Mencicipi Nikmatnya Kopi Maluku, Khas Ambon Kaya Akan Rempah

 

Kopi Maluku adalah kopi khas daerah Ambon yang mana lebih dikenal dengan nama Kopi Rarobang. Kopi Rarobang adalah kopi khas daerah Ambon yang sudah dikenal oleh para penikmat kopi dunia. Nah lalu apa yang menjadikannya menarik dibandingkan dengan kopi pada umumnya?

paper-cup-baner-web

Kopi Rarobang Maluku ini memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan kopi lainnya. Pada dasarnya kopi ini adalah kopi arabica yang tumbuh subur di Indonesia. Namun yang menjadikan rasanya unik karena penyajiannya yang sangat khas. Masyarakat sekitar biasanya mengolah kopi ini dengan dimodifikasi campuran rempah – rempah khas Ambon.mencicipi-nikmatnya-kopi-maluku-khas-ambon-kaya-akan-rempahKopi memang sudah sejak zaman dulu dikenal memberikan manfaat menenangkan dan memiliki kenikmatan yang menjadikannya candu. Namun berbeda dengan kopi yang satu ini. Melalui Kopi Rarobang ini manfaatnya lebih dari sekedar kopi yang nikmat dan juga menenangkan. Kopi ini memiliki kenikmatan dan khasiat tersendiri selain hangat namun juga memberikan banyak manfaat. Campuran antara kopi dengan rempah mampu memberikan manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan.

Keunikan dan khas dari Kopi Rarobang Maluku ini adalah perpaduan dari kopi arabica, cengkih, jahe, kayumanis, sereh, gula pasir dan kacang kenari. Untuk mendapatkan kopi yang berbeda dari kopi lainnya semua bahan dan rempah dicampur dan diolah dengan cara direbus bersama.

KOPI MALUKU RAROBANG

Daerah Asal Kopi Maluku

Kopi Maluku ini berasal dari Ambon, Maluku dimana kopi arabica jenis ini tumbuh pada ketinggian antara 1.000 sampai 2.000 mdpl. Pohon kopi arabica ini tumbuh subur pada dataran tinggi dengan suhu sekitar 23 derajat celcius. Kopi ini merupakan kopi yang tumbuh pada masa penjajahan Belanda. Hasil panennya saat ini dalam 1 tahun hanya sekitar 200 kg. Dengan keistimewaan kopi yang satu ini menjadikanya salah satu kopi langka dan spesial. Kopi ini menjadi kopi yang ternikmat satu -satunya di Maluku yang dicintai para penikmat kopi lokal maupun mancanegara.

Ciri Khas

Ciri khas dari kopi ini adalah kopi yang memiliki rasa yang unik karena perpaduan antara kopi arabica dan juga rempah – rempah seperti jahe, cengkih, sereh, kayu manis dan kacang kenari. Perpaduan dari rempah – rempah tersebut menghasilkan cita rasa yang unik. Selain hangat dan juga nikmat, rempah tersebut menjadikan tubuh sehat karena kaya akan manfaat dan khasiat.

Karateristik

Karakter kopi ini memiliki biji yang kecil – kecil. Aroma kopi ini begitu khas dari paduan rempah – rempah seperti jahe, cengkih, sereh, kayu manis dan lain sebagainya. Inilah yang menjadi ciri khas dan karateristik Kopi Rarobang. Aroma kopi yang berasal dari rempah inilah yang menjadikan karakter rasanya semakin kuat dna juga menghangatkan. Tidak hanya menghangatkan tubuh saja. Kopi ini juga berkhasiat memulihkan rasa lelah setelah lelah seharian bekerja diluar rumah.

Karakter Kopi Maluku yang sangat berkarakter ini memang memiliki cita rasa dan ciri khas yang sangat berbeda dengan kopi pada umumnya. Teksturnya yang berbeda dan unik sangat layak untuk dicoba. Menariknya kopi ini diolah secara manual dan dengan menggunakan alat tradisional sehingga cita rasa yang dihasilkan juga pastinya juga sangat berbeda.

Kelebihan Kopi Maluku

Kelebihan kopi yang satu ini jika dibandingkan dengan kopi lainnya adalah adanya cita rasa yang sangat khas dan unik. Yakni antara perpaduan kopi dengan rempah, sehingga rasa yang dihasilkan pun sangat berkarakter. Tidak hanya nikmat namun juga menghangatkan dan juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Diantaranya dipercaya untuk mencegah penyakit kanker, memperlancar pencernaan, mengurangi resiko diabetes, dsb.

Rasa unik dan khas ini yang menjadikan Kopi Maluku banyak digemari oleh para pecinta kopi lokal maupun mancanegara. Cita rasa kopi ini tak akan bisa ditemukan pada kopi lain karena memang diracik sendiri dengan cara tradisional oleh warga sekitar. Dan yang tak kalah penting kandungan dalam kopi yang satu ini sangat baik untuk tubuh, seperti vitamin A, C, folat & zat besi, seng, magnesium, tembaga, potasium, kalsium dan mangan.

Nah berikut ini kita juga bakalan bahas mengenai kemasan kopi. Baik bubuk kopi maupun biji kopi. Ini ada beberapa contoh kemasan Kopi Maluku yang menarik dan cantik yang biasanya dipakai oleh para pelaku bisnis kopi. Langsung simak satu per satu saja yuk.

KEMASAN KOPI MALUKU

Standing Pouch Aluminium Foil

Deskripsi bahan

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini. Bahanya adalah laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

standing-pouch-aluminium-foil-maluku

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brand kamu.

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam, putih, gold, hijau, merah dsb. Banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.

Standing Pouch Craft

Deskripsi bahan

Kemasan berikut ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama. Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer. Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve ( lubang hirup untuk aroma kopi ).

standing-pouch-craft-maluku

Kelebihan

Kelebihan dari kemasan standing pouch craft ini adalah bahannya yang sangat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denģan window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik. Menariknya lagi kemasan ini ditambah dengan adanya zipper lock sehingga ketika produk dibuka bisa ditutup kembali tanpa takut tumpah.

Itu tadi adalah beberapa contoh kemasan dengan deskripsi dan kelebihan dari masing – masing kemasan. Kamu bisa memilih kemasan sesuai kebutuhan dengan berbagai macam ukuran, model dan juga desain menarik. Demikian dan kita cukupkan, semoga bermanfaat.

 

 

 

Sumber gambar : https://fajar.co.id/

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar