Enak Jadi Camilan, Bisnis Cilok Goreng Kekinian Yuk!

Yang suka makan cilok mana suaranya? Cilok itu makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap (sambal kacang, kecap, dan saus). Berbentuk bulat-bulat seperti bakso, hanya saja beda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya. Rasanya kenyal karena dari tapioka.

resep-membuat-cilok
sumber gambar: Palmia

Oleh karena cilok merupakan salah satu camilan, kamu bisa lho menjadikan ini ladang bisnis. Penggemar makanan ini banyak banget, nggak peduli tua dan muda, kalau enak pasti laris-laris aja.

Resep Membuat Cilok Goreng Kekinian

cilok-goreng
sumber gambar: Fimela.com

Sekarang kamu bisa merealisasikan mimpi jadi enterpreneur dengan terlebih dahulu mengetahui resep membuat cilok gorengnya. Ada beberapa resep cilok serta variannya sih, tapi kali ini kita ngomongin cilok goreng dulu ya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Cilok:
  • Tepung terigu 100 gr
  • Tepung kanji 100 gr
  • Bawang putih 2 siung (haluskan)
  • Merica bubuk 1 sdt
  • Seledri 1 batang (iris tipis)
  • 180 ml air
  • Garam secukupnya
  • Penyedap secukupnya.
Bahan Perendam:
  • 4 sdm saos sambal
  • 2 sdm saos tomat
  • 6 sdm kecap
  • 2 sdm margarin

Cara membuat:

  1. Rebus 180 ml air bersama bawang putih, merica bubuk, garam, serta penyedap sampai mendidih.
  2. Tuang ke dalam wadah berisi tepung terigu dan tepung kanji, uleni sampai kalis. Setelah itu tambahkan irisan seledri, uleni sampai tercampur.
  3. Rebus air dalam panci untuk merebus cilok, tambahkan sedikit minyak supaya cilok tidak lengket satu sama lain.
  4. Rebus cilok sampai mengambang, angkat, tiriskan.
  5. Campur semua bahan perendam di wadah terpisah.
  6. Masukkan cilok yang sudah direbus, masukkan kulkas semalaman, siap digoreng keesokan harinya.

Bagaimana? Mudah bukan bikinnya? Kamu juga bisa mencari resep cilok goreng lainnya. Atau kalau kamu cukup kreatif bisa juga berkreasi sendiri soal varian rasa.

Oh iya kalau kamu serius ingin bisnis cilok goreng maupun varian cilok lainnya, kamu perlu memperhatikan pengemasannya juga lho. Jangan sampai kamu cuma ngebungkus pakai plastik bening that’s a big no. Kalau yang lain pakai kemasan yang kayak gitu, kamu harus kasih gebrakan baru. Justru gebrakan inilah yang akan bikin bisnismu dilirik calon konsumen.

Alasan Pentingnya Memperhatikan Kemasan Bagi Pelaku Usaha

Kemasan cilok jadi kunci penting

Desain kemasan menjadi garda terdepan suatu produk akan dilirik atau tidak oleh konsumen. Apalagi sekarang masyarakat kita didominasi oleh milenial, desain kemasan jadi penting banget untuk bikin produkmu bisa laris manis di pasaran. Menurut hasil survei, pasar milenial lebih mengutamakan desain kemasan ketimbang rasa. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa milenial hobi sekali memamerkan segala sesuatu yang dia konsumsi ke media sosial.

Nah, untuk produk cilok sendiri kemasan yang bisa dipakai supaya tampilan produkmu jadi berkelas adalah dengan paper bowl atau mangkuk kertas. Wujudnya sebelas dua belas sama styrofoam tapi tenang, bahan paper bowl jauh lebih aman dan lebih recommended.

sablon paper bowl ini bikin kemasanmu lebih menarik

Saat ini sudah banyak penyedia jasa produksi kemasan yang bisa membantu UKM meningkatkan nilai jual produknya di pasaran. Salah satunya saja seperti Dikemas.com yang membuka layanan jasa produksi kemasan sesuai dengan jenis produk yang akan dikemas. Sebut saja seperti kemasan gula pasir, kemasan kopi bubuk, kemasan minyak goreng, kemasan snack, dan lain sebagainya.

Biar paper bowl makin kece, biasanya pebisnis meminta untuk dibuatkan desain yang keren mengacu sama bisnis yang dijalankan. Nah, buat kalian yang masih bingung menentukan desain kemasan yang sesuai dengan jenis produk yang kamu pasarkan, konsultasi sama diKemas.com aja! Bisa kami buatkan desain gratis juga jadi kamu nggak usah capek-capek mikir gimana buatnya. Selamat berbisnis, Sobat!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar