Pilih Kemasan Untuk Kopi, Pastikan Kamu Tahu 8 Hal Ini!

Kemasan untuk kopi menjadi hal penting dalam kelangsungan bisnis kopi. Saat ini berbisnis merupakan hal yang menjanjikan untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Seperti halnya berbisnis kopi Aceh. Kopi Aceh memang memiliki variasi rasa dan juga cita Rasa yang khas dan berbeda dengan kopi pada umumnya. Hal itulah yang membuat banyak para pengusaha tertarik untuk mengembangkan bisnis ini.

Tips Memilih Kemasan untuk Kopi

Apabila Anda memulai bisnis suatu produk, maka hal yang juga perlu dipertimbangkan adalah kemasan yang akan digunakan. Kemasan untuk kopi tentu saja berbeda dengan kemasan produk lainnya. Kemasan menjadi hal yang turut berpengaruh dalam teknik marketing. Tetapi sebelum Anda memilih kemasan yang akan digunakan untuk bisnis kopi Aceh. Berikut ini beberapa hal yang harus diketahui dalam menentukan kemasan yang tepat.

  1. Bahan Kemasan untuk Kopi

Bahan ketika Anda memilih kemasan kopi memang menjadi hal yang perlu diperhatikan. Kemasan untuk kopi tidak bisa dipilih dengan bahan yang murahan atau bahan yang tidak bisa menjaga isi dari produk tersebut. Terdapat berbagai jenis bahan yang bisa digunakan sebagai kemasan.

Bahan yang terbuat dari plastik harus memiliki ketebalan yang sesuai. Artinya dalam hal ini plastik yang digunakan merupakan plastik yang khusus untuk kemasan. Kemudian apabila menggunakan kertas, maka kertas yang digunakan harus memiliki ketebalan sehingga tidak mudah basah ataupun tembus ketika terkena air.

  1. Logo Kemasan untuk Kopi

Desain logo menjadi sesuatu yang penting dalam suatu bisnis. Logo sendiri nantinya akan menggambarkan atau melambangkan bisnis Apa yang sedang Anda jalankan. Logo tidak bisa dibuat secara asal. Karena pada dasarnya setiap logo memiliki makna dan juga simbol-simbol tersendiri. Pada pembuatan kemasan biasanya akan disertakan logo yang digunakan titik penempatan dan juga ukuran logo tentu saja bervariasi.

Ada logo yang memiliki ukuran besar yang diletakkan tepat di tengah-tengah kemasan kopi. Ada pula logo dengan ukuran yang kecil dan diletakkan pada bagian sudut atau samping atau Sisi yang lainnya dari kemasan. Meskipun demikian, tampilan logo harus mampu menarik minat para customer. Maka dari itu, logo harus dibuat semenarik mungkin dan seindah mungkin.

  1. Warna Kemasan untuk Kopi

Warna bukanlah sesuatu yang bisa diremehkan. Apabila pemilihan warna untuk suatu kemasan kopi sesuai maka akan memberikan nilai lebih kepada ada produk tersebut titik misalkan saja anda berbisnis kopi, maka warnanya harus disesuaikan atau yang melambangkan kopi itu sendiri. Bisa menggunakan warna cokelat, hitam, dan masih banyak lagi.

Jika produk kopi yang Anda keluarkan memiliki banyak pilihan cita rasa, maka bisa juga disesuaikan dengan kemasan. Sehingga bisa dibilang warna kemasan kopi tidak harus paten. Seperti saat ini terdapat banyak sekali variasi rasa dari kopi. Ada kopi yang original, ada kopi dengan  tambahan susu, ada kopi dengan kombinasi teh, dan masih banyak lagi titik Apabila warna kemasan disesuaikan maka akan mendukung isi dari kemasan kopi tersebut.

  1. Pemilihan Letak Desain

Jika desain telah dipilih, maka selanjutnya hal yang harus di desain yang di digunakan. Suatu desain akan menjadi lebih menarik dan lebih berkualitas atau tertata apabila terletak pada lokasi yang memang sesuai.

Bukan hanya itu saja, ukuran juga menjadi salah satu penentu dari letak desain. Meskipun desainnya bagus tetapi apabila letaknya tidak sesuai maka tidak enak dipandang. Jadi, Anda harus benar-benar memiliki pertimbangan dalam meletakkan suatu desain yang tepat untuk kemasan kopi Aceh.

  1. Kualitas Desain Kemasan

Salah satu hal yang perlu diketahui adalah kualitas dari desain. Terdapat banyak sekali desain yang bisa anda gunakan untuk produk kopi. Setiap desain tentunya akan berkualitas apabila dibuat dengan menuangkan ide kreativitas tingkat tinggi. Desain tidak selalu berupa hal-hal yang mewah atau gambar yang mewah tetapi juga bisa gambar yang sederhana dengan kontras, warna, garis yang disesuaikan.

Jadi, pada intinya nya kesan yang sederhana pun akan nampak berkualitas apabila seluruh komponen yang ada di dalamnya turut mendukung. Untuk mendapatkan desain yang berkualitas ini, anda bisa membuatnya sendiri atau meminta bantuan kepada orang atau pihak jasa yang telah berpengalaman dalam melakukan desain kemasan untuk kopi.

  1. Penyesuaian Dengan Cita Rasa

Semakin berkembangnya zaman, manusia semakin banyak melakukan eksperimen.  Misalkan pada zaman dahulu di mana kopi hanya terdapat satu jenis yaitu kopi original atau Kopi Hitam.

Kemudian kopi hanya bisa dikonsumsi dalam keadaan panas atau hangat titik karena apabila dikonsumsi dalam keadaan dingin maka bisa menyebabkan perut kembung titik, namun saat ini kopi bisa dikonsumsi dalam keadaan dingin dengan varian rasa yang berbeda titik misalnya saja White Coffee. Tentu saja dalam pemilihan kemasan atau desain kemasan, harus disesuaikan dengan cita rasa yang ada di dalamnya.

Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa kemasan harus bergantung dengan cita rasa yang ditampilkan. Hal ini merupakan salah satu strategi marketing yang bisa dilakukan oleh para pengusaha dalam memasarkan produknya.

  1. Harga Biaya Cetak Kemasan

Tentu saja harga atau tarif dalam cetak kemasan menjadi salah satu hal utama yang dipertimbangkan. Kemasan kopi Aceh sendiri memiliki banyak sekali varian desain kemasan yang bisa digunakan. Setiap desain akan berbeda sesuai dengan tingkat kesulitan. Namun yang paling mempengaruhi adalah banyak atau sedikitnya kemasan yang akan dicetak.

Meskipun demikian,  dalam memilih sablon kemasan kopi, Anda juga harus selektif. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan riset terlebih dahulu. Riset yang dilakukan terkait dengan harga yang ditawarkan, kualitas yang diberikan, serta fasilitas yang didapatkan.

Apabila ketiga aspek tersebut tidak memiliki keseimbangan di mana harga ternyata lebih mahal daripada kualitas. Maka anda bisa memilih jasa yang lainnya. Karena tentunya setiap pengusaha akan berusaha menekan pengeluaran sekecil mungkin sehingga mendapatkan keuntungan sebesar mungkin.

  1. Daya Tahan Kemasan

Kemudian hal yang tidak boleh dilupakan Adalah daya tahan dari kemasan kopi. Desain sablon kemasan kopi memang sangatlah penting. Tetapi daya tahan dari kemasan yang digunakan juga tidak kalah penting. Maka dari itu, apabila menggunakan kemasan berupa plastik maka plastik tersebut harus memenuhi standar yang telah ditentukan.

Kemasan plastik akan dinilai lebih awet karena memiliki unsur yang tahan air. Sehingga meskipun kemasan terkena air secara tidak sengaja maka tidak akan membuat isi dari produk tersebut menjadi basah. Jika menggunakan kertas atau bahan lainnya maka juga harus tetap disesuaikan dengan standar.

Bagi Anda yang hendak melakukan sablon kemasan kopi, maka bisa menggunakan jasa kami. Kami menyediakan berbagai desain unik dan menarik yang tentunya akan menarik minat para konsumen untuk membeli produk Anda.

Berbagai desain kemasan kopi Aceh yang menarik disertai dengan warna relevan dan unik tersedia. Bahan kemasan juga dijamin memiliki kualitas yang tinggi sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keawetannya. Yuk konsultasikan kemasan untuk kopi yang Anda butuhkan dengan menghubungi kontak diKemas.com di bawah ini!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar