Gelas Cup Kertas, Kenali Jenis dan Bahannya untuk Minuman Hangatmu!

Inovasi dalam dunia usaha semakin beragam, bukan hanya inovasi di makanannya namun juga inovasi dalam pengemasannya. Usaha minuman semakin beragam cara pengemasannya. Lebih menarik lagi sekarang ada kemasan paper cup. Kemasan gelas kertas ini bisa digunakan sebagai wadah untuk segala jenis minumanmu.

Kamu sudah tahu jenis kemasan yang satu ini? Jika belum mari mengenal lebih jauh kemasan paper cup atau gelas kertas ini. Paper cup atau gelas kertas pertama kali diproduksi di Indonesia sekitar tahun 1990. Penggunaan paper cup dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang lumayan tinggi.

Gelas kertas ini terlihat ekslusif dan praktis sehingga disukai para pelaku usaha minuman di Indonesia. Penggunaannya beragam, ada yang untuk minuman hangat, minuman dingin, dan makanan tertentu.

Bahan Penyusun Gelas Cup Kertas

bahan penyusun gelas cup kertas

Paper cup sesuai dengan namanya berbahan dasar kertas. Karena untuk mengemas minuman dan makanan, kertas yang digunakan sebagai material penyusun paper cup harus aman dan ramah. Kertas yang digunakan adalah kertas yang tebal dan kokoh, biasanya sejenis kertas karton. Bahan penyusunnya tahan panas sehingga aman digunakan di dalam microwave sekalipun. Karena terbuat dari kertas juga paper cup ringan dan mudah terurai secara alami.

Meski namanya paper cup namun ternyata penyusun kemasan ini tidak hanya kertas saja lho. Di dalam kemasan ini ternyata ada material berupa lapisan plastik yang sangat tipis. Lapisan ini menempel pada bagian dalam kemasan yang bersinggungan langsung dengan produk minuman atau makanan yang dikemas di dalamnya.

Kertas penyusun paper cup ini terbuat dari bahan yang mudah diaplikasikan sablon. Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika ingin memberi sentuhan pada kemasan paper cupmu. Meskipun sablon dapat tercetak sempurna pada kemasan gelas cup kertas ini tidak mencemari minuman atau makanan yang dikemas di dalamnya. Jadi aman ya untuk mengemas produkmu.

Jenis Gelas Cup Kertas

Gelas cup kertas yang selama ini kita tahu hanya berbentuk seperti gelas biasa saja. Namun tahukah kalian kalau ternyata paper cup ini memiliki beberapa jenis yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan produkmu?

1. Hot cup

paper cup hot cup

Sesuai namanya, gelas cup kertas ini biasanya digunakan untuk mengemas minuman atau makanan panas. Dikarenakan untuk mengemas minuman dan makanan panas paper cup ini memiliki lapisan plastik PE atau polyethylene di bagian dalam gelasnya. Lapisan ini fungsinya sebagai lapisan anti air atau waterproof. Dikarenakan lapisan inilah paper cup dapat menampung cairan di dalamnya tanpa bocor atau menyerap ke dalam paper cup.

2. Cold cup

gelas cup kertas cold cup

Jenis gelas cup kertas ini juga sesuai dengan namanya, namun dingin yang dimaksud bukan dingin dibawah 0 derajat. Dingin di sini adalah berada jauh di bawah suhu ruangan sehingga bisa memunculkan embun di sisi luar kemasan. Embun yang muncul di sisi luar kemasan membuat paper cup bisa basah sehingga gelas cup kertas ini dilapisi plastik PE atau polyethylene di sisi dalam dan sisi luar agar embun yang muncul tidak merembes ke sisi dalam kemasan.

3. Single wall

paper cup single wall

Kemasan paper cup ini berdinding tunggal, bisa hot atau cold. Bentuk dari kemasan paper cup ini tinggi dengan diameter cup lebih kecl dibandingkan tinggi cup. Jenis paper cup ini cocok untuk minuman panas maupun minuman dingin, tinggal sesuaikan lapisan plastiknya.

4. Flat wrap

paper cup flat wrap

Paper cup ini memiliki “dinding” ganda, pertama yaitu lapisan/dinding yang merupakan paper cup itu sendiri. Lapisan/dinding kedua adalah kertas yang menjadi pelapis luar. Kertas yang menjadi pelapis luar ini bermaksud sebagai penahan panas dari produk yang dikemas di dalamnya aga konsumen lebih nyaman menggenggam gelas tersebut.

Nah, sekarang sudah tahu kan bahan dan jenis-jenis dari gelas cup kertas yang dapat kamu jadikan kemasan untuk minumanmu. Sudah tah kan mana paper cup yang tepat untuk mengemas minuman hangat dan minuman dingin?

Sudah menentukan paper cup untuk produk minumanmu? Yuk langsung hubungi saja Dikemas.com, apapun pertanyaan dan keinginanmu untuk paper cup Dikemas.com punya jawabannya!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar