Kemasan Kopi Haruskah Kedap Udara? Cari Tahu Jawabannya Disini!

Tak hanya sensasi rasanya saja yang digilai hampir seluruh masyarakat di berbagai belahan dunia, ternyata aroma kopi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat kopi. Pasalnya, cita rasa secangkir kopi tidak akan terasa nikmat jika tak dibarengi dengan aroma khas dari kopi tersebut.

Padahal, umumnya bubuk kopi yang banyak dijual aromanya hanya bisa bertahan sekitar dua sampai tiga hari setelah kemasan kopi dibuka. Inilah yang membuat aroma kopi yang telah dibuka kemasannya, tak lagi seharum seperti baru pertama kali dibuka.

Sayangnya, sampai saat ini belum banyak pebisnis kopi yang memperhatikan detail kemasan kopi dengan baik. Meski awalnya dianggap sepele, namun pemanfaatan kemasan kopi kedap udara ternyata bisa mempertahankan kualitas rasa dan aroma dari kopi. Jika salah dalam menentukan jenis bahan kemasan, perlahan-lahan kualitas rasa dan sensasi aroma kopi yang mantap akan menghilang.

paper-cup-baner-web

Untuk itu, dibutuhkan kemasan yang bisa menjamin bertahannya kualitas dari kopi tersebut. Saat akan memasarkan produk kopi, perhatikan kemasan yang Anda gunakan. Pilihlah kemasan kopi yang bersegel dan kedap udara (Gas-flushed sealed foil packaging). Oksigen yang masuk dalam suatu kemasan kopi akan menyebabkan kopi menjadi lebih cepat hilang aroma dan cita rasanya. Kemasan produk kopi yang kedap udara dan bersegel akan membantu mempertahankan kualitas kopi.

Ketika proses penyegelan berlangsung, mesin akan mengaliri kemasan kopi dengan nitrogen sehingga oksigen dalam kantung kemasan bisa dikeluarkan. Dengan demikian, kesegaran dan kualitas kopi akan terjaga dan bertahan lebih lama. Namun, ketika segel kemasan dibuka, maka bubuk kopi yang terdapat pada kemasan akan teroksidasi oleh oksigen di udara. Inilah yang menyebabkan kesegaran dari bubuk kopi tersebut menurun.

Sebagai produsen maupun pemasar produk kopi, kamu bisa mensiasatinya dengan memilih kemasan kopi seperti model stand up pouch dengan zipper, atau bisa juga memilih kemasan kopi model sachet (three side seal maupun center seal) yang dikemas dengan mesin pengemas otomatis, dengan begitu bubuk kopi tidak terlalu lama terkontaminasi oksigen yang bisa menghilangkan aroma khasnya. Dengan begitu, kualitas rasa asli kopi bisa tetap terjaga.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar