Kenapa Desain Kemasan Kopi Bubuk Bisa Secantik Ini?

Banyak yang nanyain beberapa pengusaha kopi “kenapa desain kemasan kopi bubuk kamu bisa secantik ini?”. Kita kembalikan lagi kenapa kemasan harus menarik? Karena desain kemasan menarik sangat mempengaruhi penjualan produk itu sendiri. Desain kemasan akan memberikan nilai tambah pada produk. Kemudian nilai tambah dapat meningkatkan daya jual dan harga produk. Ini dia alasan kenapa desain kemasan kopi bubuk harus menarik.

Alasan Desain Kemasan Kopi Bubuk Harus Menarik

Desain Sebagai Pembeda

Desain kemasan menjadi identitas atau pembeda produk dengan produk sejenis dipasaran. Kalian bisa menggunakan desain kemasan yang unik yang tidak ada di desain kemasan produk sejenis. Contohnya produk kemasan kopi biasanya identik dengan warna cerah. Sekarang kalian bisa coba kemasan kopi dengan nuansa gelap yang memberikan kesan elegan dan premium.

Dengan membuat perbedaaan dan identitas desain produk maka produkmu akan dengan mudah diingat oleh konsumen. Perbedaan warna desain kemasan akan sangat mempengaruhi dan menjadi sarana pembeda ciri khas dan identitas. Selain warna kalian juga bisa memanfaatkan bentuk kemasan yang unik, bahan yang unik dan bahkan penutup kemasan.

Brand Image Produk

Desain kemasan kopi bubuk yang menarik akan menjadi konsistensi brand image produk kopimu. Desain kemasan menentukan presepsi apa yang ingin kalian bangun? Usahakan untuk menampilkan persepsi yang ingin kalian bangun melalui desain kemasan.

Misalnya kalian akan mengeklaim produkmu “kopi bubuk terbaik yang diambil dari biji kopi pilihan nusantara”. Maka terus branding kopimu sebagai kopi pilihan terbaik. Sampaikan dengan cara yang baik dan benar hingga terbangun image produk terbaik.

Nilai Tambah Produk

Desain kemasan kopi bubuk yang menarik akan memberikan kesan menarik dan memberikan nilai tambah produk. Nilai produk dan harga jual dapat meningkat dengan adanya kemasan yang premium. Contohnya produk kopi yang dikemas dengan kemasan printing full warna akan jauh lebih menarik, jika dibandingkan dengan kopi yang dikemas dengan plastik transaparan. Harga jualnya pun akan terkesan lebih worth it dimata konsumen jika kopi dengan kemasan printing lebih mahal.

Memberi Kesan Pada Produk

Untuk menciptakan desain kemasan yang menarik dan berkesan dihati konsumen maka kalian bisa menambahkan kesan profesional, menggunakan warna-warna elegan yang akan membuatnya semakin terlihat mewah. Hindari untuk menggunakan banyak warna, cukup gunakan 1 atau 2 warna.

Untuk menambah kesan profesional kalian bisa menggunakan warna biru, abu, atau gold. Dengan ditambah penggunaan kemasan kertas atau kemasan warna hitam akan menambah kesan premium. Pemilihan bahan dan desain kemasan juga disesuaikan dengan target pasar.

Desain kemasan kopi bubuk yang baik adalah desain kemasan yang memuat beberapa elemen berikut diantaranya adalah struktur, gambar, warna, tipografi. Kemasan yang menarik juga memuat informasi lengkap mengenai produk, memuat template desain kemasan. Tujuan utamanya membuat tampilannya terlihat lebih profesional. Dengan begitu kemasan akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Contoh Desain Kemasan Kopi Bubuk

Standing Pouch Craft

Desain kemasan standing pouch craft ini berbahan dasar kertas coklat. Dengan kemasan stand pouch craft yang dominan coklat, ternyata varian tinta sablon yang digunakan pun juga tak kalah beragam. Mulai dari cetak sablon merah, hitam, putih, hijau, biru tua, ternyata juga cocok dengan warna eco craft.

Jenis kemasan standing pouch craft yang pakai desain sablon ini biasanya dipilih para pelaku bisnis kopi bubuk, biji kopi, bubuk coklat, minuman herbal, bubuk jahe instan. Untuk kemasan craft ini tersedia dalam beberapa macam, diantaranya :

  • 9 x 15 (50 gram)
  • 13 x 20 (100–200 gram)
  • 14 x 23 (250–300 gram)
  • 16 x 25 (350–400 gram)
  • 18 x 29 (500 gram)
  • 22 x 33 (1000 gram)

Flat Bottom Craft

Kemasan flat bottom craft sablon terbuat dari bahan aluminium foil yang dilaminasi plastik di bagian luarnya dengan warna eco craft. Tambahan cetakan sablon di bagian luar mempercantik tampilan kemasan flat bottom craft. Untuk ukuran tersedia dalam beberapa macam, yakni :

  • 9 cm x 15 cm
  • 11,5 cm x 18 cm
  • 15,5 cm x 23,5 cm
  • 17 cm x 30 cm

Biasanya untuk kemasan flat bottom craft warna tinta sablon menggunakan tinta warna hitam, hijau atau merah. Akan tetapi penggunaan tinta warna hitam terkesan lebih mewah dan desain tegas dan jelas. Untuk desain kemasan kopi bubuk rata-rata semua sama. Untuk bagian depan terdapat ilustrasi produk, nama brand dan nama produk. Sedangkan untuk sisi belakang menampilkkan kode produksi, alamat produksi, nomor izin, nomor wa dan instagram serta petunjuk penggunaan.

Flat Bottom Alufoil Sablon

Kemasan gusset kotak atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan kemasan kopi flat bottom ini merupakan salah satu jenis flexible packaging yang sekarang paling banyak digunakan pelaku bisnis kopi kekinian untuk bungkus kopi bubuk.

Umumnya untuk tinta yang digunakan kemasan flat bottom craft ini adalah putih, coklat, gold atau hijau. Untuk kemasan ini tersedia warna Silver, Hitam , Emas , Putih , Merah

Tersedia ukuran :

  • 9cm x 15cm (100gram)
  • 11,5cm x 18cm (250gram)
  • 15,5cm x 23,5cm (500gram)
  • 17cm x 30cm (1000gram)

Penggunaan kemasan alufoil hitam ini terkesan sangat elegan dengan desain yang simpel. Tentunya dengan desain kemasan seperti ini akan membuat produk semakin premium dan memiliki harga jual yang tinggi.

Alufoil Sablon

Kemasan standing pouch berbahan dasar alumunium foil. Pada bagian dalam kemasan ini sudah dilaminasi sehingga aman untuk mengemas produk. Untuk standing pouch ini tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti  silver, merah, hitam, gold, hijau, dan putih. Pada umumnya kemasan ini memiliki 3 ukuran yang sering dipakai yakni :

  • 13 cm x 20 cm
  • 14 cm x 23 cm 
  • 18 cm x 29 cm

Dengan kemasan standing pouch alufoil warna hitam umumnya menggunakan warna tinta putih atau gold. Sedangkan untuk kemasan dasar warna putih, merah, gold dan hijau akan lebih tegas dan jelas jika menggunakan tinta warna hitam.

Gusset Alufoil Sablon

Kemasan yang satu ini gusset alufoil sablon yang bagian dalamnya sudah dilaminasi. pada umumnya kemasan ini untuk mengemas bubuk kopi dan gula. Dengan pilihan warna hitam dan coklat tua membuat desain kemasannya terlihat semakin mewah dan premium.

Umumnya kemasan gusset berwarna hitam dan coklat ini menggunakan tinta warna putih atau gold. Kesan premium dan mewah akan semakin memancar pada kemasan berwarna hitam dengan tinta gold. Untuk ukuran tersedia 9,5 x 6 x 25 cm atau setara dengan 250 gram – 500 gram.

Gusset Aluminium Foil Printing

Gusset aluminium foil merupakan jenis kemasan yang paling sering digunakan untuk mengemas produk kopi. Meski bentuk gusset aluminium foil bisa dibilang model lama dan jadul. Akan tetapi sampai saat ini masih banyak digunakan khususnya para pelaku bisnis kopi, gula semut, dan snack.

Kesan jadul ini yang membautnya unik dan menarik sehingga memancing konsumen penasaran dengan produk. Biasanya bahan yang digunakan terbuat dari aluminium foil, sehingga produk yang dikemas di dalamnya bisa kedap udara. Tersedia dalam ukuran 9,5 x 6 x 25 cm atau setara dengan 250 gram – 500 gram.

Alupaper Printing

Kemasan alupaper printing ini berbahan dasar alufoil yang bagian dalamnya sudah dilaminasi dan pada bagian luarnya sudah dilaminasi art paper printing sehingga terlihat lebih mengkilap. Kalian bisa pilih laminasi glossy ataupun doff. Kemasan printing ini jadi kemasan premium pertama yang wajib digunakan untuk pengusaha yang ingin naik kelas. Kemasan ini tentu jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan kemasan jenis lainnya.

Selain bahan lebih premium dan tebal, kemasan ini juga lebih menarik sebab full warna. Dengan desain full warna maka kemasan terlihat premium dan mewah. Penggunaan kemasan jenis ini banyak informasi dan detail yang bisa kalian cantumkan. Misalnya saja nama brand, nama produk, ilutrasi gambar, no tep, kode produksi, diproduksi oleh, alamat produksi, izin edar, nilai gizi, komposisi, petunjuk penggunaan, tanggal kadaluarsa, dan informasi lainnya.

kuran yang paling sering digunakan seperti berikut ini :

  • 12 x 20 cm
  • 14 x 22 cm
  • 14 x 23 cm
  • 15 x 20 cm
  • 15 x 22 cm
  • 14 x 26 cm
  • 16 x 24 cm
  • 18 x 24 cm
  • 18 x 29 cm
  • 20 x 30 cm

Itu tadi adalah beberapa contoh desain kemasan kopi premium yang bakalan bisa menaikkan penjualan dan bisa membuat harga jualnya tinggi. Semoga kalian terinspirasi dan membantu memberikan inspirasi!

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *