Ide Kemasan Super Kece Buat Usaha Keripik Ubi Ungu!

Usaha keripik ubi ungu masih punya peluang yang menjanjikan. Produksinya juga mudah, membuat keripik ubi ungu bisa dimulai dari skala rumahan. Keripik masih menjadi camilan favorit semua umat. Mulai dari anak-anak hingga usia dewasa menjadikan keripik untuk teman nyemil saat santai. Termasuk salah satunya keripik ubi ungu. Pada dasarnya ada beragam rasa yang ditawarkan oleh setiap jenis keripik. Mulai dari rasa asin, pedas, gurih hingga manis.

Peluang Usaha Keripik Ubi Ungu

Nah kalau ngomongin keripik yang manis-manis, udah pasti keripik ubi ungu akan masuk dalam jajaran paling banyak penggemarnya. Gimana enggak? Keripik dari tanaman umbi-umbian ini punya manfaat yang baik buat kesehatan kalau dibandingkan dengan keripik manis lainnya. Rasa manis yang ditawarkan keripik ubi ungu ini alami dan tidak terlalu kuat, tanpa pemanis buatan dan penambah rasa. Jadi nggak heran kalau keripik ubi ungu aman dikonsumsi semua orang. Jadi siapa sih yang nggak tergoda sama kerenyahan dan kenikmatan rasa dari keripik ubi ungu ini?

Berhubung peminat keripik manis dengan warna menggoda ini banyak, udah pasti peluang usaha camilan yang satu ini juga menggiurkan ya? Kamu tertarik buat cobain usaha keripik ubi ungu ini? Untuk memulai usaha keripik ubi ungu ini tentunya kamu perlu persiapan dan perencanaan. Mulai dari proses produksi dengan bahan berkualitas sampai strategi pemasarannya. Inilah beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan dalam menjalankan usaha keripik ubi ungu.

Resep Keripik Ubi Ungu

Bahan

– 1 kg ubi ungu

– 200 gram gula pasir

– Air kapur sirih 2 sdm

– Minyak goreng secukupnya

– Air bersih secukupnya

Cara Pembuatan

1. Kupas kulit ubi ungu dan cuci sampai bersih kemudian tiriskan.

2. Iris ubi tipis-tipis menggunakan alat pemotong agar potongannya bisa sama.

3. Siapkan wadah, masukkan air kapur sirih dan air bersih. Kemudian rendam ubi ungu yang sudah diiris ke dalam campuran air kapur sirih.

4. Rendam kurang lebih selama 2 jam, angkat dan tiriskan.

5. Susun di atas wadah dan jemur di atas terik matahari hingga kering sempurna.

6. Siapkan wadah, masukkan gula pasir dan air bersih aduk rata hingga gula pasir larut.

7. Tambahkan ubi ungu yang sudah dijemur ke dalam larutan tersebut. Aduk hingga rata.

8. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Kemudian goreng ubi ungu hingga kering dan matang. Angkat dan tiriskan.

9. Masukkan ke dalam wadah kedap udara. Bisa kemasan snack atau toples.

10. Keripik ubi ungu siap disajikan dan dipasarkan.

Strategi Pemasaran Usaha Keripik Ubi Ungu

Semua jenis usaha sudah pasti perlu yang namanya strategi pemasaran. Begitu juga dengan usaha  keripik ubi ungu yang kamu jalankan. Di mana strategi pemasaran usaha kuliner camilan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kamu bisa menerapkan strategi konsinyasi atau menitipkan camilan keripik ubi ungu ke tempat lain. Misalnya ke warung, mini market, atau toko pusat oleh-oleh. Kemudian kamu bisa manfaatkan media sosial seperti instagram dan facebook sebagai alat promosi. Selain itu manfaatkan juga marketplace sebagai toko online untuk menjual keripik ubi ungu. Sekarang juga sudah tersedia aplikasi layanan pesan antar di mana kamu bisa mendaftar sebagai mitra toko. Tanpa perlu offline store, keripik ubi ungu bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

Kemasan Keripik Ubi Ungu

Ada banyak jenis kemasan keripik ubi ungu yang bisa kamu pilih. Tapi umumnya, yang banyak dipakai untuk mengemas produk keripik adalah kemasan standing pouch. Selain lebih simple dan ekonomis, dari segi tampilan dan desain juga lebih menarik. Berikut ini jenis kemasan keripik ubi ungu standing pouch yang bisa kamu pilih.

1. Kemasan Aluminium Foil

Kemasan Aluminium Foil
https://dikemas.com/

Terbuat dari bahan aluminium foil dengan ketebalan 125 mikron. Daya tahannya terhadap pancaran sinar matahari dan kemampuannya mencegah kontaminasi udara luar cukup bagus. Kemasan standing pouch aluminium foil ada beragam variasinya mulai dari zipper, valve, dan kombinasi dari keduanya. Cocok untuk kemasan keripik ubi ungu, aneka keripik lainnya, kopi, sampai gula semut!

2. Aluminium Foil Window

Aluminium Foil Window
https://dikemas.com/

Kemasan standing pouch ini berbahan dasar aluminium foil untuk semua bagiannya. Sifat aluminium foil yang melindungi membuat produk tetap terjaga kualitasnya. Kemasan stand pouch aluminium foil window memiliki jendela atau window untuk memperlihatkan produk yang ada di dalamnya. Jenis kemasan ini juga banyak disukai konsumen karena melindungi produk sekaligus menarik perhatian konsumen dengan cara memperlihatkan produk di dalamnya.

3. Aluminium Paper Printing

Aluminium Paper Printing
https://dikemas.com/

Kemasan standing pouch aluminium paper printing terbuat dari bahan aluminium foil di bagian dalam dan bagian luar dilaminasi art paper yang bisa diprint dengan desain brand produk sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk kemasan aluminium paper printing ini bagian dalamnya dilapisi bahan aluminium foil dengan dilaminasi art paper printing dengan tampilan glossy maupun doff.

4. Kemasan Paper Craft

Kemasan Paper Craft
https://dikemas.com/

Sama seperti kemasan aluminium paper, bedanya bagian luar kemasan craft alufoil berwarna krem seragam. Sementara bagian dalam berbahan aluminium foil yang mengkilap. Sehingga tetap bisa melindungi produk dari paparan sinar matahari meskipun bagian luarnya berbahan kertas craft. Kemasan craft alufoil ini sangat cocok untuk desain kemasan keripik ubi ungu dengan konsep yang simpel dan minimalis. Untuk teknik cetak desain kemasan menggunakan teknik sablon. Jadi sangat cocok untuk kebutuhan pesanan kemasan mendesak karena proses pengerjaannya lebih cepat.

5. Kemasan Paper Craft Window

Paper Craft Window
https://dikemas.com/

Sebagai kemasan dari bahan kertas, paper craft window tampil dengan dua kelebihan sekaligus. Pertama yang sudah pasti adalah kemasan ramah lingkungan. Kedua, kelebihannya adalah merupakan kemasan eksklusif dengan bagian window atau jendela transparan pada kemasan. Kalau produk keripik ubi ungu dikemas dengan paper craft window tentu akan makin menarik konsumen dengan sebagian isi produk yang terlihat dari luar kemasan.

6. Standing Pouch Plastik

Kemasan plastik dengan bahan yang transparan, tentu akan memudahkan konsumen melihat secara jelas isi produk keripik ubi ungu yang akan kamu jual. Bentuk dan warna keripik yang mencolok atau eye catching menjadi kunci apakah akan berhasil atau tidak kamu merayu calon konsumen melalui kesan pertama tersebut. Sebab kesan pertama adalah hal yang sangat penting untuk memikat konsumen untuk membeli suatu produk. Pemilihan kemasan yang tepat merupakan bagian dari membangun kesan pertama yang baik dan menarik.

Udah mulai kebanyang kan kemasan keripik mana yang bakal kamu pilih nanti? Kalau baru merintis usaha keripik ubi ungu, diKemas.com adalah jasa cetak kemasan keripik yang tepat buat kamu. Karena minimal order terjangkau, bebas biaya konsultasi, desain, dan bisa gratis ongkir ke berbagai wilayah. Yuk konsultasikan kemasan keripik yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar