Ide / Inspirasi Kemasan

Kantong Kopi Kertas, Mau Pilih Model Kemasan yang Mana?

Kantong Kopi Kertas, Mau Pilih Model Kemasan yang Mana

Kantong kopi kertas atau bisasa juga dikenal dengan kemasan kopi kertas mulai banyak digemari oleh pelaku bisnis kopi. Sebab saat ini penggunaan plastik memang sudah mulai dibatasi. Baik itu yang digunakan untuk mengemas makanan dan minuman maupun tempat yang digunakan untuk menaruh belanjaan. Terutama dalam hal kemasan makanan dan minuman memang penggunaan plastik kini sudah beralih ke kemasan yang menggunakan bahan lain.

Seperti halnya banyak produsen makanan atau minuman yang menggunakan paper bag. Mereka lebih memilih menggunakan paper bag karena lebih ramah lingkungan serta harganya pun masih terjangkau dibandingkan dengan bahan lainnya. Begitu pula dengan kemasan kopi bubuk saat ini juga sudah banyak produsen yang beralih menggunakan paper bag. Alasannya karena kantong kopi kertas dinilai lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan kemasan bahan plastik.

Kantong Kopi Kertas

Paper bag memang merupakan salah satu bahan kemasan yang ramah lingkungan jika dibandingkan dengan kantong plastik. Paper bag merupakan tas sederhana yang terbuat dari kertas. Bahan kertas yang digunakan tentu saja bukan sembarang kertas. Ada beberapa jenis kertas yang memang khusus digunakan untuk pembuatan kantong kopi kertas seperti kertas kraft, art carton atau brown kraft. Walaupun kantong kopi ini berbahan dasar dari kertas, namun daya tahan yang dimilikinya terbilang cukup baik. Pada dasarnya paper bag muncul tujuannya untuk mengurangi penggunaan plastik. Sebab kemasan bahan plastik dinilai tidak ramah lingkungan dikarenakan sulit untuk diurai atau membutuhkan waktu yang lama untuk proses penguraian.

Berbeda dengan paper bag yang mudah terurai. Selain itu paper bag juga memiliki nilai estetika dan inovasi tersendiri karena lebih bisa dieksplorasi dalam hal desain kemasan kopi. Jadi  tidak heran, kalau para pelaku bisnis kopi menggunakan kantong kopi kertas ini untuk mengemas kopi racikan mereka. Sebagai pebisnis kopi mereka akan lebih mudah untuk mendesain kemasan kopi bubuk agar lebih menarik minat para pecinta kopi. Bahkan sekarang banyak para produsen kopi lokal seperti kopi aceh, kopi lampung dan kopi yang berasal dari daerah lain, menggunakan kantong kopi kertas ini.

Jenis-Jenis Kertas Yang Digunakan Untuk Kantong kopi kertas

Pada umumnya, banyak jenis kertas yang biasa digunakan untuk membuat kantong kopi kertas. Berikut beberapa jenis kertas yang bisa digunakan untuk membuat paper bag khususnya kopi.

Kertas Kraft

Jenis kertas yang satu ini memiliki sifat kuat serta banyak digunakan untuk membuat kantong kertas berukuran besar. Kertas ini terbuat dari kayu kraft yang berasal dari Swedia dan Jerman. Di mana dalam pengolahannya dicampur dengan bubur sulfat. Dengan menggunakan kertas ini maka kopi yang kamu kemas akan tetap kering, terlebih jika permukaannya dilem dengan menggunakan resin.

Bahan Kertas Perkamen

Kertas ini memiliki sifat dapat menjaga ketahanan lemak. Selain itu memiliki kekuatan basah atau yang sering disebut wet strength yang baik walaupun dalam air mendidih. Permukaan dari kertas perkamen ini bebas serat, translusid, dan transparan. Tidak heran jika kertas ini juga sering kali disebut sebagai kertas glasin. Kertas bahan ini tidak memiliki daya hambat yang baik terhadap gas, kecuali kertas ini telah dilapisi dengan bahan tertentu.

Kertas Artcarton

Bahan kertas ini memiliki sifat yang halus, dua permukaan yang licin serta berwarna putih cerah. Ketebalan dari kertas ini pun mulai dari 190 gsm sampai 310 gsm. Serta memiliki 2 ukuran dimensi plano yaitu 65 x 100 cm dan 79 x 109 cm. Kalau kamu menggunakan kertas artcanton ini untuk kemasan kopi bubuk maka kamu akan mendapatkan hasil desain yang maksimal. Tidak heran kalau bahan kertas ini banyak diminati oleh konsumen.

Bahan Kertas Ivory

Kertas ivory ini memiliki satu bagian yang licin. Gramatur serta ketebalan dari kertas ini mulai dari 210 gsm sampai 260 gsm. Dengan demikian kalau kamu menggunakan kertas ini untuk kemasan Kopi Lampung atau kemasan Kopi Aceh, bahan kertas ini cukup untuk menahan produk anda dengan baik.

Keuntungan Menggunakan Kantong Kopi Kertas

Kantong kopi kertas memang merupakan salah satu produk kemasan kopi bubuk yang paling banyak diminati oleh para produsen. Jadi sudah banyak yang menggunakan paper bag untuk mengemas kopi. Bahkan saat ini cukup populer baik itu di kalangan industri kopi sendiri maupun di kalangan para penikmat kopi. Mereka merasa dengan menggunakan kemasan paper bag ini terlihat memiliki kesan yang artistik serta lebih menarik digunakan untuk membungkus kopi.

Kemasan yang menggunakan bahan dasar kertas pada umumnya dilengkapi dengan zipper dan valve. Dengan demikian, kesegaran kopi pun tetap akan terjaga dalam kurun waktu yang lama. Selain itu kemasan kopi yang menggunakan bahan kertas juga tersedia dalam berbagai ukuran. Sehingga para produsen bisa memilih ukuran paper bag yang akan mereka gunakan untuk mengemas hasil racikan kopi.

Kantong kopi kertas juga mudah untuk didesain, sehingga terlihat lebih menarik untuk menumbuhan minat pecinta kopi dalam merasakan kenikmatan serta kesegaran dari kopi hasil racikan para produsen. Tidak heran jika saat ini banyak kantong kopi kertas ditemukan di supermarket maupun di tempat perbelanjaan lain untuk berbagai produk racikan kopi. Sebab selain keuntungan yang bisa produsen dapatkan seperti yang disebutkan sebelumnya, harga dari paper bag untuk pembungkus kopi juga terbilang cukup terjangkau.

Model Kantong Kopi Kertas

Untuk jenis kantong kopi kertas modelnya ada beragam. Pemilihan model kemasannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan sesuai branding produk yang akan dibangun.

Kemasan Gusset

Kemasan Gusset
https://dikemas.com/

Kalau kemasan kopi gusset pouch memiliki bentuk yang unik sehingga bisa membuat produk kopi menjadi lebih menarik. Kemasan kopi gusset pouch tidak memiliki zipper. Tapi kemasan gusset pouch ini memiliki item pengganti sebagai pengikat kemasan. Gusset pouch tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Ketebalan yang ideal untuk mengemas kopi secara umum dengan kemasan gusset pouch adalah 125 mikron. Ketebalan tersebut berfungsi untuk menjaga kualitas kopi dan menjaga ketahanan kemasan dengan kualitas printing yang terbaik.

Standing Pouch Kertas

Standing Pouch Kertas
https://dikemas.com/

Kemasan ini dapat memberikan kesan yang eksklusif. Apalagi jika memilih kemasan standing pouch kertas dengan zipper yang terlihat lebih istimewa untuk tempat kopi. Zipper dapat menjadi penutup kemasan standing pouch yang akan menjamin kualitas produk. Sebab kopi yang dibeli umumnya tidak hanya sekali minum saja tetapi jumlahnya banyak dan dapat digunakan hingga beberapa gelas. Bubuk kopi atau biji kopi yang tidak langsung habis akan disimpan untuk diseduh kembali.

Kemasan Flat Bottom

Flat Bottom
https://dikemas.com/

Flat bottom pouch merupakan jenis kemasan yang paling digemari oleh para pebisnis kopi. Kemasan flat bottom pouch adalah kombinasi dari kemasan standing pouch dan kemasan gusset pouch. Bentuk kemasan flat bottom pouch adalah paduan antara kemasan berbentuk gusset yang menggunakan zipper sebagai penutup.

Sekarang kamu sebagai pebisnis kopi sudah semakin dimudahkan dalam mendapatkan kantong kopi kertas. Apalagi dengan kemajuan teknologi internet seperti sekarang di mana cetak kemasan produk kopi bisa dilakukan secara online. Yuk konsultasikan model kantong kopi kertas yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak diKemas.com di bawah ini!