Kemasan Untuk Kopi Mau Pilih Printing atau Sablon?

Kemasan untuk kopi sekarang makin bervariasi. Apa lagi persaingan bisnis kopi saat ini semakin ketat. Para pebisnis kopi harus terus berinovasi untuk menghadirkan produk yang terbaik dan berkualitas untuk para pecinta kopi. Kemasan kopi mulai dari bahan sampai desain sekarang bisa dibuat sesuai dengan identitas masing-masing produk kopi. Begitu juga pilihan jasa cetak kemasan kopi yang makin bisa memenuhi kebutuhan para pebisnis kopi untuk membuat produk mereka makin berkelas. Mulai dari pembuatan konsep desain kemasan kopi sampai pemilihan bahan kemasan kopi, jasa cetak kemasan juga menjadi partner dan konsultan yang tepat untuk para pebisnis kopi.

Kemasan untuk Kopi Sablon dan Printing

Ada dua macam teknik cetak kemasan untuk kopi dalam hal cetak desain kemasannya, yaitu kemasan untuk kopi printing dan sablon. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Para pebisnis kopi dalam pemilihan teknik cetakan ini akan menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Sebab pebisnis kopi dalam memilih kemasan produk kopi pasti melalui berbagai pertimbangan. Terutama terkait harga yang harus sesuai dengan anggaran biaya operasional bisnis kopi. Berikut ini ulasan lengkap mengenai kemasan untuk kopi printing dan sablon.

Kelebihan Kemasan Sablon

– Produksi lebih cepat dan bisa mengutamakan pelanggan dengan status urgent

– Minimal order quantity yang lebih sedikit jika dibandingkan printing

– Harga cetakan lebih murah karena hanya menggunakan

Kekurangan Kemasan Sablon

– Selain warna hitam atau putih, umumnya hasil cetak dapat berubah warna jika menggunakan warna campuran, hal ini dikarenakan cara kerja manual dalam pengadukan tinta

– Hasil cetakan kemasan sablon rentan kotor

– Secara umum tinta sablon menggunakan tinta minyak sehingga menimbulkan sedikit bau

Kelebihan Kemasan Printing

– Hasil printing lebih konsisten baik dalam hal warna, posisi, dan ukuran, karena menggunakan teknologi canggih yang sudah dilengkapi dengan sensor

– Bersih dan aman, karena merupakan fresh product yang kemudian dipacking menggunakan standard operasional production

– Menggunakan tinta waterbase yang tidak menimbulkan bau karena tinta cepat kering

– Harga satuan relatif lebih murah karena jumlah minimal produksi yang terbilang cukup banyak

– Product akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi terutama jika desain kemasan menarik dan menjual

Kekurangan Kemasan Printing

– Umumnya minimal order quantity printing lebih banyak dibandingkan sablon karena dalam proses produksi terdapat banyak waste product dan material

– Biaya cetakan umumnya lebih mahal dibandingkan sablon

– Produksi lama, karena banyak tahapan yang diperlukan untuk produksi printing dan proses pembuatan cetakan yang memakan waktu lama

Jenis Kemasan Kopi

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan kemasan untuk kopi printing dan sablon, kedua teknik cetakan tersebut bisa diterapkan pada beberapa jenis kemasan. Ada berbagai jenis kemasan kopi dengan bahan dan modelnya masing-masing. Tentunya dalam pemilihan bahan dan bentuk kemasan untuk kopi juga harus disesuaikan dengan karakteristik produk kopi itu sendiri. Misalnya produk yang dijual adalah kopi bubuk maka kemasannya tentu akan berbeda dengan produk kopi dalam bentuk roasted bean. Maka dari itu selain mempertimbangkan desain kemasannya lebih diutamakan memilih kemasan sesuai dengan karakteristik produk. Berikut ini beberapa jenis bahan dan bentuk kemasan kopi yang bisa menjadi pilihan untuk mengemas produk kopi baik itu kopi bubuk maupun biji kopi.

  1. Kemasan Kopi Standing Pouch Alufoil

Jenis kemasan ini banyak digunakan untuk mengemas produk kopi. Kemasan standing pouch alufoil sesuai namanya terbuat dari bahan aluminium foil dengan ketebalan 125 mikron. Daya tahannya terhadap pancaran sinar matahari dan kemampuannya mencegah kontaminasi udara luar cukup bagus. Kemasan standing pouch alufoil ada beragam variasi mulai dari zipper, valve, dan kombinasi dari keduanya. Jenis yang tepat untuk produk kopi baik bubuk maupun roasted bean adalah standing pouch alufoil valve. Sebab kemasan jenis ini berfungsi untuk mengeluarkan gas CO2 yang dihasilkan oleh kopi saat berada di dalam kemasan kopi.

  1. Kemasan Kopi Gusset Pouch

Kalau kemasan kopi gusset pouch memiliki bentuk yang unik sehingga bisa membuat produk kopi menjadi lebih menarik. Kemasan kopi gusset pouch tidak memiliki zipper. Tapi kemasan gusset pouch ini memiliki item pengganti sebagai pengikat kemasan. Kemasan gusset pouch tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Ketebalan yang ideal untuk mengemas produk kopi dengan kemasan gusset pouch adalah 125 mikron. Ketebalan tersebut berfungsi untuk menjaga kualitas kopi dan menjaga ketahanan kemasan dengan kualitas printing yang terbaik.

  1. Kemasan Kopi Flat Bottom Pouch

Flat bottom pouch merupakan jenis kemasan yang paling digemari oleh para pebisnis kopi. Pilihan warna untuk jenis kemasan flat bottom pouch juga beragam. Mulai dari kemasan flat bottom pouch warna silver, gold, hitam, putih, dan warna cokelat kertas. Kemasan flat bottom pouch adalah kombinasi dari kemasan standing pouch dan kemasan gusset pouch. Bentuk kemasan flat bottom pouch adalah paduan antara kemasan berbentuk gusset yang menggunakan zipper sebagai penutup.

  1. Kemasan Kopi Paper Craft

Jenis kemasan kopi paper craft adalah salah satu produk kemasan yang paling banyak diminati oleh para pebisnis kopi saat ini. Kemasan dengan bahan kertas ini kini telah menjadi pilihan alternatif yang cukup populer. Jenis kemasan kopi paper craft banyak dipilih oleh para pebisnis kopi karena memiliki kesan artistik dan dianggap lebih menarik sebagai pembungkus produk. Kemasan paper craft memiliki beberapa ukuran mulai dari 70 gram sampai dengan 200 gram. Lapisan bagian dalam dari kemasan paper craft adalah aluminium foil dengan standarisasi food grade. Maka dari itu akan aman untuk menyimpan bahan pangan termasuk kopi.

  1. Kemasan Kopi Plastik Standing Pouch

Sesuai namanya kemasan ini berbahan plastik dengan model vertikal berdiri. Kemasan plastik standing pouch akan membuat produk kopi tampil makin menarik karena produk kopi bubuk maupun biji kopi bisa terlihat. Dari segi harga kemasan plastik standing pouch ini juga lebih terjangkau. Sekarang kemasan kopi plastik standing pouch bentuk dan ukurannya makin beragam. Seperti adanya fitur zipper lock yang cocok untuk produk yang tidak sekali habis seperti produk kopi.

Sekarang ini pebisnis kopi sudah semakin dimudahkan untuk cetak kemasan kopi. Apa lagi dengan kemajuan teknologi internet seperti sekarang di mana cetak kemasan kopi bisa dilakukan secara online. Seperti halnya diKemas.com yang merupakan jasa cetak kemasan yang telah melayani banyak pelaku usaha untuk menciptakan kemasan produk yang berkualitas. Tidak hanya itu, layanan konsultasi dan desain kemasan gratis untuk pelanggan juga memudahkan para pelaku usaha untuk membuat produk mereka makin naik kelas. Bahkan ada layanan gratis ongkir untuk berbagai wilayah di Indonesia. Yuk konsultasikan kemasan untuk kopi yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak diKemas.com di bawah ini!

Konsultasi (WA)

2 pemikiran pada “Kemasan Untuk Kopi Mau Pilih Printing atau Sablon?”

    • Selamat pagi kak Hilda, untuk logo kemasan bisa desain dari klien (kalau sudah ada), bisa juga tim desain diKemas.com bantu buatkan gratis. Untuk info lainnya bisa langsung WA customer service kami ke nomor berikut wa.me/6281231562447 (Ayu)

      Balas

Tinggalkan komentar