Ide Bisnis Dari Resep Minuman Gula Aren Kekinian!

Minuman gula aren kini menjadi salah satu sajian minuman yang banyak disukai oleh anak-anak muda. Sebab minuman gula aren disajikan dalam beragam minuman kekinian yang menghadirkan rasa manis alami dan tidak bikin enek. Tapi sebenarnya bukan hanya anak muda saja yang menjadi pecinta sajian minuman gula aren. Justru semua kalangan akan menyukai pemanis gula aren untuk minuman sesuai dengan jenis minumannya.

Pemanis Alami Gula Aren

Gula aren sebagai pemanis alami memang menjadi pilihan yang lebih tepat dari sisi kesehatan. Selain dari sisi kandungan nutrisinya, gula aren juga jauh mengungguli gula putih dalam hal nilai glikemik. Dari rentang skor 0-100, nilai indeks glikemik gula pasir putih adalah 100, sedangkan gula aren memiliki nilai glikemik sekitar 35. Semakin tinggi nilai glikemik, semakin cepat pula makanan tersebut menaikkan gula darah. Aneka minuman gula aren bisa disajikan dalam kategori minuman panas dan minuman dingin. Untuk itu sangat diperlukan kemampuan analisa ketika ingin memulai usaha aneka minuman kekinian.

paper-cup-baner-web

Peluang usaha ini keuntungannya menjanjikan loh karena kamu bisa menjalankan usaha ini dari skala kecil. Tidak memerlukan lapak yang besar atau menyewa kedai. Cukuplah dimulai dari kaki lima dengan bermodalkan booth kecil untuk menjual aneka minuman gula aren. Sebelum memulai usaha ini kamu harus mementukan terlebih dahulu jenis minuman yang akan kamu jual. Apakah itu minuman gula aren dalam sajian hangat, dingin, tradisional, kekinian, atau bisa juga menjual menu minuman gula aren secara lengkap. Tentunya jenis minuman yang kamu jual juga harus menyesuaikan dengan target konsumen yang kamu bidik. Siapa yang menjadi target konsumennya? Apakah anak-anak muda? Umum? Atau hanya dari kalangan orang tua.

Resep Minuman Gula Aren Buat Usaha

Berikut ini beberapa minuman gula aren yang bias kamu jadikan inspirasi untuk ide usaha. Selain itu akan diuas juga mengenai resep dan cara membuatnya. Yuk simak selengkapnya di sini ya!

1. Dalgona Coffee

Minuman kekinian yang muncul di tengah pandemi covid-19 ini viral di media sosial. Asalnya dari bintang asal Korea Selatan yang menggunggah foto dalgona coffee atau kopi dalgona di media sosial dengan tujuan untuk tetap berhubungan satu sama lain meski di rumah saja. Tampilan dari kopi dalgona memang instagramable sehingga membuat banyak orang yang juga tergerak untuk ikut meramaikannya dengan membuat kopi tersebut. Namun di Indonesia ada variasi yang dilakukan dalam sajian kopi dalgona yaitu menggunakan gula semut sebagai pemanisnya. Berikut bahan yang dibutuhkan dan cara membuat dalgona coffee gula aren atau gula semut.

Bahan

– 1 sachet kopi instan atau kopi bubuk tanpa ampas

– 2 sendok makan gula aren

– Sedikit air panas 2 sendok makan saja

– 400 ml susu cair

Cara Membuat

1. Campurkan kopi instan, gula, dan air panas ke dalam wadah yang telah disediakan.

2. Kocok dengan menggunakan mixer. Pastikan semua bahan teraduk merata dan tunggu hingga warnanya kecoklatan.

3. Panaskan susu (jika diinginkan). Tuang susu ke dalam gelas.

4. Tambahkan campuran kopi yang telah diaduk di atasnya.

5. Dalgona Coffee Gula Aren siap dinikmati.

2. Boba Milk

Boba merupakan bola-bola kecil yang terbuat dari tepung tapioka dengan tekstur kenyal. Toping yang sedang tren ini banyak digunakan sebagai pelengkap minuman asal Taiwan terbuat dari teh yang ditambahkan dengan susu atau perasa lainnya. Kemudian minuman dikocok dan ditambahkan berbagai toping seperti boba salah satunya. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat minuman boba menjadi favorit banyak orang. Salah satu kreasi baru untuk minuman boba adalah boba gula aren. Berikut bahan dan cara membuat boba gula aren.

Bahan

– 30 gram gula aren yang telah diiris
– 90 mili air
– 120 gram tepung tapioka
Bahan Cair
– 100 gram gula aren yang diiris
– 350 mili air
– Susu cair

Cara Membuat

1. Masak gula aren iris bersama air dengan api sedang hingga larut dan mendidih, matikan api.

2. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula kayu hingga adonan mulai kalis.

3. Pindahkan adonan ke atas alas silikon, uleni hingga kalis. Ratakan dengan rolling pin dan potong menjadi kotak-kotak kecil sekitar 1×1 cm.

4. Bentuk adonan menjadi bulat dan masukan ke dalam tepung tapioka. Setelah selesai, ayak adonan yang sudah dibulatkan.

5. Didihkan air, masukkan boba dan masak hingga boba mengapung sekitar 15 menit. Aduk sesekali. 5. Dinginkan di dalam air es.

6. Gula untuk boba, masak gula aren iris bersama air dengan api sedang hingga mendidih dan gula larut.

7. Masukkan boba dan masak dengan api sedang sambil diaduk sesekali. Masak hingga cairan mengental. Dinginkan.

8. Tuang 1 sendok makan boba ke dalam gelas lalu miringkan gelas agar sirup dapat menyentuh pinggiran gelas, tuang susu dingin dan sajikan.

9. Boba susu gula aren siap dinikmati.

3. Kopi Gula Aren

Minuman kopi memang tidak akan pernah kehilangan penikmatnya. Sebab sejak kopi menjadi sebuah tren untuk banyak kalangan minuman yang satu ini terus mengalami inovasi. Mulai dari sajian kopi panas atau dingin dengan beragam jenis biji kopi selalu punya daya tarik sendiri. Salah satunya adalah inovasi sajian kopi gula aren. Untuk sajian kopi gula aren bahkan menjadi tren yang diusung oleh banyak brand kopi kekinian di Indonesia. Berikut resep dan cara membuat es kopi gula aren.

Bahan

– 100 ml air panas

– 40 gram bubuk kopi

– 100 ml susu full cream

– 5-10 sendok makan gula aren cair

– 2 sendok makan krimer bubuk

– Es batu secukupnya

Cara Membuat

1. Campurkan bubuk kopi dengan air panas yang baru saja mendidih supaya bubuk kopi bisa melebur dengan sempurna dan tercipta base kopi yang kental.

2. Panaskan susu full cream. Tambahkan krimer bubuk.

3. Ambil gelas atau cup,tuang gula aren di dasar wadah sebagai pemanis.

4. Selanjutnya, tuang susu yang telah dicampur krimer bubuk ke dalamnya. Susul dengan menuangkan kopi. Usahakan kedua cairan kopi dan susu sudah dalam keadaan cukup dingin ketika dicampurkan.

5. Tambahkan es batu.

6. Es kopi gula aren siap disajikan.

Kemasan Minuman Gula Aren

Kemasan Minuman Gula Aren
https://dikemas.com/

Kemasan minuman gula aren yang bisa kamu pilih ketika menjalankan usaha modal kecil ini ada beragam. Bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Jenis kemasannya ada dua yaitu kemasan minuman dari bahan plastik atau kertas. Untuk minuman dingin kamu bisa pilih kemasan cup plastik dengan tutup lid cup. Selain itu kamu juga bisa pakai kemasan botol plastik dengan beragam model dan ukuran. Kalau minumannya panas kamu bisa pilih kemasan paper cup. Ukurannya juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah resep minuman gula aren yang bisa kamu jadikan ide untuk memulai usaha minuman kekinian. Kalau urusan kemasan kamu percayakan ke diKemas.com sebagai salah satu jasa cetak kemasan terjangkau dan berkualitas untuk pelaku bisnis UMKM.

Yuk konsultasikan kemasan minuman yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar