Mengenal Kopi Aceh Gayo dan Alasan Jadi Kopi Termahal di Dunia

 

Kopi Aceh Gayo adalah kopi yang akan kita bahas selanjutnya pada artikel kali ini. Mengenal Kopi Aceh Gayo dan mengetahui alasan mengapa kopi ini jadi salah satu kopi termahal di dunia. Pastinya kamu juga penasaran apa yang menjadi alasan kopi ini jadi salah satu kopi termahal di dunia.

Nah Kopi Aceh Gayo ini merupakan varietas kopi arabica yang menjadi unggulan dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Perkebunan Kopi Gayo Aceh ini berada pada ketinggian 1000 – 1200 mdpl. Untuk pembudidayaan tanaman kopi ini sangat cocok ditanam pada tempat yang teduh dan sejuk. Biji kopi arabica memang terkenal sulit dalam hal perawatannya.mengenal-kopi-aceh-gayo-dan-alasan-jadi-kopi-termahal-di-dunia

Fakta Menarik Dari Kopi Aceh Gayo

Kopi Organik Mendunia

Aceh terletak paling ujung utara pulau Sumatera yang memiliki beragam keunikan, mulai dari budaya, adat istiadat, kuliner, bentangan alam yang luas dan indah dan hal unik menarik lainnya. Aceh ini dikenal sebagai salah satu sentral produksi Kopi Gayo Arabica terbesar di Indonesia. Bahkan menariknya lagi di Asia Kopi Gayo Arabica Aceh ini terkenal dengan kualitas kopi terbaik diseluruh dunia. Kopi ini terkenal karena keunikan karateristik aroma dan juga cita rasa yang sangat khas.

Fakta menariknya Kopi Gayo Arabica Aceh ini dikenal dengan ciri khasnya geografis sebagai Kopi Gayo (Gayo Mountain Coffee) yang mana sekarang sudah bisa bersaing di negara benua Afrika, Amerika, Vietnam dan Thailand di pasar – pasar kopi dunia. Pasar kopi baru yaitu specialty coffee yang mana kopi organik termasuk didalamnya. Kopi organik ini adalah kopi yang diproduksi dengan menganut paham pertanian berkelanjutan. Pada budidaya organik ini sangat memperhatikan beberapa faktor diantaranya sumber daya alam, senyawa pencemar, keamanan hasil panen dan nilai gizi.

Kopi Terbaik Dunia

Kopi organik hanya bisa diproduksi dengan kondisi sumber daya lahan yang mana tingkat kesuburan tanahnya tinggi, curah hujan cukup dan beberapa faktor lingkungan. Selain itu proses penanganan pada saat panen kopi organik ini juga memerlukan kecermatan ketentuan standar mutu biji kopi. Tahukah kamu jika keunggulan kopi arabica dari dataran tinggi Gayo ini sudah mendapat pengakuan dari dunia dan telah mendapat sertifikat Kopi Arabica Gayo ini dinyatakan sebagai kopi organik terbaik di dunia yang telah di test oleh para ahli kopi sedunia.

KOPI ACEH GAYO

Daerah Asal Kopi Aceh Gayo

Provinsi Sumatera terkhususnya daerah Aceh Gayo merupakan daerah penghasil Kopi Arabica Gayo terbaik dunia. Kopi arabica gayo ini memiliki tekstur yang cukup halus dan memiliki aroma yang sangat khas yakni berbau tajam. Jenis kopi ini memiliki cita rasa yang khas dengan ciri utama aroma dan juga perisa yang sangat kompleks dengan kekentalan yang kuat. Kopi gayo ini memiliki aroma dan kenikmatan kopi yang sangat khas. Bilamana di test rasa dan aroma hampir memiliki cita rasa kopi diseluruh dunia. Kopi dari daerah Gayo ini merupakan kopi termahal didunia. Hal tersebut dibuktikan pada saat pameran yang pernah diikutinya.

Karateristik Kopi Aceh Gayo

Karakter rasa dari kopi gayo aceh ini sangat kuat, tingkat keasaman yang rendah dengan paduan sedikit rasa rempah. Hal ini yang menjadi kopi gayo sangat digemari, tak hanya masyarakat Indonesia namun juga dunia terutama Amerika dan juga Eropa. Rasa kopi gayo aceh ini cenderung kuat namun tidak pahit, ini yang menjadikannya sangat digemari. Rasa dari kopi ini cenderung nutty dan buttery. Keasaman yang rendah, dan rasa manis yang cenderung tinggi serta bentuk biji kopi medium. Inilah yang membedakan kopi ini dengan daerah lain seperti Jawa dan Sulawesi.

Ciri Khas

Ciri khas dari kopi gayo aceh ini memiliki rasa yang tidak konsisten, Hal tersebut karena perkebunan kopi di daerah tinggi Gayo memiliki ketinggian yang berbeda, ditambah pula perawatan, budidaya yang beragam maka ini yang menjadikan cita rasanya berbeda – beda tidak bisa konsisten. Apabila kopi ditanam pada area yang berbeda dengan ketinggian yang berbeda maka kemungkinan karateristik kualitas dari fisik dan juga cita rasanya juga akan berbeda.

Kelebihan Kopi Aceh Gayo

Dari sekian banyak jenis kopi di Indonesia Kopi Aceh Gayo ini adalah salah satu kopi yang menjadi primadona dan sangat mendunia. Kopi ini dinobatkan sebagai kopi termahal di dunia yang mana sudah diakui oleh seluruh dunia. Daerah Aceh memang daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Memang ada 2 jenis kopi yang ada di Aceh ini yakni robusta dan arabica namun yang menjadi ciri khas dan memiliki kualitas terbaik adalah arabica.

Kopi arabica gayo aceh ini dinobatkan sebagai kopi organik terbaik di dunia. Jenis kopi ini memiliki karateristik aroma dan cita rasa yang berbeda yakni aroma dan perisa. Manfaatnya untuk kesehatan pun sudah sangat dikenal oleh dunia. Salah satunya adalah mencegah depresi, mencegah kanker kulit, meningkatkan mood, menjaga kesehatan hati, menurunkan resiko diabetes, penambah stamina, menjadikan lebih cerdas, membakar lemak, memiliki nutrisi sumber antioksidan, meningkatkan sistem imun dan masih banyak lagi.

Potensi Kopi Aceh Gayo

Untuk dijadikan sebuah bisnis kopi aceh gayo ini sangat berpotensi bagus karena memiliki prospek yang sangat cerah. Bagaimana tidak menjanjikan? Dari sekian banyak kopi yang ada di Indonesia kopi aceh gayo ini merupakan kopi yang paling mendunia. Kopi ini telah dinobatkan sebagai kopi organik terbaik di dunia, yang mana kini mampu memegang pasar dunia.

Bahkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh cukup banyak sekali. Ditambah pula harganya yang cukup tinggi karena memang kopi arabica terkenal harganya yang mahal karena perawatanya dan panennya yang cukup sulit. Dari proses perawatannya inilah yang nantinya akan menghasilkan karateristik cita rasa kopi ini sendiri.

Kemasan Kopi Aceh Gayo

Potensi kopi aceh gayo yang sangat menjanjikan ini tentunya jika kamu mampu memanfaatkan sebagai peluang bisnis maka akan menghasilkan keuntungan yang fantastis.

Gimana buat kamu yang lagi cari ide bisnis tertarik menekuni bisnis kopi ini tidak? Nah dibawah ini kami juga akan mengulas mengenai contoh kemasan kopi aceh gayo yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis kopi. Beberapa kemasan kopi dibawah ini sangat menarik dan memiliki daya tarik yang mampu menarik para calon pelanggan.

Ada beberapa jenis kemasan yang digunakan untuk mengemas biji kopi maupun bubuk kopi. Salah satunya adalah standing pouch craft, standing pouch aluminium foil doff dan glossy, sachet, standing pouch printing dan sablon.

Standing Pouch Printing Doff

standing-pouch-printing-dof

Deskripsi

Kemasan ini bernama standing pouch alupaper printing doff terbuat dari bahan aluminium foil di bagian dalam dan bagian luar dilaminasi art paper yang bisa diprint dengan desain merk/brand produk sesuai dengan kebutuhan para pelaku bisnis kopi.

Pada umumnya kemasan stand pouch alupaper ini dipilih para pelaku bisnis kopi yang ingin naik kelas dengan kemasan yang sudah dibranding dengan merk/ brand produk yang dipasarkan, namun dengan minimal order yang masih cukup terjangkau. Kemasan stand pouch printing ini bagian dalamnya dilapisi bahan aluminium foil dengan dilaminasi art paper printing dengan tampilan glossy maupun doff.

Kelebihan standing pouch printing doff :

  1. Selama ini UKM terkendala minimum order untuk bisa memproduksi kemasan yang sudah dilengkapi merk/ brand produk yang mereka pasarkan.
  2. Meski tidak dilengkapi dengan zipper, tapi kemasan stand pouch ini bisa direkatkan dengan alat pres listrik atau UKM biasa menyebutnya dengan istilah hand sealer.
  3. Laminasi glossy ataupun doff pada kemasan stand pouch alupaper, membuat kemasan terlihat semakin eksklusif dan elegan sehingga mempertajam desain merk/ brand yang dipasarkan.

Standing Pouch Craft

standing-pouch-craft-kopi-gayo-aceh

Deskripsi

Nama kemasan berikut ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama. Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer.
Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve ( lubang hirup untuk aroma kopi ).
Kelebihan dari kemasan standing pouch craft ini adalah bahannya yang sangat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denģan window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik. Dan yang lebih praktisnya lagi kemasan ini ditambah dengan adanya zipper lock sehingga ketika produk dibuka bisa ditutup kembali tanpa takut tumpah.

Standing Pouch Aluminium Foil

standing-pouch-aluminium-foil-kopi-gayo

Deskripsi

Kemasan ini bernama standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan banyak digunakan saat ini. Kemasan ini dilengkapi dengan laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Ditambah zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brandmu.

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam dan putih, banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.

Kemasan Sachet Kopi kemasan-sachet-kopi

Deskripsi

Kemasan sachet kopi ini terbuat dari bahan aluminium foil. Selama ini kemasan sachet kopi sengaja diproduksi dengan bahan aluminium foil karena jenis material tersebut cukup kuat untuk mempertahankan aroma dan cita rasa kopi yang dikemas di dalamnya. Biasanya ada beberapa ukuran yakni 50 gram, 25 gram, 20 gram, dan 10 gram.

Selama ini produk kemasan sachet kopi yang paling banyak digunakan yaitu menggunakan kemasan sachet aluminium foil, bahan ini seringkali dipilih karena selain mampu menjaga keawetan produk, tapi juga kedap udara sehingga aroma kopi tidak cepat hilang ketika dalam plastik kemasan.

Nah itu tadi pembahasan kita mengenai kopi aceh gayo dan alasan menariknya mengapa kopi ini menjadi kopi termahal di dunia. Serta beberapa contoh kemasan menarik yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis kopi untuk menarik minat para pembeli. Sekian pembahasan kita kali ini, terima kasih.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar