Kelebihan Kemasan Sachet Aluminium Foil Untuk Kemasan Kopi

Citarasa dan kualitas kopi, tentu harus dijaga sedemikian rupa agar tidak turun performanya ketika sampai ke tangan konsumen. Salah satu bentuk kemasan yang paling sering kita jumpai di pasaran yaitu kemasan sachet. Kemasan sachet pun banyak macamnya, mulai dari yang dijual seribuan, sampai yang belasan ribu, pemilihan bahan kemasan sachet kopi perlu diperhitungkan dengan matang.

Bahan kemasan sachet kopi yang umum dipakai yaitu kemasan sachet metalize, dan kemasan sachet aluminium foil. Sekilas tampak sama, dengan warna grey/abu-abu, bedanya kalau kemasan metalize tampak mengkilat, sedangkan kemasan aluminium foil tidak mengkilat.

Apa kelebihan kemasan sachet aluminium foil dibanding kemasan sachet metalize?

paper-cup-baner-web

Berdasar penuturan rekan-rekan pelaku usaha kopi, kemasan sachet aluminium foil memiliki kemampuan yang baik dalam menyekat produk terhadap gas dan udara luar serta melindungi terhadap perubahan temperature yang tidak menentu. Alhasil, kualitas kopi dapat terjaga dalam waktu lama, seperti aroma kopi yang tidak berubah, dan bubuk kopi yang tidak mudah menggumpal.

Kemasan sachet alufoil memiliki kelebihan:

  • Memiliki daya simpan tinggi
  • Kuat dan tidak mudah sobek
  • Tahan terhadap proses pemanasan sterilisasi
  • Resisten terhadap penetrasi lemak, minyak atau komponen makanan lainnya
  • Tahan terhadap sinar UV

Bagaimana dengan Metalize?

Sebetulnya bahan penyusun metalize ini sama, hanya saja lapisan alufoilnya tidak sebanyak kemasan aluminium foil. Dan hampir 80% kemasan dipasaran menggunakan bahan ini. Kopi seribuan yang banyak dijual dipasaran, rata-rata menggunakan bahan ini. Bedanya, karena lapisan alufoilnya tipis, tentu daya tahan terhadap lingkungannya tidak sebaik alufoil, oksigen masih bisa masuk dalam waktu tertentu.

Tinggalkan komentar