Mau Tahu Tips Usaha Sampingan saat Bulan Ramadhan? Masuk Sini!

Halo Sobat Dikemas! Kurang lebih dalam waktu satu bulan lagi kita akan memasuki bulan ramadhan. Setiap tahunnya banyak yang menantikan bulan ini, apalagi para pelaku UMKM. Kamu pasti jadi salah satu yang menunggu datangnya bulan ini. Sesuai stereotipnya, bulan ini memang bulan penuh berkah karena banyak sekali usaha sampingan yang bisa dijalankan pada bulan ini.

Banyaknya usaha sampingan di bulan ini juga dibarengi dengan meningkatnya konsumsi masyarakat. Bulan ramadhan artinya banyak orang yang berpuasa. Kebiasaan masyarakat Indonesia saat berpuasa, terkhusus bulan ramadhan, adalah mengonsumsi banyak makanan minuman ringan atau dessert. Hal tersebut juga menjadi sunnah dalam ajaran agama islam sehingga semakin banyak orang yang mencarinya.

Jika biasanya orang-orang membuka usaha sampingan makanan dan minuman yang biasa saja pada saat bulan ramadhan, kamu harus membuat sesuatu yang berbeda. Orang-orang terfokus pada usaha minuman semacam es dan makanan seperti gorengan, namun jika setiap tahunnya dihadapkan pada menu sajian seperti itu akan timbul rasa bosan dari konsumen. Gunakan peluang ini untuk menjalankan usaha sampingan di bulan ramadhan!

Aneka Kue Basah Ini Banyak Diminati, Yuk Jadikan Usaha Sampingan Saat Ramadhan

Aneka Kue Basah Ini Banyak Diminati, Yuk Jadikan Usaha Sampingan Saat Ramadhan

Kuliner memang menjadi usaha paling menjanjikan pada saat bulan ramadhan. Namun tidak makanan yang itu-itu saja, kamu bisa menjual kuliner lain yang peluangnya tidak kalah tinggi. Pilihan lain usaha makanan saat bulan ramadhan adalah dari makanan ringan pembuka. Makanan ini berupa kue basah yang pasti disukai oleh kebanyakan orang di Indonesia.

Biasanya orang saat berbuka puasa tidak ingin langsung makan makanan berat tapi perut sudah lapar dan harus ada nutrisi yang masuk. Aneka kue basah ini sering menjadi pilihan, selain bisa mengganjal perut dengan baik kue basah tidak membuat perut terasa penuh dan kaget. Rasanya juga manis, cocok untuk memberikan tenaga setelah seharian berpuasa.

Kue basah ini juga cenderung lebih sehat dibanding makanan ringan berbuka lainnya seperti gorengan dan es sirup. Ada banyak macam kue basah yang bisa kamu jadikan produk usaha sampinganmu ini. Pastinya cara membuatnya mudah dan tidak memerlukan banyak alat. Ada kue basah yang dalam pembuatannya tidak menggunakan oven.

Kue basah yang bisa kamu buat diantaranya;

1. Kue klepon

2. Bika ambon

3. Kue lumpur

4. Carabikang

5. Kue pukis

Pemasaran Usaha Sampingan Kue Basah Saat Bulan Ramadhan

Sebenarnya menjalankan usaha pada bulan ramadhan sudah memiliki nilai plus sendiri karena kamu tidak perlu melakukan pemasaran yang begitu masif. Pada bulan ramadhan orang-orang akan cenderung mencari sajian-sajian yang unik dan enak untuk berbuka. Jadi konsumenmu sudah datang sendiri kepadamu asal informasi-informasi tentang usahamu mudah dijangkau.

Setidaknya kamu perlu melakukan beberapa hal ini agar usaha sampingan kue basahmu memiliki traffic penjualan yang tinggi.

1. Berjualan di tempat strategis

Pada saat bulan ramadhan orang-orang sering mengabuburit atau menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa. Satu kegiatan yang banyak dilakukan orang saat ngabuburit adalah  jalan-jalan sore. Ada tempat-tempat yang biasanya ramai didatangi atau dilewati orang-orang ketika ngabuburit. Nah, tempat inilah yang menjadi tempat strategis untuk membuka usaha kue basahmu karena target pasarmu berkumpul di situ.

2. Gunakan media sosial dengan baik

Selain membuka usaha di tempat yang tepat, untuk menunjang penjualan kamu juga perlu memaksimalkan promosi. Salah satunya adalah dengan pemanfaatan media sosial. Dari banyak media sosial yang ada kamu bisa menggunakan instagram dan facebook yang paling banyak dipakai orang. Dengan membuat akun media sosial ini orang-orang jadi mengetahui tentang usahamu.

3. Kreasikan kue basahmu

Lainnya yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan usaha sampinganmu penjualan di bulan ramadhan adalah dengan mengkreasikan produkmu. Kue basah termasuk makanan tradisional, buat jadi lebih modern dengan menambahkan topping kekinian. Atau buat kue basah yang rasanya unik dan diminati, misalnya matcha, taro, dan charcoal.

4. Gunakan packaging yang menjual

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan namun kekuatannya besar adalah dengan menggunakan kemasan yang baik dan menjual. Kue basah adalah produk makanan yang teksturnya tidak terlalu kering namun juga tidak terlalu basah sehingga bisa menggunakan kemasan jenis apapun yang sesuai.

Kemasan Box

kemasan box

Kamu bisa menggunakan kemasan berbentuk box untuk mengemas kue basah ini. Kemasan box dilapisi dengan plastik atau dilaminasi permukaannya sehingga anti air. Jika produk kue basahmu teksturnya sangat basah kemasan ini akan aman menjaga produkmu. Kemasan box hadir dalam beragam ukuran yang bisa menyesuaikan porsi yang akan kamu sajikan pada konsumen. Bahan dasar dari kemasan ini adalah kertas dan bisa kamu percantik dengan desain gambar, merek, dan juga informasi produk.

Kemasan Kantong Kertas

kemasan kantong kertas

Pilihan lain kemasan untuk kue basahmu adalah kantong kertas. Kemasan ini bahannya kertas yang lumayan tipis sehingga tidak direkomendasikan jika produkmu bertekstur sangat basah. Kemasan ini praktis dan bisa dipercantik juga dengan desain. Kertas yang digunakan merupakan kertas khusus yang sudah mengantongi sertifikat foodgrade sehingga aman untuk makanan. Kue basahmu jadi terlihat modern jika dikemas menggunakan kemasan jenis ini.

Tertarik menjalankan usaha kue basah pada bulan ramadhan? Jangan lupa gunakan kemasan yang meningkatkan nilai jual, ya! Coba cek diKemas.com deh untuk kemasan produk yang apik!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar