Sebelum Membuat Cup Untuk Kopi, 10 Hal Ini Perlu Kamu Catat!

sebelum-membuat-cup-untuk-kopi-10-hal-ini-perlu-kamu-catat

Apakah kamu adalah pebisnis kopi? Jika kamu adalah millennials yang menggeluti bidang ini, maka kamu harus siap menghadapi persaingan. Mengapa, sebab kian hari makin banyak pesaing di bidang ini. Namun jangan khawatir sebab peluangnya masih sangat banyak. Nah, sebagai pebisnis kopi, pastinya kamu sudah tahu bukan apa saja yang harus ada dalam meja racikanmu? Tentu saja kopi. Namun jangan lupa kalau kamu juga butuh cup untuk kopi. Ya, seperti yang kita tahu bahwa cup kopi adalah benda yang berfungsi sebagai wadah kopi, sehingga pembeli bisa mudah membawanya.

paper-cup-baner-web

Tahukah kamu bahwa cup untuk kopi ini adalah benda yang dapat menarik pelanggan? Menurut beberapa sumber, masyarakat akan lebih melirik bungkus yang terlihat unik dan menarik. Dengan begitu, maka peluang barang terjual semakin tinggi. Jadi, jika kamu mau membuat cup kopi untuk produkmu, maka jangan lupakan sisi uniknya ya. Baik, agar kamu tak bingung dalam membuat cup, maka berikut beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan:

10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Cup Untuk Kopi

  1.   Desain

Seperti yang sudah diulas diatas, bahwa cup atau kemasan kopi merupakan benda yang sangat berpeluang menarik pembeli. Maka dari itu, sebaiknya kamu membuat desain unik yang mencerminkan produkmu. Jika kamu membuat produk kopi susu, mungkin kamu bisa mengombinasikan gambar kopi dan sapi. Atau jika kamu memiliki produk kopi murni yang berasal dari kota tertentu, kamu bisa membuat desain cup dengan gambar peta kota tersebut. Memang terdengar sedikit nyeleneh. Namun tak ada salahnya kamu coba. Intinya, sebelum kamu cetak cup kopi, jangan sampai kamu tidak punya ide mau dibuat seperti apa cup tersebut. Sesuaikan cup dengan brand atau produkmu maka dengan begitu, akan terasa serasi.

  1.   Warna

Jika kamu memiliki produk kopi hitam, pastinya tidak akan pas jika memakai cup kopi warna putih. Nah, oleh sebab itu, sebaiknya kamu memilih cup yang sesuai dengan warna produk kamu. Selain terlihat serasi, pembeli juga pasti akan tertarik.

  1.   Harga

Bagi kamu yang masih memulai usaha jualan kopi ini, sebaiknya jangan memilih cup yang harganya mahal. Mengapa, sebab kamu tidak tahu akan seperti apa bisnis ini. Bukannya menakuti-nakuti, hanya saja sebagai langkah untuk jaga-jaga. Kecuali kalau kamu sudah punya nama besar dan pelanggan yang banyak, tak apalah kamu memilih untuk cetak cup kopi dengan harga yang mahal.

  1.   Bahan

Jika kamu mau bisnis kopi, maka perhatikanlah bahan cup kopi kamu. Ada beberapa bahan yang biasa dijual di pasaran. Mulai dari cup berbahan plastik, hingga cup paper. Kedua bahan ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk kopi yang dikemas dengan paper cup, biasanya aroma kopi akan sedikit berkurang. Mengapa? Sebab dari namanya sudah diketahui kalau cup in terbuat dari kertas, sehingga akan ada aroma kertas yang tersisa. Selain itu karena berasal dari pabrik, maka pasti ada sisa debu yang menempel, sehingga kurang higienis.

Sedangkan jika kamu mau memakai cup plastik, maka kamu harus perhatikan ketebalan cup tersebut. Mengapa? Sebab sifat alami plastik jika terkena panas akan mudah berubah. Tidak lucu kan jika ada pembeli yang membeli kopi di kamu kemudian cup-nya menjadi seperti penyok akibat kepanasan. Maka dari itu, sebelum cetak cup kopi maka sesuaikan produk kamu. Mau jualan kopi panas, dingin, atau malah mau kopi dengan jenis lain seperti espresso.

  1.   Tempat penjualan cup

Mungkin ini terdengar sepele namun tetap perlu kamu pertimbangkan. Biasanya tempat penjualan cup yang sepi, cenderung jarang diminati orang sehingga cup yang dijual adalah cup lama. Sehingga cup ini akan banyak dihinggapi debu ataupun kotoran. Sebaiknya kamu mencoba cari tempat yang jual cup kopi yang lebih ramai. Atau setidaknya kamu bisa cek stok cup kopi di beberapa toko online. Biasanya disana banyak disediakan cup bersih dengan harga yang beragam.

  1.   Perhatikan Tempat Jualan Kopi

Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan adalah mempertimbangkan lokasi jualan kopi kamu. Sebaiknya kamu menyesuaikan cup yang kamu gunakan pada kopi kamu. Jika kamu berjualan kopi di area mall, maka jangan sekali-kali menggunakan cup yang terlihat murahan. Mengapa, sebab ini akan menurunkan citra produk kamu. Banyak orang yang pergi ke mall justru bukan mau mencari produk yang enak, namun hanya sekedar untuk mencari sensasi dengan “take a picture dan upload dan medsos”. Tentu jika cup kamu jelek dan murahan, akan dijauhi oleh pembeli. Begitu pun sebaliknya, jika kamu jualan di tempat biasa, jangan menggunakan cup yang mahal.

  1.   Buatlah Logo Brand

Saat kamu membuat cup kopi custom, jangan lupa untuk menambahkan logo brand kamu. Ini penting agar produk kamu memberikan kesan pada para pelanggan. Sehingga mereka ingat dan kembali ke toko kamu lagi. Selain itu, logo juga penting sebagai ikon yang menunjukan karakter penjualnya. Semakin unik suatu logo, maka semakin besar pula peluang produk tersebut laku. Jadi, mulai pikirkan logo kamu sekarang ya!

  1.   Pilih Ukuran Cup Yang Pas

Untuk ukuran, kamu bisa memilih cup yang sesuai dengan keinginan kamu. Namun jangan sampai kamu asal-asalan memilih. Jika kamu asal-asalan, bisa jadi kamu tidak dapat untung, atau malah dijauhi orang. Contohnya kamu menggunakan cup besar untuk kopi yang harganya murah, atau kamu memakai cup kecil untuk kopi yang harganya mahal. Sebenarnya hal ini biasa saja, namun pada umumnya cup besar sangat pas jika dipakai pada kopi yang harganya agak sedikit mahal. Dengan begitu, keuntungan dan biaya pengeluaran akan imbang.

  1.   Buat Strategi Pemasaran Lewat Cup

Nah, ide ini sepertinya perlu kamu terapkan. Ya, kamu bisa mencoba memasarkan produk kamu lewat cup-nya. Mungkin bisa dengan menambahkan nomor hp kamu atau tulislah promo khusus pada cup kopi. Misalnya dengan pembelian sebanyak 5, akan diberikan gratis 1 cup. Kemudian kamu juga bisa menuliskan promo gratis gratis antar untuk area kota dengan minimal pembelian 10 cup. Sepertinya ini bakal menarik.

  1.   Menggunakan Paper Cup Berstempel Produk Hijau

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan cup kopi custom dari bahan paper, sebaiknya kamu memilih yang ada stempel produk berwarna hijau. Stempel ini biasanya diberikan pada produk yang ramah lingkungan yang dijual di pasaran. Tenang saja, paper cup jenis ini adalah produk dari sumber daya terbarukan, sehingga kamu tidak perlu mengorbankan lingkungan untuk kemasan kopi yang cantik.

Nah, itulah 10 hal yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan sebelum kamu menentukan cup kopi kamu. Jika kamu punya ide tentang cup kopi atau strategi pemasaran produk ini, jangan sungkan berbagi di kolom komentar ya!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar