Manisnya Peluang Usaha Minuman Kekinian yang Menjanjikan

Usaha minuman kekinian sampai saat ini peluangnya memang masih menjanjikan. Apalagi dengan melihat kondisi geografis Indonesia yang terletak di dekat garis khatulistiwa dengan iklim tropis hanya memiliki musim kemarau dan penghujan saja. Wilayah tropis akan cenderung memiliki suhu hangat, jadi minuman dingin akan tetap menjadi primadona banyak orang dalam sehari-hari. Hal itulah yang menjadikan peluang usaha minuman kekinian menjadi sangat menjanjikan.

Apalagi untuk kalangan anak muda yang sangat gemar dengan aneka minuman digin dengan beragam variasi rasa. Untuk memulai usaha minuman kekinian ini juga cukup mudah. Tinggal menentukan jenis minuman kekinian apa yang akan dijual dan mempersiapkan modal untuk menyetok bahan, investasi mesin cup selaer, menentukan kemasan cup yang menarik, dan mencari lapak jualan kaki lima yang strategis.

paper-cup-baner-web

Ide Usaha Minuman Kekinian

Apakah kamu tertarik untuk mencoba usaha minuman kekinian? Kalau kamu tertarik, yuk cek ulasan berikut ini tentang beberapa ide usaha minuman kekinian yang bisa kamu coba. Potensi penjualannya akan sangat menguntungkan. Berikut beberapa ide usaha minuman kekinian yang bisa kamu coba.

1. Jus Buah

Nggak cuma seger dan enak, usaha minuman jus buah juga punya value yang lebih kuat yaitu sebagai minuman sehat. Coba deh kamu browsing resep-resep jus buah atau minuman berbahan dasar buah. Kamu bisa membuat kreasi sendiri dari resep yang sudah ada untuk menawarkan hal berbeda. Sebagai alternatif lain kamu juga bisa membeli franchise dari brand usaha minuman kekinian jus buah yang sudah cukup mapan. Cara ini cenderung lebih praktis karena seluruh sumber daya dan sistem akan disediakan, kamu tinggal menjalankannya.

2. Usaha Minuman Kekinian Thai Tea

Sesuai namanya Thai tea merupakan minuman dengan bahan dasar teh asal Thailand bernama teh Ceylon. Pembuatannya mirip dengan teh susu, tapi aroma dan cita rasanya agak berbeda. Sejumlah varian rasa Thai tea yang paling disukai adalah Thai green tea milk, Thai milk tea, dan Thai taro milk. Menariknya lagi usaha minuman kekinian yang satu ini juga bisa disajikan dalam kondisi hangat atau dingin walaupun memang lebih banyak orang yang menyukai penyajian Thai tea dengan es. 

3. Es Cokelat

Usaha minuman kekinian es cokelat juga nggak kalah menarik untuk dicoba. Kamu bisa menyasar konsumen yang kurang menyukai kopi. Saat musim kemarau, tawarkan es cokelat. Lalu, memasuki musim hujan, hot chocolate pasti akan terasa nikmat. Nah biar usaha minuman kekinian kamu bisa unggul dari kompetitor, kamu bisa menyediakan menu yang agak berbeda. Misalnya, kamu bisa mencampur cokelat dengan oreo, biskuit, choco chips, atau memberikan topping seperti potongan cookies.

4. Usaha Minuman Kekinian Es Kopi

Kalo kita amati, sekarang banyak banget kedai kopi di Indonesia. Brandnya juga beragam dengan memberikan banyak pilihan kepada pelanggan. Kalau sebelumnya kedai kopi identik sama tempatnya yang estetik, sekarang justru produk es kopi lebih potensial di pasaran. Usaha minuman kekinian yang satu ini dijalankan dengan menawarkan es kopi yang disajikan dalam kemasan cup dengan beragam ukuran. Menunya juga tidak hanya terbatas pada es kopi, tapi ada juga es kopi yang dikombinasikan dengan bahan lain seperti es kopi cokelat, es kopi susu, hingga es kopi yang diberi jelly.

5. Cheese Tea

Ciri khas dari cheese tea adalah penyajiannya yang menggunakan krim keju cair di bagian atas minuman. Usaha minuman kekinian yang awalnya booming di negara-negara Asia Timur ini hadir dalam beragam varian seperti cokelat, dan jasmine tea. Keunikan lain dari cheese tea adalah cara meminumnya. Kamu disarankan untuk mengarahkan gelas ke mulut dengan sudut kita-kira 45 derajat, tanpa sedotan. Dalam posisi ini, krim keju cair akan mengambang sehingga Kamu bisa merasakan sensasi perpaduan minuman dan keju.

6. Usaha Minuman Kekinian Boba

Beberapa bulan belakangan ini, banyak brand minuman yang mengeluarkan menu minuman boba sebagai topping. Boba adalah bola-bola kecil bertekstur kenyal yang terbuat dari tepung tapioka. Boba inilah yang biasanya menjadi isian atau topping dalam bubble tea. Pembuatan boba dimaksudkan untuk menciptakan tekstur yang kenyal. Saat ini banyak brand yang menyajikan boba dengan racikan susu dan gula merah. Terkadang ada juga yang mencampurnya dengan teh.

7. Bubble Tea

Masih banyak orang yang menganggap kalau boba sama dengan bubble tea. Padahal bubble tea adalah minuman yang dibuat dari bahan dasar, susu, teh, dan boba. Awalnya, bubble tea klasik menggunakan teh hitam. Tapi saat ini sudah banyak usaha minuman kekinian yang meracik bubble tea dengan jenis teh lain seperti oolong, melati, earl grey, atau matcha. Itulah kenapa varian rasanya pun semakin banyak, membuatnya jadi salah satu bisnis minuman kekinian yang potensial.

Kemasan Usaha Minuman Kekinian

Usaha minuman kekinian pasti nggak akan lepas dari beragam jenis kemasan yang kreatif dan super unik. Banyak yang menggunakan desain kemasan dengan kutipan romantis, lelucon, bahkan desain dengan grafis yang menarik. Kalau kamu tertarik untuk memulai usaha minuman kekinian, satu hal yang harus persiapkan dengan matang adalah kemasannya. Mulai dari pemulihan bahan atau jenis kemasan, ukuran kemasan, dan desain kemasannya. Berikut ini jenis kemasan buat usaha minuman kekinian yang bisa kamu pilih.

Kemasan Cup Plastik

Kemasan Cup Plastik
https://dikemas.com/

Cup plastik paling cocok dipakai untuk usaha minuman kekinian yang menjual berbagai jenis minuman dingin. Mulai dari minuman es kopi kekinian, thai tea, es susu, milk tea, boba, cheese tea, dan jenis minuman dingin kekinian lainnya. Ukurannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari ukuran 12 dan 14 oz yang biasa dipakai untuk es kopi. Ukuran 16 dan 18 oz untuk minuman boba dan es susu, 20 dan 22 oz yang biasa dipakai untuk thai tea. Sebenarnya jenis minuman apapun tetap cocok dengan ukuran kemasan delivey cup plastik tertentu. Tergantung varian ukuran minuman yang akan dijual. Model kemasannya juga bisa dipilih. Ada kemasan cup plastik datar dan oval. Biar lebih aman untuk proses delivery atau take away, lengkapi juga dengan tutup lid cup yang akan dipress dengan cup sealer.

Untuk cetakannya kamu bisa pilih kemasan gelas plastik sablon. Banyak keunggulan dari kemasan gelas plastik sablon. Pertama adalah lebih murah. Dibandingkan dengan jenis kemasan gelas lainnya, harga kemasan gelas plastik sablon lebih murah karena biaya produksinya yang lebih kecil. Hal ini tentu bisa meningkatkan keuntungan bisnis minuman karena biaya operasional bisa lebih ditekan. Kedua adalah praktis. Konsumen biasanya suka dengan hal yang praktis. Seperti halnya kemasan gelas plastik sablon yang memenuhi kriteria kepraktisan itu karena sifatnya yang ringan dan ukurannya yang tidak terlalu besar. Keunggulan lainnya yang pasti menambah nilai jual. Gelas plastik sablon juga menjadi bagian dari identitas produk. Maka dari itu semakin menarik desain kemasan gelas plastik sablon tentu akan menambah nilai jual produk dari usaha minuman kekinian kamu.

Paper Cup

Paper Cup
https://dikemas.com/

Kemasan minuman yang satu ini cocok untuk mengemas beragam jenis minuman hangat dari usaha minuman kekinian yang kamu jual. Mulai dari kopi, susu, sampai aneka minuman kesehatan. Seperti jahe, lemon, wedang uwuh, dan aneka minuman hangat lainnya. Untuk tampilan kemasan ini juga sangat menarik dan elegan. Apalagi kalau didesain dengan simpel sablon satu warna. Untuk ukurannya bisa disesuaikan mulai dari ukuran kecil, sedang sampai kemasan paper cup ukuran besar.

Kalau kamu pesan kemasan paper cup udah sepaket sama tutup dan pipet atau sedotan tipis. Jadi nggak perlu khawatir kalau nantinya kamu harus tambah biaya atau cari vendor lain buat dapetin tutup dan sedotannya. Kemasan paper cup selain cocok dipake buat minuman hangat juga cocok untuk jenis minuman es. Contoh milk shake atau es susu untuk ukuran besar. Kemudian untuk sedotannya kamu juga bisa gunakan sedotan kertas supaya lebih ramah lingkungan.

Botol Plastik

Botol Plastik
https://dikemas.com/

Kemasan botol plastik adalah solusi paling tepat untuk coffee shop atau kedai kopi supaya produknya tetap bisa dinikmati oleh konsumen. Jadi usaha minuman kekinian sekarang berinovasi dengan mengeluarkan produk dalam botol. Ukuran yang paling aman untuk dipakai adalah botol plastik 1 liter. Bahkan brand kopi ternama juga sudah menerapkan strategi ini supaya penjualan tetap stabil. Kalau untuk desainnya cukup gunakan label atau stiker di botol plastik.

Untuk desain selain dengan label atau stiker kemasan kamu juga bisa pilih dengan cetakan sablon. Kalau cetakan sablon, akan lebih terlihat menarik kalau kamu pakai 1 warna. Paling aman pakai warna hitam supaya tampilannya terlihat lebih elegan. Atau bisa juga kamu sesuaikan dengan warna tutup botol supaya lebih serasi. Selain ukuran besar 1 liter, kemasan botol plastik juga tersedia dalam ukuran lain. Mulai dari botol plastik ukuran 250 ml, 500 ml, dan 750 ml. Ukuran ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan usaha minuman kekinian kamu.

Itulah ulasan seputar ide usaha minuman kekinian dan kemasannya. Kalau kamu masih perlu wawasan atau pertimbangan kemasan manan yang akan kamu pakai, kamu bisa konsultasikan dengan tim diKemas.com secara gratis.

Yuk konsultasikan kemasan minuman kekinian yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar