Pilih Kemasan Kopi Aceh Berkualitas Untuk Jaga Cita Rasa

Kemasan kopi aceh saat ini sudah banyak jenisnya. Mulai dari kemasan kopi aceh sachet, standing pouch, gusset pouch, hingga flat bottom. Kopi yang menjadi primadona dari Serambi Mekkah ini adalah kopi aceh gayo. Jenis kopi aceh gayo merupakan varietas kopi arabica yang menjadi unggulan di dataran tinggi wilayah Gayo, Aceh Tengah. Kopi aceh ini merupakan hasil dari perkebunan kopi yang berada di ketinggian 1.000-1.200 mpdl. Pembudidayaan tanaman kopi jenis ini memang akan menghasilkan kopi yang berkualitas saat ditanam di dataran tinggi dengan udara yang sejuk. Biji kopi arabica pada dasarnya memang lebih sulit untuk perawatannya. Jadi tidak heran kalau biji kopi arabica menjadi primadona bagi para penikmat kopi, termasuk kopi aceh gayo.

Kopi Aceh Gayo

Jadi tidak heran kalau kemasan kopi aceh menjadi salah satu hal yang penting. Selain menjaga kualitas dan cita rasa kopi, kemasan kopi aceh juga harus tampil cantik untuk mewakili kualitas kopi itu sendiri. Provinsi Aceh yang terletak di paling ujung utara pulau Sumatera pada dasarnya memang memiliki beragam keunikan, mulai dari budaya, adat istiadat, kuliner, keindahan alam, serta hal unik lainnya. Aceh menjadi salah satu sentral produksi kopi gayo arabica terbesar di Indonesia. Bahkan di Asia, kopi gayo arabica terkenal dengan kualitas kopi terbaik di dunia. Kopi aceh ini terkenal karena keunikan dari karateristik aroma dan juga cita rasa yang sangat khas.

Kopi aceh gayo di pasaran internasional bersaing dengan produsen kopi dari negara-negara di benua Afrika, Amerika, serta negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand. Keunggulan kopi arabica dari dataran tinggi Gayo ini sudah tidak diragukan lagi. Bahkan telah diakui oleh dunia bahwa kopi arabica gayo ini merupakan salah satu kopi organik terbaik di dunia. Kopi arabica gayo memiliki tekstur yang cukup halus dan aromanya yang sangat khas yaitu berbau tajam. Cita rasa kopi aceh gayo adalah aroma dan perisa yang sangat kompleks dengan kekentalan yang kuat. Maka dari itu pemilihan kemasan kopi aceh gayo yang tepat akan sangat berpengaruh dalam menjaga kualitas dan cita rasa kopi.

Ciri Khas Kopi Aceh Gayo

Karakter rasa dari kopi aceh gayo ini sangat kuat dengan tingkat keasaman yang rendah dan paduan dengan sedikit rasa rempah. Hal itulah yang menjadikan kopi aceh gayo sangat digemari. Bukan hanya digemari masyarakat Indonesia saja tapi juga dunia terutama pecinta kopi dari wilayah Amerika dan Eropa. Rasa kopi gayo cenderung kuat tapi tidak pahit, cenderung nutty dan buttery. Keasamannya rendah dengan rasa manis yang cenderung tinggi dan bentuk biji kopi sedang. Ciri khas dari kopi gayo adalah memiliki rasa yang tidak konsisten, karena perkebunan kopi di daerah tinggi Gayo memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Keunikan ini juga yang menjadi alasan kenapa kopi gayo masih menjadi kopi yang banyak digemari oleh para penikmat kopi. Bukan hanya cita rasanya saja yang membuat orang tertarik, kemasan kopi aceh gayo juga menjadi daya tarik tersendiri.

Ada berbagai jenis kemasan kopi aceh yang bisa menjadi pilihan untuk mengemas kopi supaya tampil cantik dan kualitas cita rasa tetap terjaga. Kemasan saat ini bukan hanya menjadi wadah atau pembungkus kopi saja. Tapi lebih dari itu kemasan juga menjadi identitas suatu produk dan menjadi salah satu alat untuk menjalin kedekatan dengan konsumen. Berikut ini beberapa jenis kemasan kopi aceh yang banyak digunakan supaya produk kopi tampil cantik dan memikat.

Jenis Kemasan Kopi Aceh Gayo

  1. Kemasan Standing Pouch Alufoil

Jenis kemasan ini banyak digunakan untuk mengemas produk kopi. Kemasan standing pouch alufoil sesuai namanya terbuat dari bahan aluminium foil dengan ketebalan 125 mikron. Daya tahannya terhadap pancaran sinar matahari dan kemampuannya mencegah kontaminasi udara luar cukup bagus. Kemasan standing pouch alufoil ada beragam variasi mulai dari zipper, valve, dan kombinasi dari keduanya. Jenis yang tepat untuk kemasan kopi aceh gayo adalah standing pouch alufoil valve. Sebab kemasan jenis ini berfungsi untuk mengeluarkan gas CO2 yang dihasilkan oleh kopi saat berada di dalam kemasan kopi.

2. Kemasan Gusset Pouch

Kalau kemasan kopi gusset pouch memiliki bentuk yang unik sehingga bisa membuat produk kopi menjadi lebih menarik. Kemasan kopi gusset pouch tidak memiliki zipper. Tapi kemasan gusset pouch ini memiliki item pengganti sebagai pengikat kemasan. Kemasan gusset pouch tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Ketebalan yang ideal untuk mengemas kopi aceh dengan kemasan gusset pouch adalah 125 mikron. Ketebalan tersebut berfungsi untuk menjaga kualitas kopi dan menjaga ketahanan kemasan dengan kualitas printing yang terbaik.

3. Kemasan Flat Bottom Pouch

Flat bottom pouch merupakan jenis kemasan yang paling digemari oleh para pebisnis kopi. Pilihan warna untuk jenis kemasan flat bottom pouch juga beragam. Mulai dari kemasan flat bottom pouch warna silver, gold, hitam, putih, dan warna cokelat kertas. Kemasan flat bottom pouch adalah kombinasi dari kemasan standing pouch dan kemasan gusset pouch. Bentuk kemasan flat bottom pouch adalah paduan antara kemasan berbentuk gusset yang menggunakan zipper sebagai penutup.

4. Kemasan Paper Craft

Jenis kemasan kopi paper craft adalah salah satu produk kemasan yang paling banyak diminati oleh para pebisnis kopi saat ini. Kemasan dengan bahan kertas ini kini telah menjadi pilihan alternatif yang cukup populer. Jenis kemasan kopi paper craft banyak dipilih oleh para pebisnis kopi karena memiliki kesan artistik dan dianggap lebih menarik sebagai pembungkus produk. Kemasan paper craft memiliki beberapa ukuran mulai dari 70 gram sampai dengan 200 gram. Lapisan bagian dalam dari kemasan paper craft adalah aluminium foil dengan standarisasi food grade. Maka dari itu akan aman untuk menyimpan bahan pangan termasuk kopi.

Jasa Cetak Kemasan Kopi Aceh

Kemasan kopi aceh penting untuk dipilih dan dikonsep dengan tepat. Sebab sebagai jenis kopi yang berkualitas kemasannya juga harus disesuaikan. Mulai dari kopi bubuk, kopi hijau, sampai kopi sangrai harus disesuaikan dalam pemilihan kemasan kopinya. Sebab karakteristik kopi harus disesuaikan juga dengan kemasan kopi yang digunakan. Begitu juga dengan desain kemasan kopi yang dikonsep dengan pemilihan bentuk, font, dan warna yang sesuai.

Sekarang ini pebisnis kopi semakin dimudahkan ketika ingin mencari jasa cetak kemasan kopi aceh yang sesuai dengan kebutuhan secara online. Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pemesanan kemasan kopi secara online adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu terhadap jasa cetak kemasan yang akan dipilih. Pastikan jasa cetak kemasan adalah perusahaan yang kredibel. Untuk melihat apakah jasa cetak kemasan kredibel atau tidak adalah dengan melihat ketersediaan informasi yang jelas. Mulai dari website, landing page, kontak, sampai media sosial yang mencantumkan informasi terkait jasa dan produk yang ditawarkan.

Kalau jasa cetak kemasan kopi aceh yang sudah jelas krebidilitasnya, diKemas.com adalah jawabannya. Terdapat layanan konsultasi kemasan kopi secara gratis, layanan desain kemasan kopi tanpa dipungut biaya, minimal pemesanan kemasan terjangkau, harga bisa dinegosiasikan, dan layanan gratis ongkir untuk berbagai wilayah. Apakah kamu adalah pebisnis kopi sedang mencari kemasan kopi aceh yang tepat? Yuk konsultasikan kemasan kopi apa yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak diKemas.com di bawah ini.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar