warna sablon hitam. Kalian bisa pilih mau pakai tinta warna apa saja, namun umumnya menggunakan warna hitam, orange, coklat, merah dan hijau. Kemasan ini bisa disablon satu sisi atau bahkan dua sisi, yakni bagian depan maupun yang belakang.

Umumnya desain kemasan minuman paper cup sablon bagian depan mencantumkan nama brand, nama produk, ilustrasi dan nomor wa atau instagram. Kemudian bagian belakang disablon dengan desain nama atau quote.

Untuk kemasan paper cup ini bagian dalamnya semua sudah food grade jadi aman untuk mengemas minuman panas atau pun dingin. Untuk pembelian paper cup tersebut sudah sekalian dengan tutupnya. Jadi sudah pasti lebih hemat dan tidak pusing cari vendor tutup kemasan paper cup.

Kemasan Paper Cup Hitam Sablon

Kemasan paper cup ini berbahan kertas dengan laminasi pada bagian dalamnya, sehingga sudah aman dan tidak takut bocor ketika digunakan. Papcer cup ini sangat cocok digunakan untuk mengemas minuman panas maupun dingin. Untuk minuman panas disarankan menggunakan ukuran 8oz sampai 12oz. Umumnya ukuran tersebut untuk mengemas minuman kopi, coklat panas. Sedangkan untuk minuman dingin disarankan menggunakan ukuran 16oz sampai 22 oz.

Paper cup diatas menggunakan gelas cup warna hitam dengan warna sablon biru. Menarik dan terkesan unik selain kemasan ramah lingkungan, desain yang kreatif ini membuatnya semakin menarik. Kalian bisa pilih mau pakai tinta warna apa saja, namun umumnya untuk paper cup warna hitam menggunakan tinta warna gold, coklat, putih, hijau muda atau pink. Kemasan ini bisa disablon satu sisi atau bahkan dua sisi, yakni bagian depan maupun yang belakang.

Untuk desain kemasan semua rata-rata hampir sama pada bagian depan menampilkan brand, nama produk, ilutrasi dan varian rasa. Sedangkan untuk bagian belakang ada yang mecantumkan nama pelanggan, quote dan no wa atau instagram.

Tinggalkan komentar