Pilih Flexible Packaging atau Rigid Packaging? Kenali Dulu Karekteristik Produk Kamu

Masih banyak nih yang suka bingung sama perbedaan flexible packaging sama rigid packaging. Mana yang lebih baik, mana yang lebih aman untuk produk, supaya gak kelamaan bingungnya yuk kita pelajari pengertian dan karakteristik kemasan ini dulu ya!

Pengertian Flexible Packaging 

Kemasan flexible packaging dipilih oleh para produsen karena dianggap lebih berpotensi meningkatkan efisiensi dalam produksi. Kemasan Flexible packaging ini mudah mengikuti bahan yang dikemas, artinya bahan dalam metode pengemasan ini tidaklah kaku.

Bahan penyusun packaging ini pun beragam. Misalnya, berbagai jenis kertas, cellulose films, film plastik, kertas timah coatingsbonding adhesives, dan kombinasi dari bahan-bahan tersebut. Industri-industri yang membutuhkan kemasan serba guna dapat memanfaatkan flexible packaging.

Kemasan ini biasa digunakan pada produk seperti makanan (biskuit, keripik, mie, bihun, dan lain-lain), minuman, hingga obat-obatan. Menariknya, kemasan fleksibel memungkinkan produsen melakukan kustomisasi bentuk kemasan yang menyesuaikan karakteristik produk yang dijual.

Perbedaan Flexible Packaging dengan Rigid Packaging

Sesuai dengan pengertian kemasan fleksibel tadi, kemasan ini punya kelebihan tersendiri dibandingkan dengan rigid packaging alias kemasan kaku. Contoh kemasan kaku antara lain kaleng, botol, karton self-locking, dan lain-lain. Kemasan kaku cenderung lebih berat dan mahal secara biaya. Namun, rigid packaging sebenarnya juga punya kelebihan tersendiri, yaitu memberikan proteksi keamanan yang baik bagi produk.

Entah mau memilih flexible packaging atau rigid packaging, produsen perlu mempertimbangkan karakteristik produknya juga. Tiap jenis kemasan harus disesuaikan dengan kebutuhan produk.

Karakteristik Kemasan Fleksibel

Supaya lebih jelas, simak tentang karakteristik dari kemasan fleksibel berikut ini:

Berat Kemasan

Secara berat, kemasan fleksibel tergolong jauh lebih ringan. Ini disebabkan oleh bahan-bahan yang menyertainya pun tidaklah berat, misalnya aluminium, nylon, polipropilen, dan lain-lain.

Selain itu, jenis kemasan ini tidak terlalu makan banyak tempat saat proses pengiriman. Bahan fleksibel dalam bentuk lembaran bisa ditekuk sehingga menghemat tempat di ruang penyimpanan juga. Hal ini jelas berbeda dengan kemasan kaku yang cenderung tidak dapat ringkas sehingga membutuhkan ruang lebih banyak.

Perlindungan pada Produk

Keuntungan kemasan fleksibel adalah tidak mudah berubah bentuk meski terkena benturan keras. Hanya saja, jika sudah dipakai untuk mengemas produk, kemasan fleksibel rentan sobek saat ada tekanan. Itu sebabnya pengaplikasian kemasan ini lebih cocok pada produk seperti makanan dan minuman.

Produk-produk elektronik jelas lebih tepat menggunakan rigid packaging karena membutuhkan pengamanan jauh lebih tinggi daripada produk makanan. Namun, jenis kemasan ini juga berpotensi mengalami kerusakan eksternal seperti mudah peyok saat mendapat tekanan besar.

Custom

Salah satu kelebihan dari kemasan fleksibel adalah mudah melakukan custom. Produsen dapat membuat kemasan lebih unik sekaligus menarik guna memikat hati para konsumen. Misalnya, pemberian tambahan desain atau detail yang dapat membedakan produk tersebut dengan produk pesaing.

Makin unik bentuk kemasan, kian tinggi pula peluang produk tampak lebih mencolok di mata pembeli. Maka, flexible packaging turut mengambil andil dalam branding suatu produk. Visual kemasan dapat dibuat sedemikian rupa hingga mewakili citra brand produk.

Tren Kemasan Fleksibel ke Depannya

Hingga beberapa tahun ke depan, kemasan fleksible diyakini masih akan terus dibutuhkan. Konsumen sendiri memang cenderung lebih menyukai jenis kemasan ini, terutama untuk produk makanan. Hanya saja, produsen tetap harus melakukan inovasi desain kemasan sesuai perkembangan zaman dan keinginan konsumen.

Mengingat flexible packaging punya potensi besar dalam kustomisasi, produsen sebaiknya melakukan review ulang pada penggunaan kemasan tersebut. Jika ada kesempatan untuk mengubah bentuk atau citra brand, tidak ada salahnya memilih upgrade kemasan agar lebih menarik dan cantik.

Dan untuk anda produsen yang tertarik beralih ke kemasan flexible packaging anda dapat menghubungi nomor wa.me/6285700293940

Leave a Comment