Tips Bisnis

Mau Bisnis Kopi? Kenalan Dulu Sama Jenis Kopi Nusantara Di Indonesia

Mau Bisnis Kopi? Kenalan Dulu Sama Jenis Kopi Nusantara Di Indonesia

 

Kamu mau bisnis kopi? ada yang bilang jikalau tak kenal maka tak sayang. Nah untuk semakin mendalami bisnis kop sesuai hobi ini tentunya kamu harus mengenali asal usul dan jenis kopi yang ada di nusantara lho. Yuk sekarang kenalan dulu sama kopi – kopi yang ada di nusantara dan apa perbedaanya antara arabica dan robusta.

Kopi ini adalah minuman dari hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Proses yang dilewati kopi sebelum dapat dinikmati ini melewati proses yang cukup panjang. Di negara Indonesia sendiri merupakan negara dengan hasil kopi yang cukup berlimpah. Struktur tanah yang cukup subur menjadikan kopi tumbuh dengan baik. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa wilayah yang tersebar di seluruh nusantara perkebunan kopi. Dari tiap daerah tersebut kopi memiliki karakteristik yang berbeda dan beragam. Tak hanya itu,  kopi dari berbagai daerah ini juga memiliki karakteristik tersendiri.mau-bisnis-kopi-kenalan-dulu-kopi-nusantara-di-indonesia

Nah buat kamu nih yang mau bisnis kopi ini kenalan lebih jauh dulu yuk apa aja kopi nusantara yang paling banyak digemari dan cukup terkenal diseluruh dunia. Serta bagaimana karakteristiknya dari setiap biji kopi tersebut.

Jenis Kopi Nusantara

Kopi Aceh Gayo

Di daerah Aceh terdapat 2 jenis kopi yang di budidayakan yakni arabica dan robusta. Diantara kedua jenis kopi ini yang paling menjadi favorit dan cukup populer adalah gayo arabica. Kopi ini merupakan kopi terbaik di dunia. Karakteristik kopi yang satu ini memiliki aroma yang cukup tajam dan cukup banyak penggemarnya. Cita rasa kopi gayo ini memiliki ciri khas karena tidak meninggalkan rasa yang pahit dilidah sama sekali.

Kopi Jawa

Kopi Jawa memiliki ciri khas cita rasa yang sangat unik, cita rasa yang ditawarkan ini adalah aroma rempah. Jenis kopi ini dinikmati karena memiliki cita rasa dan aroma yang berbeda. Meskipun tak sekuat aroma kopi Sumatera dan Sulawesi tetapi aroma tipis rempah yang dihasilkan cukup terasa lebih unik dan berbeda. Cita rasa yang khas dari rasa kopi yang tidak terlalu kuat namun memiliki khas rasa rempah. Tentu tidak semua kopi mampu menghasilkan cita rasa unik dengan adanya rempah.

Kopi Sumatera

Kopi Sumatera menjadi salah satu kopi yang juga terkenal di dunia karena paling terkenal memiliki cita rasa yang berat. Bisa dikatakan kopi jenis ini adalah salah satu kopi yang paling berat diantara jenis kopi yang lainnya yang ada didunia. Menurut para ahli kopi Sumatera ini memiliki cita rasa yang unik dan karateristik dengan aroma rempah. Kopi ini memiliki tekstur yang cenderung halus dan yang paling menarik baunya sangat khas dan harum. Tak heran makanya ya jika kopi ini jadi salah satu kopi yang cukup populer.

Kopi Sulawesi Toraja

Kopi Toraja jadi salah satu kopi yang terkenal di dunia, kopi ini merupakan kopi yang paling banyak penggemarnya. Cita rasa yang sangat berkarasteristik ini cukup membuat candu, keunikan rasa yang ditawarkan cukup membuat siapapun yang merasakan menjadi ketagihan. Rasa yang kuat serta kadar asam yang cukup tinggi menjadikan kopi ini jadi salah satu kopi yang paling banyak penggemarnya. Meskipun kopi ini memiliki rasa yang cukup asam namun inilah yang menjadi ciri khas. Tidak hanya rasanya saja yang memiliki karateristik yang unik namun aroma kopi ini juga cukup wangi meskipun tidak terlalu kuat.

Kopi Florest Bajawa

Salah satu daerah penghasil kopi terbaik yang tak kalah nikmat dengan kopi jenis lainnya. Kopi ini tak kalah nikmat dengan kopi nusantara lainnya, rasa yang ditawarkan cukup unik dan berkarakter. Jenis kopi ini memiliki aroma yang sedikit ada rasa buah dan bau tembakau. Jadi ketika dinikmati akan meninggalkan cita rasa yang unik yang mungkin tak bisa kamu dapatkan dikopi jenis lainnya.

Kopi Bali Kintamani

Kopi Bali Kintamani ini sangat menarik dan juga unik, dibandingkan dengan kopi jenis lainnya cita rasanya cukup membuat jatuh cinta. Rasa buah yang segar dan asam menjadi ciri khas dari kopi yang satu ini. Kopi ini memiliki rasa buah dan asam ini karena tanaman kopi ini menyerap sari buah dan sayuran yang tumbuh disekitar. Selain memiliki cita rasa buah kopi ini memiliki cita rasa yang cukup lembut dan tidak berat. Rasa unik yang ditawarkan kopi ini yang menjadikanya cukup digemari oleh penikmat kopi di seluruh dunia.

Kopi Wamena Papua

Tidak kalah menarik dengan kopi jenis lainnya, kopi Wamena Papua ini memiliki cita rasa yang cukup ringan dan memiliki harum yang tajam namun nikmat. Hal menarik dan istimewanya dari kopi yang satu ini karena ditanam dengan cara organik sehingga tanpa adanya campur tangan bahan kimia. Kopi ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan hampir tidak ada ampas kopinya. Maka tak heran lagi jika kopi ini menjadi salah satu kopi yang menjadi pilihan terfavorit.

Kopi Lampung

Salah satu jenis kopi nusantara yang cukup terkenal yakni adalah kopi Lampung. Kopi ini memiliki cita rasa yang khas seperti kopi nusantara lainnya. Kopi Lampung ini termasuk jenis kopi robusta. Ciri khas yang membedakan kopi ini dengan kopi di daerah lain adalah teksturnya yang cukup halus dan rasa yang sedikit agak berat. Kopi Lampung ini menjadi salah satu kopi robusta yang menjadi favorit para pecinta kopi.

Nah itu tadi adalah beberapa macam jenis kopi diseluruh nusantara yang paling digemari oleh para pecinta kopi di seluruh dunia. Buat kamu yang mau bisnis kopi, pelajarin lebih lanjut yuk tentang kopi. Mulai dari kopi nusantara yang ada di Indonesia, perbedaan kopi arabica dan robusta, beberapa jenis alat untuk menyeduh kopi, tips memulai bisnis kopi, tips memilih kemasan dan strategi pemasaran bisnis kopi.

Jangan sampai ketinggalan artikel menarik lainnya yang membahas tentang kopi dan bisnis kopi. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian ^^ Untuk kebutuhan pembelian kemasan kopi dikemas.com juga menyediakan berbagai jenis dan macam kemasan kopi mulai dari paper cup, gelas plastik sablon, standing pouch, dan masih banyak lagi. Untuk informasi yang lebih lengkap kamu bisa tanya langsung sama CS nya ya.