Contoh Kemasan Ramah Lingkungan Solusi Mengurangi Sampah Plastik

Mengurangi sampah plastik memang tidak semudah yang dibayangkan. Bukan hal mustahil untuk mengubah kebiasaan masyarakat yang awalnya menggunakan kemasan plastik beralih pada kemasan ramah lingkungan. Untuk mengajak masyarakat terutama para pelaku usaha makanan maupun minuman tidak mungkin tidak langsung bisa. Upaya untuk mengurangi sampah kemasan plastik bisa dilakukan secara bertahap dan perlahan. Akan tetapi bukan berarti tidak mungkin.

Seperti yang kita tahu kemasan ramah lingkungan adalah kemasan yang menggunakan bahan-bahan yang mudah untuk didaur ulang. Kemasan bisa didaur ulang dan tidak membahayakan lingkungan serta makhluk hidup lainnya. Eco friendly adalah kemasan yang tidak memiliki dampak buruk bagi lingkungan. Bahan utamanya terbuat dari bahan yang mudah diuraikan bahkan dengan proses alami.

Kemasan ramah lingkungan hadir dengan warna coklat yang elegan dan simpel. Meskipun begitu kemasan kertas ini sekarang punya banyak keunggulan. Kemasan ramah lingkungan kini bisa tampil kekinian dengan desain yang klasik dan sederhana. Kemasan tidak mudah bocor atau rembes untuk mengemas produk makanan berminyak atau berkuah. Selain itu kemasan juga sudah food grade dan menggunakan bahan lebih premium sehingga lebih kokoh dan tahan terhadap panas.

Upaya Pengurangan Sampah Plastik

Penggunaan kemasan ramah lingkungan ini adalah salah satu upaya masyarakat, terutama para pelaku usaha untuk mengurangi sampah plastik. Dampak positif dari penggunaan kemasan ramah lingkungan ternyata banyak sekali. Tidak hanya baik untuk lingkungan tapi juga untuk makhluk hidup di bumi. Proses daur ulang yang sangat mudah menjadikan konsumen mulai menyukai kemasan ramah lingkungan yang banyak keunggulan ini.

Keunggulan dari kemasan ramah lingkungan selain aman untuk lingkungan kemasan eco friendly terlihat lebih ekslusif. Warna dari kemasan ramah lingkungan memberikan karakter yang kuat dan elegan. Jika dihitung kemasan ini tergolong kemasan yang harganya cukup terjangkau. Paling utama bagian dalam kemasan juga sudah berstandar food grade sehingga aman digunakan untuk mengemas makanan atau minuman.

Manfaat Penggunaan Kemasan Ramah Lingkungan

Bahan Mudah Diurai

Bahan utama dari kemasan ramah lingkungan tentu menggunakan bahan-bahan yang mudah terurai dan hancur ditanah. Sehingga bisa kembali ke lingkungan dan tidak meninggalkan sampah yang dapat berbahaya bagi lingkungan. Bahan kertas tentu bahan aman untuk digunakan sebab bisa didaur ulang kembali maupun bisa diurai tanah secara alami.

Bahan dan Bentuk Unik

Kemasan ramah lingkungan umumnya memiliki bentuk yang unik. Contoh nya kemasan makanan food pail, lunch box, food tray dan masih banyak lagi. Selain bentuk kemasan unik, kemasan ramah lingkungan adalah kemasan yang memiliki karakter unik. Kenapa unik?

Kemasan ramah lingkungan berbeda dengan kemasan lainnya. Warnanya yang berkarakter membuatnya cukup disukai oleh konsumen, Sehingga nilai tambahnya kemasan ini bisa menarik perhatian lebih. Kemasan ramah lingkungan di dikemas.com ada banyak macamnya yang kalian bisa pilih sesuai kebutuhan.

Food Grade

Penggunaan kemasan box makanan ramah lingkungan sudah pasti aman digunakan. Pastinya tidak mengandung zat yang berbahaya sebab sudah memenuhi standar food grade. Oleh sebab itu ketika digunakan untuk wadah kemasan makanan panas tetap aman. Tidak hanya aman untuk lingkungan tetapi kemasan juga aman digunakan untuk manusia.

Tahan Minyak dan Panas

Kemasan ramah lingkungan bagian dalam kemasan sudah dilaminasi. Jadi tidak takut lagi kalau rembes untuk mengemas makanan berminyak. Kemasan yang sudah food grade sudah pasti aman dan tahan terhadap panas, minyak dan cairan dalam volume sedikit. Berkat dari ketahanan akan minyak dan cairan menjadikan kemasan ramah lingkungan mulai disukai kebanyakan orang.

Ditambah Desain

Kemasan ramah lingkungan yang sudah food grade sudah pasti kualitas bahan kertas premium. Kemasan kertas kini bisa ditambah dengan desain menarik baik dengan cara disablon atau ditempel stiker. Jadi tampilanya tidak hanya polosan, tentunya terlihat jauh lebih menarik dan tidak membosankan. Dengan menggunakan kemasan ramah lingkungan kini tidak perlu takut kalau kemasan berbahan kertas terlihat kuno.

Contoh Kemasan Ramah Lingkungan

Box Pizza

This image has an empty alt attribute; its file name is 5-3-720x720.jpg

Kemasan box ini terbuat dari bahan kertas yang ramah lingkungan. Umumnya disebut dengan box pizza. Bagian dalamnya sudah dilaminasi dan aman untuk tempat makanan. Kemasan ini tampil unik dan elegan dengan warnanya yang sangat khas yang akan membuat produkmu jadi menarik.

Box pizza yang hadir dengan bahan ramah lingkungan juga bisa dibikin lebih menarik dengan desain kekinian. Untuk ukuran box pizza ini bisa custom sesuai kbutuhan. Kalian juga bisa membuat tampilannya jadi lebih mewah dengan kehadiran desain yang menarik. Jenis kemasan ini tidak hanya bisa digunakan untuk tempat makanan tetapi juga untuk tempat fashion.

Paper Bag Craft

This image has an empty alt attribute; its file name is 3-13-720x720.jpg

Kemasan yang satu ini adalah kemasan paper bag. Umumnya kemasan ini digunakan untuk mengemas kue atau roti, kantong sayuran sampa fashion. Kemasan ini cukup unik dan terlihat elegan dengan tambahan desain yang simpel. Jika paper bag umumya mengguanakan tali pegangan pada bagian atas. Jenis paper bag ini unik dan cara membawanya tidak dijinjing.

Kenikan dari kemasan paper bag ini biasanya digunakan untuk mengemas roti, kue, buah, sayur dan aneka camilan. Kalian bisa cetak menggunakan 1 atau 2 warna sesuai dengan keinginan. Umumnya menggunakan tinta warna hitam sebab lebih simpel, desain lebih tegas dan jelas.

Lunch Box

Kemasan kali ini adalah lunch box dengan bahan ramah lingkungan. Dengan bahan kertas yang dilaminasi pada bagian dalamnya sudah food grade. Sudah pasti aman dan tidak akan rembes untuk membngkus makanan yang sifatnya berminyak. Lunch box craft ini selain tampilanya unik dengan bahan kertas yang terlihat semakin estetik.

Bungkus makanan lunch box ini juga tersedia dengan pilihan window yang bisa memperlihatkan produk didalamnya. Kemasan ini juga bisa disablon satu muka dengan pilihan satu warna. Ukurannya tersedia dalam beberapa macam, yakni Small, Medium dan Large. Berikut ini adalah beberapa detail ukuran lunch box :

  • S panjangnya (15cmx10cmx4cm)
  • M panjangnya (16cmx9cmx5cm)
  • L panjangnya (18cmx10cmx5,5cm)

Box Toast

This image has an empty alt attribute; its file name is 3-14-720x720.jpg

Contoh kemasan ramah lingkungan mungil ini namanya box toast dengan bahan dasar kertas coklat dan tentu sudah berstandar food grade. Cocok untuk mengemas roti atau sandwich, tampilannya yang unik akan semakin membuatnya menarik. Pelaku usaha yang pengen pakai box yang satu ini bisa custom ukuran sesuai kebutuhan.

Ricewrap

This image has an empty alt attribute; its file name is 6-3-720x720.jpg

Contoh kemasan ramah lingkungan selanjutnya ada ricewrap. Biasanya makanan burger atau nasi sebelum dikemas dalam paper bag dibungkus dengan ricewrab. Tujuannya agar minyak dan saus tidak berceceran dipaper bag. Oleh sebab itu perlu menggunakan kemasan rice wrap yang satu ini. Kemasan ini bentuknya lembaran kertas yang dilaminasi. Desainnya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Pemilihan warna bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan. Alasan lain dari penggunaan kemasan ricewrap untuk membungkus burger agar lebih rapi dan memudahkan dalam memakannya. Ukuran 22×27 cm. Kemasan ini cocok untuk bungkus nasi, burger, rori dan lain-lain.

Nah itu tadi adalah beberapa contoh kemasan ramah lingkungan yang bisa dijadikan referensi. Buat kalian yang pengen pakai kemasan ramah lingkungan tapi tetap bisa tampil menarik dan kekinian dikemas.com bakalan bantu buatkan desain GRATIS & bonus konsultasi GRATIS. Keuntungan lain yang bisa kalian dapet khusus untuk pengiriman pulau Jawa Gratis Ongkir lho. Buruan mumpung masih promo yuk!

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *