Kemasan Produk Kopi, Ini yang Paling Populer di Indonesia!

Kemasan produk kopi merupakan hal yang sangat penting untuk mengemas racikan kopi kamu agar lebih bernilai. Sebab sekarang ini kemasan bukan hanya sebatas pembungkus atau wadah produk saja. Lebih dari itu kemasan sudah menjadi bagian dari identitas suatu produk. Termasuk untuk produk kopi racikan kamu. Beberapa hal perlu kamu perhatikan sebelum memilih kemasan produk kopi, sebab tidak semua jenis kemasan akan cocok untuk mengemas racikan kopi. Tergantung jenis kopi apa yang kamu jual. Apakah kopi bubuk, roasted bean, atau justru green bean. Tapi sejauh ini di Indonesia sudah banyak terdapat jada cetak kemasan produk kopi yang bisa membantu kamu untuk memiliki kemasan kopi terbaik sesuai jenis kopi yang dijual. Bahkan kamu bisa dibantu dalam pembuatan desain kemasan.

Kemasan Produk Kopi Paling Populer

Kalau bicara tenang kemasan produk kopi terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bahan dan modelnya. Tentunya dalam pemilihan kemasan produk kopi juga harus disesuaikan dengan karakteristik produk kopi itu sendiri. Misalnya produk yang dijual adalah kopi bubuk maka kemasannya tentu akan berbeda dengan produk kopi dalam bentuk roasted bean. Maka dari itu selain mempertimbangkan desain kemasannya lebih diutamakan memilih kemasan sesuai dengan karakteristik produk. Berikut ini beberapa jenis kemasan produk kopi yang paling populer di dunia perkopian nusantara.

paper-cup-baner-web

1. Kemasan Produk Kopi Standing Pouch Alufoil

Kemasan Alufoil
https://dikemas.com/

Jenis kemasan ini banyak digunakan untuk mengemas produk kopi. Kemasan standing pouch alufoil sesuai namanya terbuat dari bahan aluminium foil dengan ketebalan 125 mikron. Daya tahannya terhadap pancaran sinar matahari dan kemampuannya mencegah kontaminasi udara luar cukup bagus. Kemasan standing pouch alufoil ada beragam variasi mulai dari zipper, valve, dan kombinasi dari keduanya. Jenis yang tepat untuk kemasan kopi aceh gayo adalah standing pouch alufoil valve. Sebab kemasan jenis ini berfungsi untuk mengeluarkan gas CO2 yang dihasilkan oleh kopi saat berada di dalam kemasan kopi.

2. Kemasan Kopi Gusset Pouch

Kemasan Kopi Gusset Pouch
https://dikemas.com/

Kalau kemasan kopi gusset pouch memiliki bentuk yang unik sehingga bisa membuat produk kopi menjadi lebih menarik. Kemasan kopi gusset pouch tidak memiliki zipper. Tapi kemasan gusset pouch ini memiliki item pengganti sebagai pengikat kemasan. Kemasan gusset pouch tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Ketebalan yang ideal untuk mengemas kopi aceh dengan kemasan gusset pouch adalah 125 mikron. Ketebalan tersebut berfungsi untuk menjaga kualitas kopi dan menjaga ketahanan kemasan dengan kualitas printing yang terbaik.

3. Kemasan Kopi Flat Bottom Pouch

Flat Bottom
https://dikemas.com/

Flat bottom pouch merupakan jenis kemasan yang paling digemari oleh para pebisnis kopi. Pilihan warna untuk jenis kemasan flat bottom pouch juga beragam. Mulai dari kemasan flat bottom pouch warna silver, gold, hitam, putih, dan warna cokelat kertas. Kemasan flat bottom pouch adalah kombinasi dari kemasan standing pouch dan kemasan gusset pouch. Bentuk kemasan flat bottom pouch adalah paduan antara kemasan berbentuk gusset yang menggunakan zipper sebagai penutup.

4. Kemasan Produk Kopi Paper Craft

Kopi Paper Craft
https://dikemas.com/

Jenis kemasan kopi paper craft adalah salah satu produk kemasan yang paling banyak diminati oleh para pebisnis kopi saat ini. Kemasan dengan bahan kertas ini kini telah menjadi pilihan alternatif yang cukup populer. Jenis kemasan kopi paper craft banyak dipilih oleh para pebisnis kopi karena memiliki kesan artistik dan dianggap lebih menarik sebagai pembungkus produk. Kemasan paper craft memiliki beberapa ukuran mulai dari 70 gram sampai dengan 200 gram. Lapisan bagian dalam dari kemasan paper craft adalah aluminium foil dengan standarisasi food grade. Maka dari itu akan aman untuk menyimpan bahan pangan termasuk kopi.

5. Kemasan Kopi Plastik Standing Pouch

Plastik Standing Pouch
https://dikemas.com/

Sesuai namanya kemasan ini berbahan plastik dengan model vertikal berdiri. Kemasan plastik standing pouch akan membuat produk kopi tampil makin menarik karena produk kopi bubuk maupun biji kopi bisa terlihat. Dari segi harga kemasan plastik standing pouch ini juga lebih terjangkau. Sekarang kemasan kopi plastik standing pouch bentuk dan ukurannya makin beragam. Seperti adanya fitur zipper lock yang cocok untuk produk yang tidak sekali habis seperti produk kopi.

Jenis Laminasi Kemasan

Untuk kemasan kopi jenis paper craft, alumunium foil, dan flat bottom akan dicetak dengan laminasi. Ada dua jenis laminasi pada cetakan kemasan kopi yang bisa kamu pilih yaitu antara Doff atau Glossy. Keduanya sudah pasti punya perbedaan ketika digunakan untuk mencetak kemasan kopi. Laminasi Glossy adalah jenis pelapisan dengan hasil akhir mengkilap dan memberikan tampilan lebih mencolok dengan cara memantulkan cahaya dari permukaannya. Sementara kalau laminasi Doff itu pelapisan dengan hasil akhir cetakan yang redup dan menimbulkan efek yang lebih elegan dan berkelas. Laminasi Doff yang tidak mencolok punya kesan yang bisa memperlihatkan kemewahan dan daya tariknya tersendiri.

Kemasan Doff

Print Kemasan Kopi Doff
https://dikemas.com/

Laminasi Doff memberikan efek sentuhan yang tenang dan berkualitas tinggi. Bagus untuk desain kemasan kopi dengan kesan pertama yang mendalam. Untuk laminasi jenis ini dapat digambarkan sebagai hasil akhir yang lebih mewah. Saat ini, Doff merupakan pilihan yang lebih ekslusif dan sangat populer bagi mereka yang menginginkan tampilan dengan nuansa elegan. Perasaan yang tenang menjadikan pengalaman untuk menonton yang menyenangkan. Doff juga akan memberikan kesan yang lebih alami.

Tapi hasil akhir yang tidak memantulkan cahaya tentu mengurangi intensitas. Pada warna yang lebih gelap dapat menghasilkan kontras yang lebih rendah. Menerapkan Doff pada kemasan kopi yang memiliki barcode dapat membuat pemindaian lebih mudah. Permukaannya juga memungkinkan pengguna untuk menulis ketika diperlukan. Sedangkan Glossy sulit untuk ditulis dengan tangan. Tapi goresan dan lipatan pada print kemasan kopi Doff menjadi lebih rentan. Begitu juga terhadap noda dan tumpahan.

Kemasan Glossy

Cetakan Glossy
https://dikemas.com/

Laminasi Glossy menambahkan tampilan mengkilap pada cetakan kemasan kopi. Pelapisan ini menimbulkan kesan dengan meningkatkan warna tinta yang mendasarinya. Dengan efek kemilau dan kontras yang tinggi, Glossy bisa ditujukan untuk menarik mata. Jenis ini banyak diterapkan pada media-media promosi salah satunya kemasan. Ciri khasnya dengan warna, tulisan, dan gambar yang menjadi lebih tajam. Glossy reflektif menarik perhatian dan menyiratkan produk lebih banyak. Jenis Glossy ini juga tahan lama karena bebas debu dan sidik jari. Ketika bersentuhan dengan debu di permukaannya, maka dapat dengan mudah dibersihkan.

Sekarang kamu sebagai pebisnis kopi sudah semakin dimudahkan dalam mendapatkan kemasan produk kopi. Apalagi dengan kemajuan teknologi internet seperti sekarang di mana cetak kemasan produk kopi bisa dilakukan secara online. Seperti diKemas.com yang merupakan jasa cetak kemasan yang telah melayani banyak pelaku usaha untuk menciptakan kemasan produk kopi yang berkualitas. Tidak hanya itu, layanan konsultasi dan desain kemasan produk kopi gratis untuk pelanggan juga memudahkan para pelaku usaha untuk membuat produk mereka makin naik kelas. Bahkan ada layanan gratis ongkir untuk berbagai wilayah di Indonesia. Yuk konsultasikan kemasan produk kopi yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini!

Tinggalkan komentar