Tips Kemasan

Potensi Olahan Ikan Tuna Menjadi Abon Yang Kaya Akan Manfaat

potensi-olahan-ikan-tuna-menjadi-abon-yang-kaya-akan-manfaat

 

Potensi ikan di Indonesia sangat berlimpah, terutama ikan tuna sehingga belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Hasil nelayan akan ikan tuna ini cukup banyak namun pengolahanya masih sangat terbatas. Padahal jika mau dimanfaatkan ikan tuna bisa diolah menjadi abon yang bisa digunakan untuk lauk. Selain enak dan nikmat, olahan abon dari ikan tuna ini juga kaya akan manfaat. Dengan pengolahan tersebut tentuya ikan menjadi lebih tahan lama dan bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Jika abon yang populer dan banyak kita tahu sejak dahulu adalah abon ayam dan sapi kini inovasi baru muncul abon dari olahan daging ikan tuna. Meskipun banyak yang berasumsi bahwa abon ikan lebih amis namun pangsa pasarnya justru lebih luas dan permintaanya cukup tinggi lho. Ikan tuna yang kaya akan manfaat ini ketika sudah diolah menjadi abon harga jualnya bisa menjadi lebih tinggi lho.

potensi-olahan-ikan-tuna-menjadi-abon-yang-kaya-akan-manfaat

Potensi Olahan Ikan Tuna Jadi Abon

Tentu dengan potensi yang cukup cerah akan olahan daging ikan tuna ini memberikan solusi paling tepat untuk memanfaatkan pegolahan hasil panen ikan yang cukup melimpah. Hasil laut Indonesia yang sangat kaya memang sudah sepatutnya bisa diolah menjadi lebih baik dan layak untuk dikonsumsi.

Meskipun kalah populer dan belum begitu banyak yang menyukai abon ikan tuna ini. Namun beberapa tahun terakhir ini trend gaya hidup sehat memang sedang marak berkembang membuat banyak masyarakat tersadar dan mulai mengkonsumsi daging dengan ikan. Dengan begitu tentunya memicu permintaan pasar akan produk olahan abon dari ikan tuna ini.

Tahukah kamu jika olahan abon dari daging tuna ini memiliki keunggulan yang cukup banyak, salah satunya adalah kepraktisannya dan daya tahan. Terutama untuk konsumsi jangka panjang dan untuk dikonsumsi saat perjalanan jauh abon bisa menjadi solusi paling cerdas untuk dijadikan bekal. Banyaknya para masyarakat yang menyukai abon ini dengan alasan karena praktis, ringan dan simpel dikonsumsi dimana pun dan kapan pun.

Beberapa para pelaku usaha yang menekuni pengolahan abon ikan tuna ini bisa dikatakan cukup sukses. Bagaimana apakah kamu juga mau menekuni usaha abon ikan tuna ini? Nah jika kamu tertarik usaha ini, sebelumnya kamu harus mempelajari apa saja yang harus diperhatikan. Biasanya yang sering menjadi kendala adalah kemasan, harga dan cara menjualnya. Belum banyaknya pengetahuan menjadi alasan utamanya sehingga kurang banyak diperhatikan.

Manfaat Olahan Ikan Tuna Menjadi Abon

Ikan tuna sendiri merupakan ikan laut yang terbilang cukup besar namun memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan tebal. Nah manfaatnya sendiri cukup beragam diantaranya merupakan sumber protein yang lengkap. Dimana ini sangat ebrfungsi untuk pembentukan hormon, enzim, kolagen dan antibodi.

Kandungan protein ini sangat lengkap dan rendah lemak. Kemudian juga menyehatkan jantung, ikan tuna ini dapat membantu mencegah peradangan pada tubuh, menurunkan resiko sakit stroke, dan asam lemak omega 3 yang dapat menurukan kadar trigliserida dan tekanan darah.

Kaya akan vitamin B6 yang dapat meningkatkan produksi hemoglobin, menjaga fungsi sel otak, sel dalam sistem saraf. Sumber mineral yang baik khususnya magnesium, selenium dan fosfor. Sehingga mampu menbantu menjaga saraf, otot, menjaga jantung, kesehatan tulang, dan mengatur pelepasan gula darah. mencegah serangan radikal bebas.

Tips Memulai Usaha Olahan Ikan Tuna

Modal Usaha

Ketika memulai usaha abon ikan tuna ini hal utama yang dibutuhkan tentunya modal usaha. Pastikan sebelum memulai usaha ini untuk merinci secara detail modal usaha yang dibutuhkan, termasuk menghitung biaya untuk kemasan, pemasaran dan lain sebagainya.

Nah untuk pengusaha pemula memang terkadang terkendala modal usaha yang terbatas. Nah maka penting sekali untuk tetap melangsungkan usahamu cobalah bicarakan pada keluarga terdekat, saudara dan teman untuk memberikan modal usaha atau bisa menawarkan sistem kerja sama. Kemudian untuk keuntungan bisa dibagi sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati bersama.

Menguasai Resep

Salah satu yang menjadi modal utama dalam usaha ini adalah mengusai resep. Pastikan jika kamu memahami dan mengetahui proses pembuatan, peracikan bumbu yang menjadi ciri khasmu. Kunci utama dalam usaha kuliner adalah rasa dari makanan yang dijual itu sendiri.

Maka penting sekali untuk mempelajari dan memahami bagaimana proses pembuatan abon ikan tuna ini. Memang mengolah ikan tuna menjadi abon tidka semudah yang kita bayangkan. Bahkan jika salah – salah dalam mengolah maka hasilnya akan terlalu amis. Maka perlu memperhatikan betul – betul dan mempelajari trik memasak ikan menjadi abon dengan cara yang benar.

Memberikan Inovasi dan Kreasi

Setiap usaha pasti akan mengalami pasang surut dan naik turun. Ada kalanya mengalami penurunan penghasilan namun juga pelonjakan. Ditambah lagi semakin banyaknya para pesaing yang juga menekuni usaha serupa.

Pasti akan semakin ketat persainganya karena setiap pengusaha pasti selalu melakukan perubahan dan kreativitas agar para konsumen tidak bosan. Perubahan -perubahan baru yang ada ini menjadikan setiap pelaku usaha. Nah agar tetap stabil dan usahamu tetap bisa bersaing dipasaran tentu kamu harus rajin melakukan perubahan dengan selalu memberikan inovasi dan kreasi.

Kemasan Menarik

Selain rasa nikmat salah satu faktor penunjang keberhasilan usaha abon ini adalah kemasan. Kemasan tidak hanya sebagai pengemas saja namun juga salah satu daya tarik dan juga media untuk promosi. Untuk membuat kemasan menjadi lebih menarik maka penting sekali untuk membuat desain kemasan yang tentunya menarik. Kamu bisa mendesainnya sendiri atau bahkan meminta bantuan pada percetakan kemasan. Biasanya mereka menyediakan jasa desain kemasan pula.

Sebelum itu tentukan berat bersih abon ikan tuna tersebut yang akan kamu pasarkan. Sehingga ketika membuat kemasan kamu sudah tahu ukuran yang akan digunakan untuk mengemas. Jangan sampai isi terlalu banyak sedangkan bungkus terlalu kecil, pun sebaliknya jangan sampai isi terlalu sedikit namun ukuran pengemas terlalu besar. Pastikan juga ketika membuat kemasan kamu mencantumkan nama brand, logo dan juga detail informasi penting pada kemasan.

Perizinan Dinas Kesehatan Daerah

Untuk memperluas usahamu agar produk dapat dipasarkan secara luas sampai keluar daerah maka perlu adanya izin dari dinas kesehatan daerah. Hal ini perlu didaftarkan agar produkmu bisa dipasarkan hingga ke berbagai penjuru dari sabang sampai merauke. Pengecekan ini akan dilakukan dengan cara melakukan pengecekan tempat produksi dan juga uji makanan apakah makanan layak untuk beredar dipasaran atau tidak. Jika sudah mendapatkan izin maka kamu bebas untuk memasarkanya hingga ke seluruh Indonesia.

Nah itu tadi adalah beberapa langkah memulai usaha abon ikan tuna. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Semoga dapat menginspirasi.