Tips Kemasan

Kenali Keunikan dan Cita Rasa Kopi Bengkulu Yang Jarang Diketahui 

kenali-keunikan-dan-cita-rasa-kopi-bengkulu-yang-jarang-diketahui
Kopi Bengkulu adalah salah satu kopi andalan dari nusantara Indonesia. Kopi bengkulu ini adalah kopi yang dikenal dengan cita rasa yang nikmat dari setiap tegukannya. Bengkulu menjadi daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Ada 3 kabupaten penghasil kopi yakni Kabupaten Kepahiang, Rejang Lebong, Seluma, Daerah Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan dan Utara. Kopi dari daerah Bengkulu ini adalah jenis kopi robusta yang mana menjadi kopi terbaik di dunia. Bengkulu ini jadi salah satu penghasil kopi robusta terbesar di Sumatera dengan menyumbang sekitar 70%. Sebagai salah satu daerah penghasil kopi dengan kualitas ekspor, tentunya kualitas dari Kopi Bengkulu telah teruji. Kopi Bengkulu ini telah dinobatkan menjadi salah satu dari 15 kopi terbaik di Indonesia.
Menariknya dari Kopi Bengkulu ini memiliki keunikan rasa kopi yang dipengaruhi faktor geografis di wilayah perkebunan kopi itu sendiri. Faktor lingkungan, komposisi tanah, proses pengolahan kopi sampai proses pengolahan biji kopi. Kebanyakan Kopi Bengkulu ini diolah secara alami. Ini yang menjadikan rasanya lebih kuat. Kopi ini memiliki kadar keasaman yang cukup tinggi, rasa cenderung ke coklat dan sangat tajam. Bagi para pecinta kopi yang menyukai rasa yang strong maka akan sangat menyukainya. Kopi ini memang terasa lebih pahit. Dan menariknya kopi ini melewati proses fermentasi selama 24 jam. Rasa kopinya sangat lembut, lebih ke fruity dan tingkat keasamannya tepat. Inilah yang menjadikan rasa kopi ini unik dan berkarakter.kenali-keunikan-dan-cita-rasa-kopi-bengkulu-yang-jarang-diketahui

KOPI BENGKULU

Daerah Asal Kopi Bengkulu

Kopi Bengkulu ini tumbuh di daerah Reang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Utara. Tumbuh di ketinggian 700 – 1.500 mdpl. Kopi ini didominasi varian robusta. Meskipun daerah ini juga penghasil kopi arabica namun lebih banyak robusta. Bengkulu ini merupakan provinsi ketiga terbesar penghasil kopi terbesar di Indonesia setelah Lampung dan Sumatera Selatan. Sehingga dikenal dengan sebutan segi 3 emas kopi.
Sebenarnya Bengkulu ini pengahsil kopi robusta dan arabica. Namun yang lebih disukai dan dikenal adalah kopi robustanya. Fakta menariknya daerah Bengkulu ini adalah penyumbang ekspor kopi robusta terbesar di Indonesia. Kopi ini menjadi salah satu kopi terbaik dunia karena cita rasa dan karakternya yang tak kalah unik dengan kopi nusantara lainnya.

Karateristik Kopi Bengkulu

Kopi Bengkulu robusta ini memiliki rasa yang berbeda dibandingkan arabica. Biji kopinya diolah secara alami dan aromanya sangat kuat. Memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi dan memiliki rasa coklat tajam. Rasa kopi yang unik ini dikarenakan kopi tumbuh didataran tinggi. Dirawat dengan baik  dan secara organik sehingga tanpa campuran bahan kimia. Dari proses penanaman yang sangat hati – hati dan memperharhatikan beberapa faktor menjadikanya kopi berkualitas. Jadi tak heran jika bengkulu dinilai potensial menjdi kopi special.

Cita Rasa
Cita rasa Kopi Bengkulu ini terkenal memiliki rasa tone rasa coklat dengan tingkat keasaman tinggi. Kopi ini perlu kenikmatan lebih pada saat suhunya masih tinggi, hingga agak dingin. Rasanya yang pahit dan khas dengan rasa buah menjadikan rasanya segar dan unik.

Kelebihan Kopi Bengkulu

Kopi Bengkulu yang satu ini adalah kopi nusantara yang cukup unik. Selain karena cita rasanya yang unik dan aromanya yang menarik. kelebihan dari kopi ini adalah kopi terbesar ketiga di Indonesia, yang mana menyumbang ekspor terbesar sekitar 70% kopi robusta dari Indonesia. Angka produksinya sendiri mencapai 80.000 ton per tahun. Dan menariknya kopi robusta bengkulu ini merupakan varian unggulan hingga menduduki peringkat 5 di Pusat Penelitian Kopi Nasional. Dan terakhir pernah menang dalam kontes speciality Indonesia.
Nah tadi adalah gambaran sedikit mengenai Kopi Bengkulu dengan keunikanya. Salah satu kopi terbaik di Sumatera yang sangat mendunia, selanjutnya kita akan bahas mengenai beberapa contoh kemasan kopi apa saja yang biasanya digunakan dan menjadi favorit para pebisnis kopi.

Kemasan Kopi Bengkulu

Standing Pouch Aluminium Foil

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini. Bahanya adalah laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih dsb. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brandmu.

standing-pouch-aluminium-foil-bengkulu

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam, putih, gold, hijau, merah dan masih banyak lagi. Kemasan ini banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.

Standing Pouch Craft

kemasan berikut ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama. Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer. Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve ( lubang hirup untuk aroma kopi ).

standing-pouch-craft-bengkulu

Kelebihan dari kemasan standing pouch craft ini adalah bahannya yang snagat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denģan window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik. Menariknya lagi kemasan ini ditambah dengan adanya zipper lock sehingga ketika produk dibuka bisa ditutup kembali tanpa takut tumpah.

Kemasan Sachet

Kemasan sachet kopi ini terbuat dari bahan aluminium foil. Selama ini kemasan sachet kopi sengaja diproduksi dengan bahan aluminium foil karena jenis material tersebut cukup kuat untuk mempertahankan aroma dan cita rasa kopi yang dikemas di dalamnya. Biasanya ada beberapa ukuran yakni 50 gram, 25 gram, 20 gram, dan 10 gram.kemasan-sachet-bengkulu

Selama ini produk kemasan sachet kopi yang paling banyak digunakan yaitu menggunakan kemasan sachet aluminium foil, bahan ini seringkali dipilih karena selain mampu menjaga keawetan produk, tapi juga kedap udara sehingga aroma kopi tidak cepat hilang ketika dalam plastik kemasan.