10 Kemasan Kopi Ini Tak Hanya Sedap di Mata Tapi Jaga Kualitas Rasa

Belakangan ini kopi asli Indonesia semakin digemari banyak orang. Bahkan tak hanya konsumen dalam negeri, cita rasa kopi Indonesia kini semakin diakui dunia. Inilah yang menjadikan kopi sebagai satu lahan produk komoditas bisnis yang menggiurkan. Peluang ini tentu memicu persaingan antar pengusaha kopi. Terbukti, kini persaingan pasar kopi tidak hanya sekedar kualitas dari kopi saja, melainkan desain kemasan kopi juga mengambil peran untuk meningkatkan daya tarik dan menambah nilai jual dari kopi itu sendiri.

Banyak pengusaha kopi yang masih kebingungan untuk memilih desain kemasan yang sesuai permintaan pasar. Terlebih, pasar sekarang semakin dinamis dan membutuhkan strategi pemasaran yang dapat menjadikan sebuah produk sebagai Buzz Marketing.

Salah satu strategi pemasaran yang bisa dijalankan pengusaha kopi yaitu menciptakan desain eksklusif untuk bungkus kopi mereka. Sedikitnya, ada 10 desain kemasan eksklusif yang bisa kalian pilih untuk meningkatkan daya jual produk kopi kamu di mata calon konsumen.

Kemasan Kopi Model Stand Up Pouch Paper

Kemasan Stand Up Pouch Kopi

Bungkus kopi yang satu ini sering disebut dengan nama kemasan stand up pouch atau kemasan standing pouch, karena bentuk kemasannya memiliki bottom di bawahnya sehingga bisa berdiri sendiri. Dilengkapi dengan zipper klip dibagian atasnya, kemasan stand up pouch kopi jadi alternatif tepat buat para penjual bubuk atau biji kopi dengan takaran gramasi cukup besar, mulai dari 50 gram – 1.000 gram dalam setiap kemasannya.

Kemasan Kopi Cup Joco

Kemasan Cup Joco

Tampilannya yang unik membuat kemasan seperti kopi cup  Joco ini paling banyak diminati. Selain termasuk salah satu eco packaging karena terbuat dari bahan kertas, kemasan ini juga sangat menarik mata jika di display di rak-rak toko retail modern.

Desain Kemasan Cafeology

desain kemasan cafeology

Tak kalah unik dengan kemasan produk kopi Joco, bungkus kopi cafeology ini juga mengusung tema eco packaging. Salah satu caranya dengan menggunakan kaleng dan bungkus kantong goni dengan ukuran kecil, serta luarnya dikemas lagi dengan kemasan box kopi dengan desain yang menarik.

Kemasan Flat Bottom Kopi

Kemasan Flat Bottom Pouch

Nah, satu lagi kemasan biji  atau bubuk kopi yang saat ini lagi diburu banyak konsumen adalah kemasan flat bottom. Biasanya kemasan ini bisa dilengkapi dengan lubang valve sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa harus membuka segel kemasan flat bottom.

Kemasan JJ Royal

Kemasan Kopi JJ Royal

Kemasan JJ Royal ini memang berbeda dengan bungkus kopi pada umumnya, bentuknya menyerupai toples tapi bisa dibuka dan ditutup kembali dengan rapat. Sehingga aroma kopi yang berada di dalam kemasan masih bisa terjaga kualitasnya.

Kemasan Gusset Kopi

Kemasan Side Gusset

Kemasan Mother Earth Coffee Co. ini juga menggunakan kemasan gusset kopi berbahan baku metalize dengan tambahan lubang valve di bagian depannya. Untuk memudahkan konsumen dalam membedakan varian jenis kopi yang dipasarkan, produsen kopi tersebut sengaja membuat 3 warna kemasan yang berbeda, disesuaikan dengan ketiga jenis kopi unggulan yang mereka pasarkan.

Kemasan Box Kopi

kemasan kopi box

Ternyata kemasan box kopi juga masih cukup efektif untuk menarik minat calon pembeli. Biasanya kemasan box printing dipakai sebagai kemasan secunder (kemasan luar), sedangkan bagian dalamnya dikemas menggunakan kemasan sachet polos atau kemasan kantong alumunium foil polos.

Side Gusset Pouch Packaging

Side Gusset Pouch Packaging

Selain kemasan gusset kopi model center seal, ternyata kemasan side gusset seperti ini juga cukup menarik. Agar terlihat lebih unik, beberapa produsen kopi juga memilih kemasan side gusset kopi yang ada window (lubang plastik bening) dibagian depannya, jadi konsumen bisa melihat kualitas biji kopi yang ada di dalamnya.

Paket Kemasan Box Kopi Paradise

Kemasan Box Kopi Paradise

Mengusung tema vintage, ternyata juga memberikan kesan yang sangat unik pada kemasan box kopi Paradise ini. Tak tanggung-tanggung, kemasan box kecil di dalamnya juga sengaja di desain dengan unik sesuai dengan varietas kopi yang ditawarkan.

Kemasan Side Gusset with Valve

Kemasan Side Gusset with Valve

Yang terakhir ini kemasan gusset printing dengan penutup model tien tie. Untuk kemasan gusset memang tidak ada tambahan zipper klipnya, tapi untuk memudahkan konsumen menutup kembali kantong setelah terbuka, bisa menggunakan model penutup tien tie.

Sepuluh kemasan eksklusif di atas, bisa jadi salah satu inspirasi buat kamu yang masih bingung mencari desain kemasan untuk kopi yang eksklusif. Yang terpenting, pilihlah bentuk desain kemasan produk kopi yang sesuai dengan target pasar yang diinginkan. Karena desain dan tampilan kemasan kopi juga mempengaruhi harga jual produk di pasaran.

Tinggalkan komentar