Ini Dia Desain Kemasan Kopi Elegan dan Premium

Kopi adalah jenis minuman yang dari dulu sampai sekarang masih dicintai oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari kalangan remaja, dewasa, hingga orang tua menjadi bagian dari penggemarnya. Citarasa khas dari kopi Indonesia cocok dinikmati dalam berbagai waktu. Menikmati setiap momen dengan secangkir kopi merupakan bagian dari gaya hidup orang Indonesia. Jadi nggak heran jika kebiasaan minum kopi ini sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia dari segala kalangan.

Dari banyaknya pecinta kopi di Indonesia inilah menjadikan pelaku bisnis kopi makin banyak bermunculan. Peluang bisnisnya makin menggiurkan sebab kopi adalah minuman yang banyak menjadi kesukaan orang. Maka dari itu tentu akan meraih keuntungan menjanjikan dan prospek bisnisnya pun cukup terbilang cerah.

Mempersiapkan Desain Kemasan Kopi

Jika kita lihat dari segi prospek bisnis, bisnis kopi merupakan bisnis yang peluangnya cukup cerah. Bisnis ini target pasarnya cukup luas mulai dari kalangan pelajar, profesional, muda sampai orang tua. Saat ini ngopi telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia. Tidak haya sekedar untuk menikmati secangkir kopi. Akan tetapi menjadi alasan untuk berkumpul dan nongkrong dan diskusi bersama teman atau kerabat.

Ada hal yang harus diperhatikan sebelum kalian terjun dalam bisnis kopi ini. Salah satunya mengenal berbagai jenis kemasan dan memahami pentingnya desain kemasan. Berbicara soal bisnis kopi itu ada berbagai macam, mulai dari bisnis kopi seduh, bisnis kopi bubuk dan bisnis biji kopi. Sebagai contoh ketika kalian ingin memulai bisnis bubuk kopi. Desain kemasan adalah sesuatu hal yang wajib diperhatikan.

Desain kemasan dalam dunia bisnis kaitannya dengan bentuk, struktur, material, warna, citra, tipografi dan elemen desain. Tahukah kamu desain sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan yang akan disampaikan. Cara membuat desain kemasan yang baik dan benar yakni dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Diantaranya adalah memilih program desain kemasan yang tepat, membuat template desain kemasan, memilih bahan dan bentuk kemasan.

Tujuan dari membuat desain kemasan adalah membuat tampilan kemasan terlihat lebih profesional. Dengan menampilkan atribut unik pada sebuah produk dan memperkuat tampilan produk. Dengan begitu produk memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Untuk membuat desain kemasan kopi yang menarik maka harus mencantumkan informasi produk yang jelas. Maksud dan isi pesan dalam desain kemasan jelas dan mudah dipahami. Terakhir bentuk kemasan menyesuaikan dengan target pasar.

Contoh Desain Kemasan Kopi

Alupaper Printing

Kemasan stand pouch alupaper printing terbuat dari bahan aluminium foil di bagian dalam dan bagian luar dilaminasi art paper printing dengan tampilan yang lebih mengkilap dan menarik. Laminasi glossy ataupun doff pada kemasan stand pouch alupaper.

Desain kemasan kopi tersebut membuat kemasan terlihat semakin eksklusif dan elegan sehingga mempertajam desain merk/ brand yang dipasarkan. Ukuran kemasan standing pouch ini bisa custom menyesuiakan kebutuhan UKM. Biasanya ukuran yang paling sering digunakan seperti berikut ini :

  • 12 x 20
  • 14 x 22
  • 14 x 23
  • 15 x 20
  • 15 x 22
  • 14 x 26
  • 16 x 24
  • 18 x 24
  • 18 x 29
  • 20 x 30

Pada kemasan ini bagaian penutupya sudah dilengkapi dengan penguci mesin sealer. Sehingga aman produk didalamnya tidak akan tumpah. Selain penutup dilengkapi penutup teknik selaer, kemasan ini juga tersedia penutup zipper lock.

Gusset Aluminium Foil Printing

Gusset aluminium foil merupakan jenis kemasan yang paling sering digunakan untuk mengemas produk kopi. Meski bentuk gusset aluminium foil  bisa dibilang model jadul, tapi sampai saat ini masih banyak digunakan khususnya para pelaku bisnis kopi, gula semut, dan snack. Biasanya bahan yang digunakan terbuat dari aluminium foil, sehingga produk yang dikemas di dalamnya bisa kedap udara. Tersedia dalam ukuran 9,5 x 6 x 25 cm atau setara dengan 250 gram – 500 gram.

Standing Pouch Kraft

Untuk mempercantik kemasan produk yang digunakan, standing pouch craft sablon sekarang bisa dipesan dengan berbagai macam desain yang diinginkan pelaku bisnis. Dengan kemasan stand pouch craft yang dominan coklat, ternyata varian tinta sablon yang digunakan pun juga tak kalah beragam. Mulai dari cetak sablon merah, hitam, putih, hijau, biru tua, ternyata juga cocok dengan warna eco craft.

Jenis kemasan standing pouch craft yang pakai desain sablon ini biasanya dipilih para pelaku bisnis kopi bubuk, biji kopi, bubuk coklat, minuman herbal, bubuk jahe instan. Untuk kemasan craft ini tersedia dalam beberapa macam, diantaranya :

  • 9 x 15 (50 gram)
  • 13 x 20 (100–200 gram)
  • 14 x 23 (250–300 gram)
  • 16 x 25 (350–400 gram)
  • 18 x 29 (500 gram)
  • 22 x 33 (1000 gram)

Kemasan berbahan kertas coklat ini punya 2 jenis yakni dengan window dan tanpa window. Untuk kemasan dengan window tentu akan memperlihatkan porduk yang ada didalamnya. Sedangkan untuk kemasan tanpa window kemasannya full tertutup.

Flat Bottom

Kemasan flat bottom craft sablon terbuat dari bahan aluminium foil yang dilaminasi plastik di bagian luarnya dengan warna eco craft. Tambahan cetakan sablon di bagian luar mempercantik tampilan kemasan flat bottom craft sehingga harga jual produk yang dikemas di dalamnya bisa lebih mahal di pasaran. Untuk ukuran tersedia dalma beberapa macam, yakni :

  • 9 cm x 15 cm
  • 11,5 cm x 18 cm
  • 15,5 cm x 23,5 cm
  • 17 cm x 30 cm

Alufoil Sablon

Kemasan ini berbahan dasar alumunium foil yang disablon, tentunya pada bagian dalam dan luarnya sudah dilaminasi sehingga terlihat lebih premium. Untuk kemasan ini tersedia 2 jenis yakni non window dan window. Standing Pouch Alumunium foil Sablon ini tersedia dalam pilihan warna : silver, merah, hitam, gold, hijau, dan putih. Umumnya tiga ukuran yang paling sering dipakai untuk stand pouch aluminium foil sablon antara lain sebagai berikut : 

  • 13 cm x 20 cm
  • 14 cm x 23 cm 
  • 18 cm x 29 cm

Gusset Alufoil Sablon

Kemasan yang satu ini adalah dengan bahan dasar alufoil. Kemasan gusset sablon, biasanya digunakan untuk mengemas kopi bubuk atau biji kopi, gula pasir dan gula semut. Tampilannya yang sederhana dengan warna hitam membuatnya terlihat elegan dan premium. Untuk warna hanya tersedia warna coklat tua dan hitam. Sedangkan untuk ukuran tersedia 9,5 x 6 x 25 cm atau setara dengan 250 gram – 500 gram.

Tinggalkan komentar