Tips Bisnis

Begini Cara Memanfaatkan Facebook Untuk Kegiatan Bisnis 

begini-cara-memanfaatkan-facebook-untuk-kegiatan-bisnis
Memanfaatkan facebook untuk kegiatan bisnis memang sedang banyak dilakukan di era modern ini. Facebook jadi salah satu sosial media yang cukup populer di kalangan masyarakat.  Siapa sih yang tidak mengenal facebook di era modern ini? Bahkan tidak hanya orang dewasa saja yang menggunakannya. Sekarang ini anak-anak dan anak muda sudah banyak yang menggunakan sosial media ini. Meskipun untuk kegiatan pribadi namun kini seiring dengan perkembangan zaman fitur facebook semakin lengkap. Dengan adanya fitur facebook yang semakin lengkap ini malah sangat mendukung untuk kegiatan bisnis.
Penggunaan facebook yang cukup mudah juga menjadi salah satu alasan banyaknya para pengguna aktif facebook. Baik untuk kegiatan pribadi maupun untuk kegiatan bisnis. Nah bagi kalian yang mau memanfaatkan facebook sebagai sosial media untuk bisnis. Ada beberapa hal yang perlu kalian tahu bagaimana cara memanfaatkan facebook untuk bisnis. Nah untuk memanfaatkan facebook sebagai ladang untuk mencari rezeki begini caranya.
begini-cara-memanfaatkan-facebook-untuk-kegiatan-bisnis

Memanfaatkan Facebook Untuk Bisnis

Beginilah cara – cara memanfaatkan facebook sebagai media promosi atau bisnis, simak penjelasan berikut ini :

Membuka Toko Online

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan facebook sebagai media sebagai ladang rezeki adalah dengan menggunakannya sebagai toko online. Sekarang ini sudah ada banyak kemudahan dalam berbisnis. Termasuk dalam bisnis online, apabila kamu belum memiliki toko offline kamu bisa memulainya dengan menjadi dropship atau pun reseller. Dengan menjadi dropship atau reseller ini akan meminimalisir kerugian karena kamu tidak perlu stok barang. Untuk kamu yang masih terbatas modal cukup membantu sekali, kamu hanya perlu mengambil atau memesan barang ketika sudah diorder oleh para pembeli.
Kamu pun bisa mempromosikan di fanpage facebook atau bisa share pada beberapa grup jual beli di facebook. Nah jika kamu tertarik untuk menjangkau pasar lebih jauh lagi kamu bisa menggunakan fitur facebook ads untuk iklan. Dengan menggunakan fitur ini tentu akan meningkatkan penjualan karena targetnya lebih spesifik dan bisa menjangkau pasar lebih luas.

Memasang Facebook Ads

Pada facebook Ads ini memang menjadi salah satu media yang menjanjikan setelah google. Namun belum banyak yang memanfaatkan fitur yang satu ini. Padahal jika memaksimalkan fitur ini mampu membantu mendongkrak penjualan berlipat – lipat. Memang sedikit agak rumit untuk memasang facebook ads ini karena harus melewati beberapa tahap. Namun tenang saja kamu bisa memasang facebook ads dengan memperhatikan panduan lengkap cara memasang facebook ads. Pastikan jika kamu mengisi saldo facebookmu agar iklan tetap berjalan.

Mengelola Fanpage

Untuk bisa memaksimalkan penjualan melalui facebook, kamu harus bisa mengelola fanpage. Manfaatkan fitur dari facebook ini untuk membuat penjualanmu semakin meningkat. Pemasaran atau branding ini harus tetap berjalan dan dilakukan dengan semaksimal mungkin. Namun sebagai seorang pelaku bisnis dalam mengelola sosial media tidak boleh hanya asal – asalan. Jika asal upload gambar produk yang ada para pengikut akan mudah bosan dan melewatkan postinganmu.
Coba buat konten yang menarik dan terjadwal, kamu bisa menjadwal postingan gambar, foto, video, tulisan seperti quote atau tips trik bisnis dan lain sebagainya untuk memancing minat para pengguna lain. Postingan konten secara rutin dan berkala setiap harinya. Usahakan membuat konten yang menarik dan berbeda setiap harinya. Dan promosikan fanpage pada pengguna facebook dan tingkatkan jumlah likes page secara natural.

Gunakan Fitur Penjadwalan Status Otomatis

Facebook memilki beberapa fitur menarik terutama untuk kegiatan bisnis. Dan yang cukup menarik dari facebook ini adalah dengan adanya fitur penjadwal status otomatis. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk update status secara terjadawal. Pada saat kita sibuk fitur ini mampu membantu update status secara otomatis.
Ciptakan Profil Facebook Menarik 
Ketika para pengguna lain tertarik dengan kontenmu tentu mereka akan lebih tertarik dengan bisnismu.  Dengan begitu mereka pasti akan mencari profilmu untuk kemudian mengecek postinganmu dan produk yang kamu promosikan. Maka usahakan untuk membuat gambar profil, cover dan detail informasi secara menarik. Gunakan profil yang menarik, dan sesuai dengan produkmu serta yang menjadi identitas bisnismu. Cantumkan nama brand dan logo bisnismu untuk mempermudah dikenal oleh masyarakat.

Fokus Memperbesar Like

Tahukah kamu jika page kamu memiliki jumlah like yang banyak maka akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan untuk membeli produkmu pula. Fokuslah untuk memperbesar jumlah likes, buat konten yang menarik yang mampu menarik para pengguna lain. Buat target jumlah like yang ingin kamu peroleh, jangan lupa untuk melakukan monitoring dan pastikan target yang kamu buat tercapai.
Marketing Secara Konsisten 
Hal terpenting yang harus dilakukan ketika kamu melakukan pemasaran melalui sosial media facebook ini kamu harus konsisten dan rutin dalam mengupload postingan. Nah pastikan jika kamu mampu mengupload konten setiap hari 2-3 postingan. Yang mana dibagi pada jam – jam
tertentu. Nah jam paling efektif untuk posting konten di facebook diantara jam 10.00 – 15.00, atau jam 13.00 – 16.00, atau bisa juga sekitar jam 20.00 – 22.00.
Permasalahan yang biasanya terjadi dalam menjalankan strategi marketing di sosial media facebook adalah konsisten. Nah untuk menjaga agar bisnismu bisa terus berkembang dan terus bersaing dipasaran, maka kamu perlu untuk terus konsisten dan rutin dalam mengupload konten. Semakin kamu aktif dalam menghidupkan akun bisnismu maka produkmu akan cepat dikenal oleh masyarakat.
Nah itu tadi bagaimana cara memanfaatkan facebook untuk kegiatan bisnis. Semoga artikel ini dapat membantu dalam memberikan pencerahan stratgei marketing dengan menggunakan sosial media facebook. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.